TOPIK UTAMA »

October 28, 2014 – 12:51 am | 1,711

Proses penilaian prestasi kerja guru maupun kepala sekolah seharusnya sudah  dimulai pada bulan Januari  bersamaan dengan menetapkan SKP. Pelaksanaan penilaian kuantitas, kualitas, waktu dan biaya seharusnya tuntas pada bulan Desember 2014. Namun demikian, kita dapat …

Read the full story »
BERITA
PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN
DAYA INSANI
SUPERVISI
Home » TAS

Peran dan Fungsi Kepala Sekolah Sebagai Manajer Tatausaha

Submitted by on February 20, 2010 – 6:42 pm35 Comments | 30,122

Dalam pelaksanaan tugasnya, seorang Kepala Sekolah dituntut untuk memiliki beragam kompetensi.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah menetapkan bahwa ada lima dimensi kompetensi yaitu: Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi dan Sosial.

Pada kesempatan ini kami mengupas kompetensi manajerial kepala sekolah dalam sistem pengelolaan tata usaha sekolah secara singkat.

Tata usaha sekolah adalah bagian dari unit pelaksana teknis penyelenggaraan sistem administrasi dan informasi pendidikan di sekolah. Informasi yang tata usaha sekolah kelola penting sebagai basis pelayanan dan bahan pengambilan keputusan sekolah. Semakin lengkap dan akurat data terhimpun maka pemberian pelayanan makin mudah dan pengembilan keputusan makin tepat.

Untuk mewujudkan sistem informasi dan administrasi yang tangguh kepala sekolah  perlu mengembangkan  program,  mengarahkan pelaksanaan program, dan mengedalikan  tata usaha sekolah agar mampu memberikan pelayanan administratif secara prima. Di samping itu, secara tradisional kepala sekolah bekerja sama dan mengarahkan tata usaha dalam meningkatkan pelayanan 7 K yaitu Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, dan Kerindangan.

Berikut adalah kompetensi yang perlu dikembangkan oleh kepala sekolah beserta indikator ketercapaian hasilnya.

No Kompetensi Indikator ketercapaian hasil (Dokumen) Contoh Produk
1 Merencanakan program kerja tata usaha sekolah Program Rencana Kerja Tata Usaha Sekolah Program Tahunan Tata Usaha
2 Mengorganisasikan tata usaha sekolah Struktur organisasi Tata Usaha Sekolah Organigram sekolah
3 Mengelola administrasi standar isi File dokumen administrasi standar isi Dokumen Kurikulum
4 Mengelola administrasi standar proses File dokumen administrasi penunjang penyelenggaraan pembelajaran Dokumen Administrasi Pembelajaran
5 Mengelola admnistrasi  pendidik dan tenaga kependidikan File dokumen admnistrasi  pendidik dan tenaga kependidikan Dokumen Data Kepegawaian
6 Mengelola administrasi sarana dan prasarana File dokumen administrasi sarana dan prasarana. Dokumen Impentaris
7 Mengelola administrasi pembiayaan. File dokumen administrasi  pembiayaa Dokumen administrasi keuangan
8 Meningkatkan kemampuan profesi  tata usaha sekolah Pembinaan tata usaha sekolah dokumen penyelenggaraan pembinaan tata usaha

Program Rencana Kerja Tata Usaha Sekolah

Kepala sekolah mengembangkan menyusun program kerja tata usaha secara  sistematis, terarah, jelas, realitistis, agar dapat petugas ketatausaha laksanakan  agar pelayanan  pendidikan yang guru berikan kepada siswa dan pelayanan sekolah kepada masyarakat berjalan seoptimal mungkin.

Program peningkatan mutu pengembangan sistem informasi, pelayanan administrasi, pelayanan dukungan penyelenggaraan pembelajaran, pelayanan dukungan pengembangan mutu lingkungan sekolah dalam rangka membangun suasana sekolah sebagai tempat belajar, dan pelayanan administrasi kepada publik perlu dikembangkan oleh tim pengembang tata usaha sekolah dengan target mutu yang jelas, indikator mutu yang jelas, dan kriteria keberhasilan yang terukur.

