Pelantikan Pejabat Eselon I Kemendikbud

Menteri Pendidikan Dilantik tanggal 27 Oktober 2014. Pada tanggal 21 bulan Januari 2015 terbit Peraturan Presiden tentang Kementrian dan Kebudayaan yang memuat struktur organisasi Kemedikbud. Seelah ditu diperlukan waktu cukup lama yaitu pada tanggal 17 Juni 2015 Mendikbud melantik enam pejabat eselon 1 :

  • Didik Suhardi sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan SMP dilantik sebagai Sekretaris Jenderal.
  • Sumarna Supranata, sebelumnya menjabat sebagai Direktur PTK Dikdas dilantik sebagai Direktur Jenderal Guru dan Pendidik, Tenaga Kependidikan;
  • Harris Iskandar, sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan SMA dilantik sebagai Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat.
  • Hamid Muhammad, sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dilantik sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
  • Totok Suprayitno sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Kepegawaian, dilantik sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan
  • Daryanto sebagai Inspektur Jenderal

Pelantikan kali ini menunjukkan sejarah baru, Kemendikbud tidak menyertakan pejabat baru dari unsur perguruan tinggi. Sebelumnya selalu ada pejabat yang direkrut dari unsur perguruan tinggi, namun kini semuanya dipilih dari pejabat karir yang selama ini telah sangat dikenal masyarakat pendidikan.

Dalam sambutannya Menteri Anis Baswedan menegaskan bahwa “Mutu pendidikan menjadi salah satu tantangan kita. Bagi yang baru dilantik, anda tidak punya ruang untuk gagal.”

Untuk sampai pada pelatikan ini diperlukan waktu setengah tahun. Karena itu, kita doakan semoga proses yang telah dilalui untuk memilih yang terbaik terwujud dalam pelaksanaan tugasnya. Semoga Allah membimbing para pejabat yang telah dilantik sehingga pendidikan Indonesia

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments