Tips Menyimpan Video di Youtube

Salah satu media yang dapat kita gunakan untuk menguji keunggulan produk hasil belajar siswa sebagai karya anak bangsa, kita dapat menggunakan media Youtube. Dengan visi youtube sebagai “the largest worldwide video-sharing community”,  produk hasil belajar siswa yang kita tampilkan akan menjadi milik dunia dan diapresiasi oleh masyarakat secara internasional sehingga mutunyapun akan diuji secara internasional pula. Langkah ini seharunya menjadi bagian dari strategi untuk mendapatkan produk belajar siswa maupun pendidik yang telah mendapat pengujian secara internasional.  Untuk menguploadnya cukup mudah, berikut ini proses pengelolaannya :

  1. Siapkan video yang akan kita upload/ sharing.
  2. Bukalah web youtube nya, dan lakukan login terlebih dahulu dengan mengklik sign in pada bagian kanan atas tampilan web you tube. Untuk login kita dapat menggunakan username dan password dengan alamat email gmail yang sudah kita miliki, jika belum punya alamat email gmail kita bisa signup langsung di youtube untuk mendapatkan username dan passwordnya. Jika belum punya accountnya klik create account (untuk kasus pembuatan account di youtube akan dibahas di post lain.youtube1
  3. Setelah sign in klik tulisan “upload” yang ada di bagian sudut kanan atas.youtube12
  4. Selanjutnya klick  icon “Upload Video” pada bagian tengah seperti pada gambar berikut ini :youtube3
  5. Pilihlah file video yang telah kita siapkan, lalu klik Open :youtube4
  6. Sambil menunggu proses upload,  masukan beberapa informasi yang berhubungan dengan video kita, Kolom Title untuk judul videonya, Kolom Description untuk memberikan keterangan mengenai video yang akan kita tampilkan, Kolom Tags untuk memasukan keyword (kata kunci pencarian) untuk mempermudah video kita ditemukan oleh mesin pencari (search engine), Kolom Category untuk memilih kelompok kategori video yang kita miliki.
  7. Selanjutnya pada pilihan Privacy, jika kita memilih Share your video with the world artinya  video yang kita upload dapat dilihat oleh seluruh public, jika kita pilih privatea artinya video kita merupakan video pribadi yang hanya bisa dilihat oleh beberapa orang saja yang telah ditentukan oleh kita (maksimal 25 orang).youtube5
  8. Setelah semua diisi kita tinggal klik tombol Save Changes dan tunggu sampai video kita selesai di upload (kecepatan upload tergantung besar kecilnya file video dan kecepatan akses jaringan internet yang kita gunakan.
  9. Jika sudah berhasil akan muncul tampilan seperti berikut ini :youtube6
  10. Selamat mencoba !!!

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

1 comments

This post appears to recieve a large ammount of visitors. How do you get traffic to it? It offers a nice individual twist on things. I guess having something authentic or substantial to say is the most important factor.