Yang penting pula dalam penyusunan program adalah sekolah memiliki standar prosedur peningkatan mutu sistem administrasi yang pentahapan prosesnya disepakati dan didokumentasikan. Pencapaian targetnya diukur dengan alat evaluasi yang sederhana, namun dapat merekam perkembangan proses dan hasil pekerjaan secara akurat.  Instrumen yang sekolah miliki selanjutnya dapat kepala sekolah gunakan untuk melakukan supervisi dalam rangka memetakan mutu proses dan program tata usaha sekolah.

Struktur organisasi Tata Usaha Sekolah

Pengorganisasian merupakan penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan organisasi, sumberdaya yang dimilikinya, dan lingkungan yang melingkupinya. Sekolah sebagai UPT wajib dikelola kepala sekolah dengan sebaik–baiknya agar sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan sekolah yang telah ditetapkan.

Struktur organisasi SMA sesuai dengan SK mendiknas Nomor 053/U/2001 Tanggal 19 April 2001 adalah sebagai berikut. Struktur organisasi SMA terdiri dari :

  1. Kepala sekolah
  2. Wakil kepala sekolah
  3. Urusan tata usaha sekolah
  4. Unit laboratorium
  5. Unit perpustakaan
  6. Dewan guru

Pada struktur organisasi tersebut perlu ada pembagian tugas, rincian tugas dan pendelegasian wewenang.

Administrasi Kurikulum Dalam Menerapkan Standar Isi

Penerapan standar isi adalah ruang lingkup penerapan kurikulum dan pengembangan kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan pendidikan tertentu (PPRI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 1 ayat 5). Standar isi yang memuat administrasi struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum SMA/MA/SMK/MAK, dan kalender akademik.

Administrasi Peningkatan Mutu Proses

Penerapan standar proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan unuk mencapai standar kompetensi lulusan (PPRI No. 19 Tahun 2005 tentang Standan Nasional Pendidikan, Pasal 1, ayat 6). Administrasi standar proses memuat administrasi:

  1. perencanaan proses pembelajaran
  2. pelaksanaan proses pembelajaran
  3. penilaian hasil pembelajaran
  4. pengawasan proses pembelajaran

Administrasi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan

Penerapan standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah kriteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan yang meliputi kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

Standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi kualifikasi dan kompetensi. Seseorang yang telah memiliki kompetensi ditandai lulus sertifikasi. Administrasi standar pendidik dan tenaga kependidikan sekolah akan lebih cepat, tepat, dan mudah dikerjakan apabila menggunakan program komputer, meskipun dengan program yang sangat sederhana.

Administrasi Sarana Dan Prasarana

Penerapan standar sarana dan prasarana adalah peningkatan mutu standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan criteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolah raga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi serta sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi dan komunikasi.

Administrasi Keungan

Penerapan standar pembiayaan adalah standar yang mengatur sistem anggaran, pengalokasian anggaran, dan mempertanggung jawabkan biaya operasi satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun. Pembiayaan pendidikan terdiri atas: (1) Biaya investasi, (2) Biaya operasi, dan (3) Biaya personal . Administrasi standar pembiayaan akan lebih cepat, tepat, dan mudah dikerjakan apabila menggunakan program komputer, meskipun dengan program yang sangat sederhana.

