Peran Guru Komputer dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013

Pemberlakuan Permendikbud nomor 68 tahun 2014 tentang Peran guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013 telah menyelesaikan satu ketegangan di sekolah. Guru komputer dalam satu tahun terakhir ada dalam ketidakpastian karena dalam struktur kurikulum 2013 tidak terwadahi, pada akhirnya sekarang mendapatkan tugas dengan jelas.

Tanggung jawab TIK dan KKPI secara formal dalam peraturan tersebut diperluas yaitu memberikan pelayanan tidak hanya kepada siswa, namun wajib memberikan pelayanan kepada guru dan tenaga kependidikan. Kewajiban memberikan pelayanan kepada siswa minimal membimbing 150 orang siswa. Dengan asumsi setiap rombongan belajar 40 siswa dan dan setiap rombel  mendapatkan layanan selama 2 jam pelajaran per minggu, maka beban kerja guru komputer untuk membimbing siswa minimal masuk kelas 8 jam pelajaran. Jam pelajaran dapat bertambah sesuai dengan kebutuhan banyaknya siswa dan banyak guru komputer pada tiap satuan pendidikan.

Sekali pun seorang guru komputer mendapat tugas membimbing dan melatih siswa pada 12 robel, dengan masing-masing rombel 2 jam pelajaran per minggu. Ia masih menanggung kewajiban lain yaitu memfasilitasi  guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian serta  wajib pula memberikan pelayanan kepada tenaga kependidikan dalam mengelola manajemen sekolah. Layanan terhadap pengelolaan administrasi, misalnya, mengelola data pokok pendidik (dapodik) atau menyediakan program penunjang sistem penilaian siswa.

Pelaksanaan  membimbing siswa, memfasilitasi guru, dan memfasilitasi tenaga kependidikan menjadi kewajiban guru TIK, oleh karena itu banyaknya tugas sebaiknya sekolah atur agar guru TIK dapat menunaikan tugas ketiganya dan dengan proporsi waktu memenuhi minimal 24 jam pelajaran per minggu.

Untuk menunjang penjadwalan pembelajaran, dengan segera maka bersama artikel ini dapat diunduh

  • [download id=”3246″]
  • [download id=”3247″]

 

 

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments