Panduan Peningkatan dan Penjaminan Mutu Manajerial Sekolah

Target pengembangan manajerial sekolah adalah meraih keunggulan mutu. Untuk mewujudkan target utama sekolah memerlukan dukungan sumber daya manusia yang memiliki kecerdasan emosional, sosial, dan intelektual yang sesuai dengan target mutu. Untuk memenuhi kriteria standar sekolah perlu lebih cerdas merancang dan melaksanakanstrategi  dalam meningkatkan berbagai kecerdasan lembaga agar dapat  pencapain tujuan.

Kebutuhan untuk mengembangkan sekolah sebagai lembaga yang memilik multi kecerdasan kian dirasa perlu setelah melihat perkembangan dalam mengembangkan pembaharuan yang mengandalkan peningkatan kecerdasan inteletual saja banyak yang terjebak dalam rasa kurang yakin dapat meraih tujuan yang diharapkannya.

Maslah utama yang sangat penting adalah bagaimana mengembangkan sekolah agar memiliki  kecerdasan emosional, sosial, dan inteletual dalam meningkatkan dan menjamin mutu. Selama ini hampir seluruh sekolah yang sedang melakukan pembaharuan berkonsentrasi penuh pada peningakatan kecerdasan intelektual. Pengembangan kompotensi bidang intelektual terus mendapatkan alokasi sumber daya yang semakin tinggi. Banyak sekolah yang memadukan sistem pembinaan kecerdasan spiritual dengan penguatan keimanan sebagai modal dasar pembaharuan.

Agaknya yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah bagaimana mengembangkan formula pengembangan sekolah melalui strategi peningkatan modal dasar multi intelegensi, yaitu kecerdasan spiritual,  intelektual, sosial, dan  emosional sebagai modal dasar untuk mengembangkan daya saing sekolah. Ini sangat beralasan mengingat teori yang sempat mengubah arah pendidikan dunia dengan lahirnya konsep kecerdasan emosional yang dikembangkan Daniel Goleman menyatakan bahwa sukses itu lebih banyak ditentukan oleh kecerdasan emosional daripada kecerdasan intelektual.

Teori  itu  agaknya perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius terutama dalam mencari formula yang paling pas untuk menerapkannya pada peningkatan kecerdasan emosional lembaga sekolah yang didukung dengan individu-individu yang memilik kecerdasan yang tinggi pula. Hal ini merupakan bahan kajian menari karena  sekolah yang memiliki warga yang memilik kecerdasan intelektual yang tinggi belum menjamin sepenuhnya sekolah itu dapat meningkatkan mutu. Yang diperlukan juga adalah kecerdasan lebaga yang terbentuk melalui senyawa kecerdasan individu yang membentuk kecerdasan lembaga.

Berikut ini beberapa referensi yang diperlukan untuk meningkatkan mutu manajerial sekolah, sekali pun belum secara spesifik menyediakan sumber informasi tentang kecerdasan emosional secara spesifi seperti yang menjadi topik pembahasan pada ruang ini.

  1. Emtional Intelligence Theories.
  2. [download id=”2660″]
  3. [download id=”2654″]
  4. [download id=”2655″]
  5. [download id=”2656″]
  6. [download id=”2657″]
  7. [download id=”2658″]
  8. [download id=”2659″]
  9. [download id=”2661″]
  10. [download id=”2662″]

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

1 comments