Pembinaan TAS

Dalam mengembangakna sistem pelayanan tata usaha sekolah , kepala sekolah menerapkan konsep pembinaan sumber daya manusia yang antara lain meliputi:

  • Mendefinisikan dan mendeskripsikan tugas tenaga tata usaha (sekarang tenaga administrasi sekolah) dan ruang lingkup TAS.
  • Menetapkan pembatasan tugas pokok dan fungsi, wewenang, tanggung jawab, hak dan kewajiban TAS
  • Meningkatkan kualifikasi TAS
  • Meningkatkan kompetensi TAS
  • Melakukan rekrutmen dan seleksi TAS
  • Melaksanakan pembinaan karir
  • Mengembangkan sistem penilaian kinerja
  • Memberikan penghargaan dan perlindungan
  • Memberikan pelayanan menghentikan tenaga dan memberikan pelayanan pensiun

Semoga gambaran singkat ini bermanfaat dalam rangka meningkatkan kinerja tata usaha sekolah dalam membangun sistem informasi sekolah, membangun pelayanan belajar, dan sistem pelayanan publik yang optimal.

(Admin)

Tags: ,

35 Comments »

  • salahudin says:

    Dear Pak Rahmat,
    saya merasa sangat beruntung karena ada orang seperti bapak yang mau mengabdikan dirinya untuk pembangunan pendidikan di Indonesia, tapi saya ingin kalau bisa bapak juga menyajikan tentang teknik dan proses pengembangan sekolah-sekolah SMK, terutama SMK-SMK RSBI, Thank’s informasinya

  • admin says:

    Ass Pak Salahudin, terima kasih, kami senang jika yang kami tekuni ada manfaatnya untuk teman-teman. Semangat untuk bermanfaat itulah puncak kepuasan kami. Namun demikian, kami juga mengharapkan teman-teman berpartisipasi untuk memperbesar usaha ini dengan mengirimkan buah pikir praktis yang datang dari pengalaman sehari-hari. Mengenai proses pengembangan mutu SMK, kita akan coba ke depan secara bertahap. trmksh.

  • Ass. Terimkasih atas segala informasinya .betul-betul bermanfaat . Manajemen dan Administrasi yang baik salah satu indikator keberhasilan sekolah. Apa ada contoh format SK KBM yang mencantumkan jumlah jam KBM, wali kelas, Penjab Lab. dll. sesuai peraturan tentang kewajiban guru mengajar 24 jam ? Terima kasih ya Pa..

  • admin says:

    Bentuk SK kepala sekolah tentang pembagian tugas pendidik tiap semester biasa sekolah buat, hanya saja, merujuk pada pedoman pelaksanaan tugas pendidik turunan dari PP 74 dan Permendiknas 39 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, SK perlu dilampiri dengan deskripsi pembagian tugas. Jadi uraian tugas disusun dallam bentuk lampiran. Contoh akan GP sajikan dalam waktu dekat. Terima kasih.

  • istiyah says:

    Artikelnya sangat bagus pak. Mohon contoh produk pada tabel dilengkapi biar bisa kami unduh. Terimakasih

  • bagong says:

    jeleh pak.., program2 TAS cuman formal doang, hanya utk tumbal aja, mendingan ga usah di kasik TAS krn mereka tdk penting, bagusan admin taus dirangkap para guru saja, kan udah biasa rangkap2 tupoksi, byk buktinya tuch. saran gue tarik semua tenaga TAS dari sekolah dan balikin ke dinas pendidikan.

  • surya syam says:

    artikel ini sangat membantu saya tuk mengisi acara on service KS bermutu tentang kompetensi KS terima kasih pak.

  • Feber says:

    makasih ya infonya. lagi nyari2 artikel tentang kepala sekolah. saya mau jadi koordinator sekolah nantinya. terimakasih banyak

  • This domain seems to get a large ammount of visitors. How do you get traffic to it? It offers a nice unique spin on things. I guess having something useful or substantial to post about is the most important thing.

  • isa says:

    terima kasih…. informasinya bermanfaat untuk saya. semoga sukses, amiin

  • a Gun says:

    sangat menarik untuk jd wawasan … ada yg sedikit mengganjal, sering kali terjadi polemik antara kewenangan kepala sekolah (lewat bid tata usahanya) dengan koperasi sekolah tentang wilayah kewenangan dalam bidang usaha sekolah. mis pengadaan atribut dll yang jadi pertanyaan : … adakah aturan yg jelas menegaskan bahwa kepsek sbg (managemen) sekolah yg mengaturnya … sebab setahu sy selama ini hanya koperasi sebagai bidang usaha niaga yang legal

  • admin says:

    Agar ada pembagian yang jelas, maka diskusikan, sepkati, dan tulis. Yang penting ada kesepakatan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh koperasi sekolah lakukan. Masalahnya kalau sudah menyangkut uang segala sesuatu menjadi lebih sensitif. Salam

  • johansyah says:

    Staff Tata Usaha di Sekolah kami diperlakukan layaknya seorang Pembantu, apakah guru bisa berhubungan langsung dengan TU sehingga Guru (Senior) dapat dengan mudah memerintah Staff TU?

  • husaini says:

    terima kasih Pak atas artikelnya karena amat berguna bagi saya dalam mendapatkan referensi tentang tugas manajerial kepsek.

  • admin says:

    terima kasih atas kunjungan Bp di gurupembaharu.

  • kapolo says:

    hendaknya administrasi kepala sekolah lebih diurai secara rinci, terimakasih

  • slamet riadi says:

    dalam kehidupan keseharian saya dan dalam lingkungan masyarakat. saya bertempat tingal dekat dengan sekolah dasar. teteapi dalam proses pembelajaran, apakah benar salah satu tugas tata usaha sekolah melayani para guru, misal : membuat kan teh dan segalah macamnya ,,,,? bukan kah tata usaha sekolah di tugaskan dalam administrasi sekolah tersebut demi kelancaran proses belajar mengajar…

  • admin says:

    Tugas TU ditentukan oleh SK kepala sekolah. Di situ seharusnya ada uraian tugas. Jika salah satu tugasnya menyediakan teh, dan disepakti, maka itu salah satu tugasnya. Jika dipandang itu sebaiknya tidak menjadi beban kerja TU, itu lebih baik, maka TU lebih berkonsentrasi pada penyediaan dan pengolahan data dan administasi sehari-hari.

  • johansyah says:

    Staf TU dipandang sebelah mata. padahal tugas staf TU tidak lebih ringan jika dibandingkan tugas Guru, apakah keterlibatan Staf TU tidak penting di dunia Pendidikan? sehingga Staf TU tidak diperhatikan oleh pemerintah seperti perhatiannya terhadap Guru akhir-akhir ini?
    Contoh : pada SMK tempat saya mengabdi yang memiliki 2 TU dengan 11 rombel,
    TU full 6 hari kerja, Guru Max 4 hari kerja,
    tungangan Guru = sertifikasi + Kesejahteraan ( PEMDA ) + Tunj. Khusus Perbatasan
    Tunjangan TU = TIDAK ADA ( nangis saya ) mo ngadu kemana ga tau…

  • Rien says:

    bagus pa. sangat berguna bagi saya. terima kasih

  • anas p. sidimpuan says:

    kepsek sering tersandra atau ketakutan bila ingin berkreasi atau berinovasi, konon lagi bila menimbulkan pembiayaan. Saat ini Banyak yang ngaku orang LSM yang kerjanya nakut nakuti kepsek. di samping itu jabatan kepsek kalau di kota kami masih jabatan yang TRANSAKSIONAL.

  • admin says:

    Ya… benar, kasihan para kepala sekolah yang ketakutan. Pikirannya tidak merdeka. Jika hendak terbebas dari rasa takut, maka hidup perlu berdisiplin.

