Model Kisi-kisi Soal HOTS

Keterampilan  berpikir HOTS  atau berpikir level tinggi adalah keterapilan yang halus. Pengembangannya dilakukan secara bertahap  dan berkelanjutan melalui penumbuhan pengalaman belajar dalam kegiatan belajar.  Untuk menguatkannya siswa difasiltasi untuk mengalami, berinteraksi, dan berkomunikasi dalam menggunakan fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi, menghubungkan yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan kesimpulan. Proses menghubungkan antara fakta yang satu dengan fakta lain, dengan konsep dengan prosedur sehingga terjadi proses berpikir logis biasa disebut dengan penalaran. Pada level keterampilan berpikir  yang lebih tinggi adalah menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk mendapatkan pengetahuan baru.

Model berpikir metakognisi dapat dilihat pada pengalaman belajar anak-anak dalam lingkungannya. Pada peristiwa main dagang-dagangan, misalnya, anak-anak dapat mengembangkan kecakapan berpikirnya dengan menggunakan istilah perdagangan yang sederhana, melakukan aktivitas transaksi, membayar sesuatu dan menerima uang kembali. Semua itu mereka dapatkan dari mengamati aktivitas perdagangan dari lingkungannya. Mereka mengamati alam sekitar, belajar, dan mendapatkan pengetahuan baru dari kehidupan.

Karena itu model berpikir HOTs sebaiknya kontekstual dan pengalaman meningkatkan kecakapan berpikirnya berguna untuk kehidupannya di masa kini dan di masa mendatang siswa. Model latihan diperoleh dari pengalaman praktik yang terus dapat diadaptsi sesuai dengan kebutuhan hidupnya.

Untuk mengembangkan kisi-kisi soal HOTS dapat dilihat pada teks yang saya adaptasi dari hasil olah guru-guru SMA yang diprakarsai oleh Direktorat PSMA. Semoga bermanfaat.

Model Kisi-kisi

  1. Model kisi-kisi soal Hots Sosiologi
  2. Model Kisi-kisi soal HOTs Biologi
  3. Model kisi-kisi soal HOTs Bahasa Inggris
  4. Model Kisi-kisi Ekonomi
  5. Sejarah Indonesia
  6. Bahasa Indonesia

Penyajian akan dilakukan secara bertahap, mohon bersabar menunggu penelaahan berikutnya.

Model kisi-kisi pada pelajaran Sejarah yang telah disajikan pada model nomor 5 dikitisi oleh Ibu Mariana. Beliau mengembangkan model hasil rumusanya yang lebih lengkap seperti berikut:

Sejarah Indonesia dari Mariana guru SMAN 1 Tarakan

Salam pendidikan.

Sponsor:  Model tas anak sekolah Heejoubag.com

 

 

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments