Penilaian Prestasi Kerja Pengawas

Dalam penghujung tahun 2014,  terdapat dua tugas besar yang perlu pengawas selesaikan. Tugas pertama adalah menghadapi penilaian prestasi kerja dirinya. Tugas kedua yaitu menilai kinerja kepala sekolah  yang meliputi penilaian SKP dan perilaku kerja, penilaian kinerja tambahan sebagai kepala sekolah, dan penilaian kinerja utamanya dalam menunaikan tugas mengajar atau PKG. Seusai itu pengawas juga menetapkan nilai angka kredit bagi kepala sekolah tahun 2014. Untuk membantu menyelesaikan tugas akhir tahun pengawas berikut GP lampirkan model perangkat penilaian prestasi kerja dengan segenap administrasi penunjangnya. SKP yang sudah ditetapkan dapat diuji kembali dengan menggunakan tiga pertanyaan sebagai berikut:

  • Apakah setiap butir kegiatan tugas dalam jabatan  dalam SKP dapat dinilai angka kreditnya?
  • Apakah kegiatan tugas dalam jabatan merupakan kegiatan yang relevan dengan pengaturan dalam lampiran Permenpan 21 tahun 2010.
  • Apakah nilai kredit yang menjadi target dalam SKP serendah-rendahnya cukup untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat dalam waktu empat tahun?

Berdasarkan pertimbangan tersebut, berikut disajikan model perangkat penilaian prestasi kerja sebagai berikut:

  • [download id=”3273″]

Untuk menentukan pencapaian target dalam pengukuran SKP  pengawas dapat menggunakan instrumen penilaian kinerja berikut:

  • [download id=”3271″]
Dengan bersandar pada penilaian kinerja banyak dokumen bukti fisik  yang selayaknya pengawas penuhi sebagai bukti pelaksanaan tugasnya. Sebagai bahan pembanding berikut disajikan beberapa model kelengkapan administrasi sebagai berikut:
  1. [download id=”3275″] (terkandung program semester 2014)
  2. [download id=”3276″]
  3. [download id=”3277″]
  4. [download id=”3278″]
  5. [download id=”3279″]
  6. [download id=”3280″]
  7. [download id=”3292″]
  • Keterangan: lampiran lainnya dalam proses penyempurnaan
Artikel yang berkaitan:

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

7 comments

Alhamdulilah sebagai tiga pilar penjamin mutu pendidikan, yang namanya pengawas, dan dimana saja kurang mendapat perhatian dari pemangku kepentingan. Tetap semangat

terima kasih pak haji atas ilmunya, awalnya sy bingung untuk SKP ini, mulai dari mana, karena di kegiatan tugas jabatan khusus untuk pengawas TK tdk sama…. Alhamdulilah, semoga menjadi catatan ibadah pak Haji Rahmat sdh share ilmunya kepada kami.

Alhamdulillah,mohon ijin pa rahmat download program pengawasnya,smoga amal zariahnya mengalir terus,terimakasih atas sharing pengetahuannya.smoga selalu sehat2 aja dan berkarya terus demi mencerdaskn anak bangsa

Mohon ijin pak Rahmat untuk download program2 dan instrumen, sebagai bahan referensi. Smoga menjadi amal sholeh

Terima kasih pak Rakhmar, saya dapat referensi kepengawasan, sekalian mohon ijin download, dan semoga menjadi amal jariyah.