  • Bambang.HP says:

    Makasih pak …. paling tidak info seperti ini sangat berguna bagi temen-temen penggiat kemajuan pendidikan melalui keefektifan sistem administrasi sekolah
    Memang benar pada praktiknya sering terjadi kerancuan tanggung jawab antara administrasi antara Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Saya sangat sependapat dengan usulan salah satu temen diatas, bagaimana jika Bapak memberikan contoh yang lebih kongkrit tentang batasan tanggung jawab anatara kedua jabatan tersebut. Thanks

  • M yusuf says:

    Assalamualaikum wr.wb
    saya sepakat dan sangat setuju sebagai manajer atau calon manajer sangat diperlukan pelatihan khusus…sebagi calon pimpinan. selayaknya sebagai steakholder KEMENPENDIKBUD melakukan terobosan baru dalam hal penataan manajemen calon KASEK (seleksi dan kompetensi )bukan negosiasi dan amplopisasi. bahkan lebih parah dilampung mau jadi kasek ditartar hanya 3 hari……. ini dulu celotehan saya, maaf bila kurang salam rindu ….untuk kemajuan indonesia wassalam

  • admin says:

    Ws.wrwb. he he, amplopisasi, partisipasi, balas jasa, balasssss dendam, dan call centre 50 dan 0 -nya 6, sesuku, sesaudara, makin merajalela, di mana letak pentingnya profesionalisme, keahlian, kepemimpinan……semakin dekat dalam dokumen… semakin kabur dalam pandangan… Salam Pak Yusuf dan teman-teman peserta pelatihan Kasek di Lampung.

  • nazzar says:

    Ass, pak semuanya bisa ditulis tapi dalam pelaksanaanya yang sulit ya pak mungkin turun temurunya sikap bangsa indonesia yang selalu mencari kesempatan dalam keleluasaanya yyy

  • admin says:

    Pak Nazar, sy setuju sma bisa ditulis, dan sebagian dari kita untuk menuliskannya. Melaksanakan sesuatu yang lebih baik, benar betapa sulitnya. Sekali pun kita selalu gagal mencapai yang kita harapkan, namun itu tidak boleh menghentikan usaha kita untuk mendorong dengan cara yang kita mampu lakukan….mengubah kondisi menjadi lebih baik.

  • Ddy says:

    Mohon ijin, sekaligus trims. Saya sudah membaca dan mensave beberapa informasi ( artikel ) sebagai bahan referensi dalam rangka pembenahan sekolah kami.

  • admin says:

    terima kasih

  • suryono says:

    Maaf ni Pak, saya awam tentang dunia pendidikan, apakah dengan peran yang demikian banyak Kepala Sekolah itu masih termasuk (dihitung) sebagai guru? Karena di daerah kami masih banyak sekolah yang minim guru sehingga Kepala Sekolah juga mengajar. Dan apakah mengajar masih juga menjadi tupoksi seorang Kepala Sekolah? Demikian trimakasih.

  • admin says:

    Ya Pak, secara pilasofis kepala sekolah tetap guru, begitu juga teknis ia punya kewajiban mengajar agar ia memahami bagaimana mengarahkan guru biar efektf. Kepala sekolah wajib mengajar sebanyak 6 jam pelajaran per minggu.

  • Terima kasih artikel peran dan fungsi kepala sekolah ,semoga tetap eksis dalam meningkatkan mutu dunia pendikan secara nasional.Selamat berjuang.Amin.

  • ery yanto says:

    admin yth.mohon jg kirimkan contoh standar dari masing – masing produk kerja kepala sd.Tq

  • supriadi says:

    Dengan ditetapkannya Kasubag Tata usaha yang semula adalah koordinator pelaksana (korlak) , maka tugas Kepsek sbg manager Tata Usaha otomatis terdelegasikan kepada Kasubag Tu, dmna linier dengan jabatannya seorang Kasubag Tu memiliki tugas dan wewenang dalam lingkup Ketataushaan. Itu artinya yang bertanggung jawab dan memiliki wewenang dalam menjalankan program kerja secara teknis ada pada seorang kasubag Tu dibantu para staff nya.
    Perlu dicermati dg adanya perubahan defininisi yang awalnya adalah kepala sekolah sebagai pejabat, kini hanya seorang guru yg diberi tugas tambahan ?

  • admin says:

    Dalam tugas tambahannya kepala sekolah berfungsi sebagai manajer sekolah. Kasubag TU dalam menjalankan tugasnya bertanggung jawab kepada kepala sekolah. Salam

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


Facebook Comments