Pelaksanaan Tugas Pengawas pada Implementasi SKP 2014

Menyongsong pelaksanaan tahun pelajaran baru serta memperhatikan pelaksanaan penilaian prestasi kerja yang meliputi Sasaran Kerja Pengawai (SKP) dan penilaian perilaku kerja yang efektif berlaku mulai tahun 2014 pasti akan menimbulkan konsekuensi baru dalam pelaksanaan tugas, pengawas, kepala sekolah, dan guru.

Di samping itu, perhatian penyelenggara pendidikan perlu diarahkan pada penegasan terbaru Badan Kepegawaian Negara (BKN) bahwa Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) sudah tidak berlaku lagi pada tahun ini. Seluruh pegawai negeri sipin termasuk pendidikan dan tenaga kependidikan pada bulan Desember 2014 akan dinilai kinerjanya. BKN menyatakan lebih jauh bahwa seluruh proses kenaikan pangkat maupun pengusulan pensiun mulai bulan April 2015 wajib melampirkan hasil penilaian SKP.

Ketentuan tersebut telah menempatkan SKP sebagai dokumen rancangan pelaksanaan kegiatan tugas pokok jabatan sesuai dengan rincian tugas, tanggung jawab, dan wewenang pegawai yang harus terlaksana. Ketentuan baru ini, di para pelaksana pendidikan, dipastikan tidak mudah merealisasikanannya. Sampai pertengahan tahun ini, panduan teknis pelaksanaan masih belum jelas sehingga sosialisasi masih belum cukup.

Oleh karena itu,  ada baiknya pihak-pihak yang sudah memiliki informasi yang cukup untuk dapat merealisasikan persiapan penilaian SKP sebaiknya dapat memulai secara bertahap. Contoh realistik bagi kelompok pengawas dalam menyusun program yang biasanya menggunakan satuan waktu sesuai dengan tahun pelajaran, maka mulai tahun 2014 penyusunan program perlu menyesuaikan antara tahun pelajaran dengan tahun penilaian SKP.

Target mutu diukur dengan satuan waktu mulai Januari sampai Desember. Pengukuran pencapaian dilakukan pada bulan Desember. Sementara itu, aktualisasi tugas diselaraskan dengan rencana kegiatan tahun pelajaran baru mulai Juli sampai bulan Juni tahun berkutnya. Realitas ini menjadi bagian yang perlu dihadapi dengan bijak sehingga seluruh tugas dalam bidang pendidikan dapat berjalan efektif.

Pada tahun pelalaran 2014-2015 terutama dalam perumusan program pengawasan perlu menyelaraskan dengan SKP yang telah ditetapkan pada bulan Januari tahun 2014.  Pada akhir tulisan ini, saya sajikan model program tahunan yang telah diselaraskan dengan persyaratan tugas melaksanakan SKP. Silakan diunduh.

[download id=”3245″]

Semoga contoh program yang telah dibuat dapat membantu teman-teman yang memerlukan.

Artikel terkait

Penilaian Prestasi Kerja Guru

 

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments