Model Kartu Soal Penilaian pada Impementasi Kurikulum 2013

Mengadaptasi kartu soal uraian dari kurikulum 2006 ke soal penilaian uraian untuk menilai kompetensi pengetahuan pada implementasi kurikulum 2013 sebenarnya tak terlalu jauh berubah. Cuma perlu menyisipkan hal baru yaitu dimensi pengetahuan.  Hanya saja dengan bertambahnya dimensi kompetensi pada K`13 tak hanya menyangkut keterampilan bepikir yang meliputi mengingat sampai mengevaluasi  ditambah dengan dimensi fakta, konsep, prosedur, dan metakognitif, maka pekerjaan merancang soal uraian menjadi bertambah kompleks.

Ada pun tambahan pekerjaan tersebut menyangkut  kaidah menilai yang seharusnya dinilai. Selain menentukan keterampilan berpikir atau cara berpikir soal harus menentukan dimensi materinya. Apakah menyangkut fakta, konsep, prosedur, metekognitif. Landasan utamanya adalah (1) penguasaan kompetensi siswa yang akan dinilai?  (2) Keterampilan berpikir yang mana? dan Penguasaan materi pengetahuan  yang mana pula? Semua jawaban atas pertanyaan itu mesti dimasukan dalam kartu soal sebelum menentukan uraian soal.

Untuk menjawab berbagai masalah tersebut saya mencoba menyajikan contoh kartu soal, pemetaan kompetensi, perumusan soal, dan pedoman untuk memberikan skor jawaban siswa. Semoga dengan contoh ini dapat membantu para guru dalam merumuskan soal uraian yang sesuai dengan karakter K 13. Yang memerlukan silakan  download

Semoga bermanfaat

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments