Mengatur Format Nomor Halaman Berdeda Dalam Satu Naskah Pada MS Word

Beberapa dokumen sekolah maupun karya tulis ilmiah  terdiri atas jilid atau cover, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, isi naskah, dan lampiran. Pembuat dokumen banyak yang menyusun dalam file-file terpisah. Teknis itu cukup merepotkan proses pengelolaannya. Apalagi jika kita lupa menyimpan  file cover atau file daftar isi naskah yang dibuat sehingga harus mengerjakan ulang.

Salah satu alasan penyusunan dokumen dengan menggunakan file terpisah ialah sulit mengelola nomor  halamannya karena daftar isi yang menggunakan huruf Romawi sedangkan  penomoran pada halaman isi naskah biasanya menggunakan huruf Arab.

Fasilitas section break pada Microsoft Word memberikan kemudahan kepada kita untuk memberikan format nomor halaman yang berbeda pada satu naskah. Caranya, membagi naskah dalam beberapa section.

Berikut langkah-langkah untuk memisahkan naskah dalam beberapa section (langkah ini dilakukan dengan menggunakan windows vista) :

  • Gabungkan naskah yang ada dalam satu file;
  • Tentukan bagian-bagian dari naskah yang akan diberikan format penomoran yang berbeda untuk dipisahkan dalam section yang berbeda;
  • Pada ujung tulisan yang akan diberikan penomoran yang bebeda pilih menu page layout lalu pilih menu Breaks pada sub menu Page Setup;
  • Selanjutnya pilih  next page seperti pada gambar berikut:

  • Lakukan hal yang sama untuk tiap bagian naskah yang sudah kita tentukan.
  • Pada tiap bagian yang telah dipisah, lihat hasilnya klik bagian header atau footer pada naskah yang telah diinsert . Pada footer, misalnya akan tertulis section 1, pada bagian header tertulis section 2, seperti terlihat pada gambar berikut:

  • Pada tiap section yang berbeda kita dapat memberi nomor halaman yang berbeda. Misalnya section satu pada cover tidak menggunakan halaman, section 2 menggunakan halaman i, ii, iii; pada section 3 kita gunakan halaman huruf arab 1, 2, 3, dst.

  • Untuk memberikan nomor halaman dilakukan dari menu Insert pada sub menu Header Footer pilih page number
  • Pilih Format Page Number, ubahlah “number format” sesuai dengan bentuk format number halaman yang kita inginkan untuk masing-masing section.

Semoga bermanfaat.

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

8 comments

Terima kasih infonya, kau tau yg kumau. Sekarang saya tidak perlu repot lagi memisahkan file cover dan teman-temannya dgn isinya.Sekali lagi terima kasih.

This page appears to get a large ammount of visitors. How do you get traffic to it? It gives a nice individual twist on things. I guess having something real or substantial to talk about is the most important factor.

saya sangat setuju sekali dengan hal-hal seperti apa yang belum kita paham selama ini saya merasa terbantu sekali

bisa tolong kasih pencerahan dong gan,,,ms word punyaqu bila diatur pasti munculnya page/mergeformat…
itu dikarenakan mengapa eah???
bingung