Supervisi Pembelajaran Kur.2013

Supervisi merupakan bagian esensial dari kepemimpinan pembelajaran. Atas dasar pemikiran itu, maka selayaknya supervisi  menjadi  salah satu pilar penjaminan mutu terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.  Karena itu, kepala sekolah atau pengawas memerlukan instrumen yang dapat mengukur setiap indikator kunci pemenuhan kriteria perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada pelaksanaan kurikulum 2013.

Instrumen supervisi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selain dapat digunakan untuk mengukur keterpenuhan kriteria implementasi kurikulum, ternyata baik juga digunakan untuk bahan pelatihan melalui kegiatan evaluasi diri para pendidik. Dengan menyandingkan RPP yang telah disusun para pendidik dengan instrumen supervisi dapat memberikan informasi tentang tingkat pemenuhan standar karya yang telah mereka kembangkan.

Dengan tenik ini para pendidik mendapatkan informasi seberapa tinggi tingkat keterpenuhan standar yangg dapat mereka wujudkan. Dengan cara ini, ternyata dapat lebih mendorong peserta pelatihan berpikir kontekstual mengenai masalah yang sesungguhnya perlu para pendidik pecahkan. Karena besarnya manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan instrumen supervisi, maka berikut GP lampirkan model instrumen yang dapat digunakan.

  • [download id=”3197″]

Untuk memudahkan para pembaca jika akan melaksanakan pelatihan, RPP yang dapat menjadi bahan telaah terlampir berberapa model di bawah ini.

  • [download id=”3198″]
  • [download id=”3199″]
  • [download id=”3200″]
  • [download id=”3201″]

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

14 comments

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Terima kasih atas info yang sangat berharga ini dan mohon ijin saya telah mengunduh file-file di atas.

Mohon maaf, setelah saya membuka file Model RPP/RPL Bimbingan dan Konseling ada hal yang membuat penasaran.

Apakah format ini merupakan format resmi RPL-BK untuk digunakan dalam K-13?

Saya melihat ada perbedaan yang sangat signifikan dengan format RPL yang lazim digunakan selama ini, yang lebih diorientasikan kepada jenis-jenis layanan BK yang hendak dikembangkan.

Sementara format RPL BK dalam K-13 di atas tampaknya sama sekali tidak terkait dengan jenis layanan BK.

Mohon pencerahannya dan terima kasih.

Wslm Pak, Terima kasih atas silaturahim Bapak, semoga hidup kita lebih bermanfaat untuk pendidikan yang lebih baik…

Ass.wr.wb….
mohon ijin selalu mendatangi, dan selalu mengunduh informasi yg sangat penting dan selalu sangat penting bagi kami dari Bpk, dan mohon ijin untuk bertanya-tanya terkait dengan pengembangan pelayanan di sekolah,,,
salam sehat selalu
wass,wr,wb
Putoyo HS

Terima Kasih atas informasi, data, format, materi keilmuannya yang ada di bolg ini untuk sebagian sy unduh, smoga menjadi amalan bwt bapak dan selalu diberikan kesehatan.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera.

Yth. Admin Guru Pembaharu

Artikel yang menarik. Web ini membahas banyak hal mengenai supervisi pendidikan, yang saya juga yakini merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Saya adalah seorang mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan di suatu Universitas pak. Kebetulan saya ingin mencari data yang lengkap dan komprehensif mengenai pelaksanaan supervisi pendidikan dari tahun ke tahun. Kira-kira dimana saya harus mencari ya pak? Apakah langsung ke LPMP provinsi?

Terimakasih

Terima kasih Fathur atas kunjungan dan apresiasinya. Tidak mudah saat ini kita mencari data hasil supervisi antar tahun karena kita belum biasa mengolah data hasil pekerjaan supervisor tang ditindaklanjuti dengan pengolahan dalam sistem informasi dengan dukung aplikasi pengolah data yang berbasis komputer. Kecuali, di LPMP provinsi ada data hasil evaluasi sekolah (EDS) dan di Badan Akreditasi Provinsi (BAP) hasil akreditasi. Dari semua kegiatan pada prinsipnya adalah mengukur pemenuhan standar. Silakan menguhubungi kedua lembaga itu.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera.

Yth. Admin Guru Pembaharu

Salam kenal sebelumnya, ijin share file-file yang ada ya pak n mhon dikirimi berbedaan instrumen supervisi Akademik yang lama (umum) dan instrumen supervisi Akademik K 2013, sya sdang menempuh S2 Kepengawasan pak jadi file bapak sangat berguna sekali bagi saya, syukur jga dikirimi instrumen supervisi mata pelajaran bhs inggris soalnya selama ini yang ada kan umum saja, mtur nwn.

Salam

Assalaamu alaikum Ww…terimakasih Pak atas info-info nya saya ijin untuk unduh ya pak. Semoga Bapak selalu sehat dan diberikan keberkahan oleh Alloh SWT. Amiin