AS Membentuk Korps Guru Master Bidang Sains, Teknologi, dan Matematika

Pemerintah Obama, AS, pada hari Rabu minggu ini mengumumkan sebuah rencana baru  untuk mengembangkan  korps guru master bidang sains, teknologi, dan matematika dengan menyediakan biaya sebesar 1 milyar US$. Kebijakan ini untuk mendorong perkembangan daya kompetisi generasi muda Amerika untuk menunjang daya saing bidang ekonomi di masa depan melalui peningkatan mutu sumber daya manusia.

Program ini bertujuan untuk menghargai guru yang berkinerja tinggi dengan memberikan tunjangan kesejahteraan dalam kerangka kebijakan pendidikan jangka panjang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masa depan dan untuk mengurangi kesenjangan mutu generasi muda Amerika dengan rekan-rekan sebayanya dari penjuru bumi. Dampak kebijakan yang diharapkan pada  jangka panjang adalah mengurangi kesenjangan mutu sumber daya manusia melalui perbaikan mutu pendidikan dengan meningkatnya pelayanan belajar oleh guru-guru master.

Guru yang lolos seleksi sehingga memperoleh predikat Korps Guru Utama (Master Teacher Corps) akan mendapatkan tunjangan tambahan dua puluh ribu US$ per tahun dengan syarat harus berkomitmen untuk mempertahankan statusnya dalam beberapa tahun. Persyaratan tersebut menyebabkan multi dampak terhadap peningkatan mutu pengetahuan dan keterampilan guru lain dan siswa.

Pengumuman ini disampaikan dalam rapat umum kampanye pemilihan presiden di San Antonio pada ahari Selasa dengan bingkai penekanan pada peningkatan dana  pendidikan. Sementara Mitt Rommey dari  Republik menjual gagasan utamanya  tentang pemotongan pajak untuk reinvestasi.

Kebijakan serupa  telah Indonesia laksanakan sejak tahun 2007 melalui penyelenggaraan program rintisan sekolah bertaraf internasional. Kesamaan  dengan kebijakan tersebut adalah meningkatkan kinerja belajar siswa melalui bidang matematika, sains, dan teknologi. Dengan adanya kebijakan serupa di Amerika akan menginspirasi Pemerintah  Indonesia agar memberikan penghargaan finansial kepada guru master pada bidang yang sama  sebagai perhargaan khusus di samping  dana sertifikasi.

http://start.toshiba.com/news

 

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.