Mempercantik Blog dengan Merubah Template

Bosan dengan template standar yang disediakan oleh blogspot, kita bisa merubahnya sesuai dengan tema atau template yang kita inginkan, banyak sekali penyedia layanan template gratis yang dapat kita gunakan untuk merubah tampilan blog kita, salah satunya di http://btemplates.com, nah kita tinggal pilih template yang cocok buat tampilan blog kita. berikut ini GP sajikan langka-langkah untuk setting template barunya :

  1. Masuklah ke btemplates.com;
  2. Pilih salah satu template yang kita anggap cocok untuk dipasang dalam blog kita, variasinya sangat banyak ada yang 2 kolom, 3 kolom atau 4 kolom, kita juga bisa memilih template yang sesuai dengan isi atau konten yang ada di blog kita dengan tema template yang tesedia;
  3. Klik Demo untuk melihat tampilan template yang akan kita gunakan, jika sudah sesuai klik Download.
  4. File yang kita download biasanya masih dalam bentuk zip sehingga kita harus extract terlebih dahulu, caranya tinggal klik kanan pada file tersebut lalu pilih extract files, selanjutnya pilih lokasi untuk menyimpan file htmlnya.
  5. Jika file html nya sudah siap, langkah selanjutnya kita sign in ke blog kita.
  6. Filih tab Layout atau Tataletak, dan selanjutnya pilih Edit HTML;
  7. Sebelum merubah template kita sebaiknya kita membuat back up dari template yang sekarang sebagai langkah preventives jika ketika kita pasang template yang baru ada masalah atau kurang sesuai dengan yang kita inginkan, kita bisa merubah kembali template yang baru tersebut dengan template awal. Langkahnya klik terlebih dahulu Download Full Template.
  8. Simpanlah file HTML template yang kita download dalam arsip data kita;
  9. Sebelum menguload file template yang baru, berikan checklist terlebih dahulu pada pilihan Expand Widget Templates
  10. Langkah selanjutnya kilik pada kolom Upload a template from a file on your hard drive atau browse untuk meng-upload file html template yang baru.
  11. Setelah file htmlnya kita temukan, klik Upload.
  12. Biasanya ada beberapa widget dari template lama yang tidak sesuai dengan template baru, sehingga muncul pesan seperti berikut ini :
  13. Pilih Keep Widgets untuk mempertahankan widget terlebih dahulu, pilih Delete Widgets untuk menghapusnya, dan piih Cancel untuk membatalkan perubahan template.
  14. Setelah itu klik SAVE TEMPLATE
  15. Untuk menampilkan klik View Blog.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Bunyamin

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

8 comments

Terima kasih atas bimbingan nya, saya yakin teman teman sman 3 Kayuagung akan berkerja seoptimal mungkin sesuai harapan kita semua amin….

Ya, Pak Iqbal, SMAN 3 Kayuagung perlu mendefinisikan secara jelas target pencapaian KKM, rata-rata nilai, prestasi tertinggi siswa pada tiap mata pelajaran agar semua pendidiknya bekerja sama dan bekerja keras untuk mencapai prestasi kerja terbaik. Salam

menjawab pertanyaan vera, saya coba jelaskan sedikit. Setelah diekstrak, file xml nya saja yang di upload. Browse di mana ibu simpan file ekstraknya tadi dari template yang diinginkan. Jangan lupa centang/ceklist di bagian expand widget templates. Itu saja..