Model Program Penumbuhan Budi Pekerti Berbasis Masalah

Sekolah masih dapat meningkatkan perannya agar lebih optimal dalam menumbuhkan budi pekerti siswa sehingga menjadi pribadi yang baik dalam komunitas warga sekolah yang berbudi sangat diharapkan terus berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.Penetuan kompetensi yang yang sekolah harapkan menjadi titik podasi utama yang menopang keberhasilan. Lebih dari itu, sekolah perlu menentukan strategi untuk membantu siswa mencapai targetnya. Stategi yang unggul adalah yang telah teruji berulang-ulang, yang membuktikan bahwa hasilnya memang sesuai dengan yang diharapkan.

Semakin tinggi target, semakin banyak tantangan yang harus sekolah pecahkan. Oleh karena itu, setiap strategi yang terbukti unggul, perlu terus diperbaiki sehingga dapat mewujudkan hasil terbaik dan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Pengenalan terhadap  masalah dan strategi terbaik dalam perbaikan proses penumbuhan budi pekerti menjadi titik kritis yang harus sekolah lalui. Karena itu, orentasi sekolah pada pengenalan masalah dan setrategi untuk menyelesaikan masalah perlu terus diasah sehingga ketajamannya menjadi terbukti dalam proses kerja yang sesungguhnya di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Dalam membangun keunggulan proses penumbuhan budi pekerti diperlukan model program yang berbeda dari  program yang sebelumnya telah sekolah laksanakan. Untuk mencari bentuk pembeda yang dapat direkomendasikan di antaranya adalah dengan menggunakan pendekatan proyek penumbuhan budi pekerti berbasis masalah. Untuk melaksanakan strategi ini, guru pembaharu membantu sekolah dengan menyajikan templet program sebagai berikut:

Model Templet Program Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments