Pembelajaran IPA Terpadu

Pembelajaran IPA terpadu menjadi salah satu ciri khas penerapan kurikulum 2013 di SMP. Keterpaduan IPA paksanaan kurikulum 2006 oleh sebagian guru diasosiasikan dengan sebuah gelas berisi beberapa butir kelereng. Mata pelajaran IPA bagaikan gelas berisi beberapa kelereng. Kini kurikulum 2013 memiliki makna keterpaduan  seperti jus buah, yang kadang-kadang berisi irisan buah juga sehingga tidak bercampur seluruhnya.  Bagaimana  teknik mengintegrasikannya para guru perlu memahami konsep tersebut dengan baik.

Memadukan materi mata pelajaran Biologi, Kimia, Fisika sangat memungkinkan siswa mempelajarinya secara integratif. Mempelajarinya  dapat secara individual maupun kelompok dengan aktif mengekspolorasi, mengelaborasi, mengkonfirmasi, dan mengomunikasikan hasilnya. Aktivitas tersebut  akan membuat siwa aktif mencari tahu. Keterpaduan berarti merajut keterkaitan antara berbagai aspek dan materi yang tertuang dalam Kompetensi Dasar IPA untuk  melahirkan satu atau beberapa tema pembelajaran. Pembelajaran terpadu juga dapat dikatakan pembelajaran yang memadukan materi dalam satu tema atau tematik.

Untuk mendalami lebih lanjut pembaca yang budiman, mengunduh materi pelatihan tentang IPA terpadau untuk SMP sebagai berikut:

Bagikan artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Top