Pelatihan Perbaikan RKAS

Tulisan ini disusun sebagai bahan pelatihan kepala sekolah dalam mengembangkan perencanaan, merealisasikan rencana, memantau keterlaksanaan rencana dan pencapaian hasil, serta melaksanakan tindaklanjut perbaikan  melalui pelatihan perbaikan dokumen RKJM dan RKAS.

Ketangguhan utama kepala sekolah ada pada penguasaan ilmu dan keterampilan yang baik dalam merencanakan program sekolahnya sehingga dapat  meraih keunggulan. Dalam mewujudkan cita-cita kepala sekolah hendaknya menempuh empat langkah stategis; yaitu pertama menganalisis konteks eksternal dan internal; kedua merumuskan visi, misi, tujuan dan strategi, ketiga menerapkan strategi dalam pelaksanaan program, dan keempat memonitor dan mengevaluasi program (Thomas L. Wheelen and I David Hungger:1995).

Keempat langkah strategis itu, ujungnya adalah mewujudkan keunggulan mutu siswa atau lulusan. Lulusan  berkeunggulan adalah yang memiliki dapat menguasai materi pelajaran, terampil menerapakan ilmu yang diperolehnya,  menguasai cara belajar sehingga penguasaannya dapat siswa gurunakan dalam memecahkan masalah kehidupannya.

Pengembangan kapasitas sekolah untuk mewujudkan mutu lulusan merupakan proses yang tidak pernah berakhir selama sekolah berdiri dan proses pembelajaran berjalan. Oleh karena itu, peningkatan mutu merupakan proses yang bersiklus tanpa henti dari tahun ke tahun. Targetnya pun harus berubah karena segala sesuatuyang ada sekitar hidup siswa terus berubah.

Untuk menuntun kepala sekolah meraih mimpinnya sebaiknya  kepala sekolah merumuskan visi-misi yang disertai dengan tujuan yang jelas. Jelas artinya  harus diuraikan dalam sejumlah target yang realistis dan terukur. Penegasan tersebut mengarahkan kepala sekolah  agar dapat menjamin pelaksanaan keempat langkah strategis di atas mengarah pada tujuan yang direalisasikan dalam target yang selalu diukur pencapaiannya dari waktu ke waktu.

Selain empat langkah strategis, terdapat empat langkah utama menjamin mutu yang wajib kepala sekolah tunaikan. Pertama merumuskan strategi atau metode dalam perencanaan (plan) berdasarkan pencapaian program sebelumnya. Dalam perencanaan kepala sekolah perlu memperhitungkan kekuatan sumber daya yang sekolah miliki sehingga target selalu disesuaikan dengan kemampuan nyata untuk mewujudkannya.  Kedua, menerapkan strategi atau melaksanakan kegiatan sesuai dengan program. Ketiga, memonitor dan mengevaluasi proses dan hasil pekerjaan, melaksanakan perbaikan proses pekerjaan untuk memperbaiki pencapaian. Keempat, menggunakan hasil monitoring datan evaluasi sebagai dasar untuk melaksanakan perbaikan berkelanjutan. Siklus kegiatan itu sesuai dengan konsep yang dikembangkan oleh Edward Sallis (1993) yang sangat terkenal dengan model plan, do, check, act.

Target kompetensi 

Pelatihan ini memiliki target agar kepala sekolah mampu memperbaiki Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kerja Tahunan/RKAS  secara berkelanjutan sehingga program berkembang sesuai kebutuhan pembaharuan mutu. Target kompetensi umum tersebut selanjutnya dijabarkan dalam target khusus, yaitu agar kepala sekolah mampu

  1. Memetakan pemenuhan standar berdasarkan analisis konteks.
  2. Merumuskan dokumen RKJM dan RKAS secara sistematis.sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah yang realistik dan terukur.
  3. Penentuan skala prioritas
  4. Mengembangkan RKJM dan RKAS yang mengintegrasikan seluruh program  pemenuhan delapan SNP.
  5. Mengembangkan program RKJM dan RKAS secara inovatif sehingga memenuhi prinsip pembaharuan mutu berkelanjutan.
  6. Menggunakan instrumen evaluasi program sekolah

Bentuk Tagihan yang diharakan dapat dihimpun seusai pelatihan adalah menyempurnakan templet RKAS terlampir

[download id=”3109″][download id=”3109″]

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

8 comments

Assalamu’alaikum wr wb
Trims pak atas pencerahannya. Semoga ilmu bapak semakin berkah dan bermanfaat.

Assalamu’alaikum wr.wb.
Terima kasih Pak, sangat bermanfaat bagi saya untuk membimbing para kepala sekolah.

Assalamu’alaikum
Pak Rahmad …sangat bermanfaat dan dapat dijadikan contoh untuk sekolah binaan dalam mengevaluasi, membuat rencana dalam bentuk latihan …. tentunya kaitannya dengan EDS apa benar begitu Pak ?
Wasalam

Ass.wr.wb.
Pak Rahmat terima kasih atas pembinaannya tentang RKS, sangat bermanfaat. Smoga Bapak sehat selalu. Wassalam

trim’m Pa Dr atas pencerahannya ,semoga Bp sehat selalu,amiin…sangat -sangat ditunggu infonya Pa buat kami di lapangan …