Mengolah dan Menafsirkan Data Hasil Supervisi Akademik K-13

Pengawasan akademik adalah kegiatan supervisi oleh kepala sekolah atau pengawas yang mengintervensi pendidik untuk mengembangkan kemampuan profesinya pada pelaksanaan tugas mengajar. Fokus supervisi adalah membantu guru memperbaiki proses kerjanya. Hubungan antara supervisor dengan yang disupervisi bersifat edukatif, evaluatif, meluas dari waktu ke waktu, mencapai tujuan secara simultan dalam meningkatkan fungsi pembinaan profesi, memantau kualitas layanan, dan melakukan perbaikan mutu dalam memenuhi standar *

Supervisi merupakan komponen kunci sistem monitoring mutu. Karena itu, supervisi menjadi salah satu komponen penjaminan mutu. Kedudukan supervisi yang amat penting dalam mengarahkan dan membantu guru mencapai tujuan lembaga. Itu sebagnya, setiap supervisor harus fokus pada visi-misi-dan tujuan satuan pendidikan. Supervisor wajib memahami visi-misi dan tujuan, kondisi ideal yang diharapkan, kondisi nyata yang realistik, serta strategi untuk mewujudkan tujuan dengan indikator yang  terukur sehingga semuanya diletakan sebagai  rujukan operasional yang tepat.

Pada modul satu  Reforming School Supervision, Unesco, 2007.hal 9**  dinyatakan  bahwa kegiatan supervisi sebagai bagian dari proses  meningkatkan pemenuhan standar. Kegiatan intinya meliputi tiga tahap; yaitu

  • Menghimpun informasi
  • Menganalisis informasi
  • Melakukan tindakan.
Hubungan ketiga kegiatan ini dapat digambarkan pada peta keterkaitan berikut:

Pelaksanaan menghimpun informasi dapat kepala sekolah atau pengawas laksanakan dengan menguji siswa, menguji kompetensi guru, memonitor merencanakan dan dokumen perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, atau memantau instrumen, pelaksanaan, dan hasil penilaian. Informasi juga dapat dihimpun dengan penelitian, wawancara, atau penyebaran angket. Data yang terhimpun selanjutnya dianalisis dan ditafsirkan.

Pelaksanaanan kegiatan mengimpun informasi, menganalisis informasi, dan melakukan tindakan sebagai tindak lanjut supervisi dapat dilakukan secara individual atau melibatkan banyak personal yang tergabung dalam tim penjaminan mutu bidang akademik.

Analisis informasi yang terhimpun oleh pengawas atau kepala sekolah melaksanakan supervisi sering terpenuhi. Informasi yang terhimpun dari kegiatan pra-observasi yang diisi dengan pengkondisian  atau persiapan observasi dan pelaksanaan observasi sering dipandang telah selesai jika supervisor telah  mengisi instrumen dan memperoleh data persentase kinerja. Persentase yang diperoleh dari penskoran diperlakukan cukup sebagai bahan pembanding dengan standar sehingga dapat dipeoleh kesimpulan bahwa kinerja guru kurang, cukup, baik,  atau sangat baik. Informasi tidak dianalisis dan ditafsirkan sehingga diperoleh kesimpulan.

Contoh cara menghipun informasi dari pelaksanaan supevisi akademik penulis menyajikan :

  • [download id=”3233″]

Data diperoleh dari pelaksanaan kegiatan supervisi dan pendampingan pada satu SMA di Kota Bogor pada pelaksanaan K-13. Informasi terhimpun dalam pelaksanaan pendampingan guru-guru yang dihadiri pula oleh kepala sekolah maupun wakasek kurikulum pada tanggal 3 April 2014 mulai pukul 9.00 sd. pukul 12.00. Strategi kegiatan menempuh prosedur berikut:

  1. Temu awal dialog tentang kemajuan guru dalam mengembangkan RPP pada dalam melaksanakan K-13 tahun pelajaran 2013-2014.
  2. Membuka Permendikbud 81 A tahun 2013 sebagai acuan penentuan standar dalam penyusunan RPP dan Permendikbud 65 tahun 2013 tentang standar proses.
  3. Menentukan satu RPP yang menjadi  focus utama pengkajian.
  4. Menelaah instrumen penilaian kinerja guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
  5. Guru-guru menilai tingkat kompetensi dalam menyusun  RPP dengan menggunakan instrumen yang tersedia.
  6. Pengolahan data hasil evaluasi diri yang dilakukan simultan bersamaan dengan proses pendampingan oleh pengawas.
  7. Melakukan refelksi.
  8. Melakukan tindak lanjut yang akan dilakukan dalam pertemuan lanjutan yang akan ditentukan bersama kepala sekolah.

