Menyusun Soal Ulangan Dengan Permainan: Scramble Word Dan Cross Word

Melihat  perkembangan pendidikan saat ini, kita mendapatkan fakta  bahwa kemajuannya  tidak terlepas dari teknologi yang digunakan untuk berinovasi. Aplikasi teknologi informasi komunikasi  telah mempercepat pembaharuan sistem perencanaan, metode pembelajaran hingga ke teknik penilaian. Semakin banyak warga sekolah berinovasi, semakin banyak  hal yang terbarukan di sekolah itu,  termasuk dalam teknik penilaian.

Dalam meningkatkan mutu hasil belajar siswa, guru hendaknya menjadi seorang evaluator yang baik. Mampu memicu minat dan perhatian siswa, sekaligus memberi tantangan yang menarik. Melalui kegiatan penilaian guru dapat mengetahui apakah tujuan yang telah dirumuskan itu tercapai atau belum? Atau,  apakah materi pelajaran yang diajarkan sudah tepat?  Semua pertanyaan tersebut terjawab melalui kegiatan evaluasi atau penilaian.

Guru kadang-kadang mengadakan penilaian dengan teknik yang monoton karena siswa mendapatkan soal berbentuk uraian,  sesekali diberikan soal pilihan ganda. Hal itu  membuat siswa kurang kreatif. Siswa menjawab soal hanya sebatas menjawab tanpa mengingat kembali apa yang telah dilakukannya. Efeknya siswa mudah melupakan materi yang telah di pelajarinya ,

Menjawab tantangan itu,  guru idealnya lebih progresif dan  lebih kreatif dalam membuat soal.  Instrumen penilaian sebaiknya dapat meningkatkan daya ingat dan pemahamannya lebih lama. Penilaian dengan menggunakan permainan Scramble Word dan Cross Word dapat memenuhi kebutuhan itu sehingga materi yang telah diajarkan akan tertanam di memori siswa.

Model  Evaluasi  Alternatif  ini membuat instrumen menjadi lebih bervariasi dan lebih menantang siswa. Keunggulannya instrumen ini lebih disukai siswa. Lebih dari itu, soal  sesulit apa pun membuat siswa lebih rileks.   Pengalaman menggunakan instrumen penilaian ini membuat siswa lebih termotivasi untuk menyelesaikannya, mungkin  karena mereka mendapatkan tantangan baru.

Selengkapnya silakan download :  [download id=”2664″]

(Penulis: Mariana Anna Guru SMAN 1 Tarakan Kalimantan Timur)

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

7 comments

salam kenal dari kami

terma kasih bu atas info yang menarik dan kreatif untuk kemajuan profesionalisme guru serta kemajuan mutu pembelajaran