Hasil analisis dan penafsiran data dalam kegiatan pendampingan, pengawas menganalisis informasi sebagai berikut:

  • Nilai kinerja 13 orang guru yang mengikuti kegiatan pendampingan telah mengembangkan RPP pada pelaksanaan kurikulum 2013 masuk dalam kategori baik dengan nilai 80.48. Data ini menunjukkan tingkat pencapaian yang sesuai dengan yang diharapkan.
  •  Komposisi nilai pencpaian kinerja dalam pengembangan rencana pembembelajaran (RPP) menunjukkan tingkat bahwa guru-guru mecapai taraf baik sekali pada dua komponen, baik pada empat komponen, dan mengalami kesulitan dalam perumusan indikator kompetensi hasil belajar sebagaimana terlihat pada pencapaian nilai rata-rata seperti berikut:
  1. Perumusan  Tujuan Pembelajaran                                             87.18
  2. Media Belajar                                                                                 87.18
  3. Rencana Kegiatan Pembelajaran                                                84.33
  4. Rencana Penilaian                                                                         79.06
  5. Metode Pembelajaran                                                                  76.92
  6. Materi Pelajaran                                                                           77.44
  7. Perumusan Indikator                                                                   64.62

Pencapaian terendah ada pada perumusan indikator pencapaian kompetensi dengan gambaran tingkat kesulitan sebagai berikut:

  1. Pengembangan indikator pembelajaran KI1 dan KI2 mengikat KI3 dan KI4, menentukan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan siswa pada abad ke-21 mencapai nilai kinerja 69,23
  2. Menentukan kata kerja operasional yang hanya terdiri atas satu perilaku spesifik mencapai nilai kinerj 66,67
  3. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi pada penguasaan pengetahuan factual, koseptual, dan procedural mencapai nilai kinerja 66,67.
  4. Dalam penentuan indikator pencapaian kompetensi    mendapatkan nilai 64,10
  5. Menentukan kecakapan berpikir level tinggi yang mencakup analisis, evaluasi, dan kreasi mencapai nilai kinerja 56,41.

Data hasil penilaian menunjukkan bahwa kinerja guru terendah dicapai pada menentukan indikator kecakapan berpikir level  tinggi. Nilai yang dicapai pada penentuan indikator pencapaian kompetensi seluruhnya berada dalam kategori rendah.

Hasil evaluasi diri  dalam perumusan rencana pembelajaran menunjukkan bahwa kompetnsi guru dalam menentukan indikator pencapaian kompetensi hasil belajar merupakan komponen kritis yang memerlukan perbaikan.

Tindak lanjut yang perlu dilaksanakan pada kegiatan supervisi berikutnya adalahsekolah perlu mengadakan  pelatihan untuk  meriviu dan memperbaiki indikator pencapaian kompetensi sebagai dasar untuk dinilai pencapaiannnya melalui penilaian. Tindakan ini diperlukan mengingat kompenen kompetensi ini berada pada posisi terendah dalam pengembangan RPP.

Demikian informasi yang dapat penulis sajikan sebagai model pelaksanaan supervisi akademik dengan fokus pada pendampingan guru dalam mengembangkan RPP yang memenuhi kebutuhan pelaksanaan kurikulum 2013.

Artikel yang relevan:

Referensi:

  • Bernard and Goodyear 1998  http: //soe.syr.edu/academic/ counseling_and_human_ services/modules/ Preparing_for_Supervision/ definition_and_components_ of_ supervision.aspx.
  • Unesco, Reforming School Supervision, Unesco, 2007. p. 9

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

3 comments

Assalamualaikum pak, Salam hormat, tak lupa minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan bathin….maaf pak saya telah dowload instrumen supervisi akademik dan manajerialnya pak, sangat bermaamfaat bagi saya…oh ya sekarang tmpt tugas saya bkn lg kepulauan pak tp sdh pindah msk kedaratan daerah perkotaan….ttp sebagai pengawas pak.

Terima kasih Ibu, Mohon maat lahir batin, semoga perayaan Idul Fitri membahagiakan dan semua amal ibadah Ibu mendapat rido Allah.

Waalaum salam Ibu Ratna. Senang bisa komunikasi dengan Ibu. Selamat untuk bertugas di darat dan selamat mengenang perjuangan di kepulauan. Sukses untuk ibu.