Materi Pelatihan: Pengawasan Akademik

Pengawasan akademik merupakan serangkaian kegiatan membantu guru memperbaiki proses kerjanya dalam pelaksanakan pembelajaran dalam kelas. Batasan tersebut sesuai dengan yang diungkap Glickman dan Daresh sebagaimana dikuti LP2 KS yang menyatakan bahwa akademik merupakan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. (2007). Menurut Daresh pengawasan akademik merupakan upaya membantu guru-guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pengajaran (2001).

Sebelum melaksanakan pengawasan seorang supevisor harus mengenali terlebih dahulu masalah yang dialami guru dalam melaksanakan tugasnya. Pengenalan masalah mesti didasari dengan fakta pelaksanaan tugas guru dari dalam kelas baik melalui pemantauan langsung oleh supervisor atau diangkat dari pengalaman guru yang disampiakan oleh guru sendiri.

Dalam pelatihan narasumber akan mencoba untuk menghimpun masalah dari aktivitas belajar yang kurikulum harapkan dengan menggunakan matrik identifikasi masalah berikut:

Lembar Identifikasi Masalah

Setelah peserta pelatihan menguasai teknik merumuskan masalah yang diangkat dari pelaksanaan tugasnya, saatnya peserta memperhatikan model program tahunan sebagai berikut:

Model Program Tahunan Pengawasan 

Setelah memperhatikan program tahunan selanjutnya peserta pelatihan menelaah model program tahunan yang akan dibunakan sebagai dasar merumuskan rencana pengawasan akademik.

Model Rencana Pengawasan Akademik

Sebelum pratik melaksanakan pengawasasn akademik, peserta berlatih mengembangkan instrumen dengan merujuk pada model yang sudah tersedia.

Model Instrumen Pengawasan Akademik

Dengan menggunakan istrumen yang ada, maka peserta mengembangkan rencana pelaksanaan pengawasan akademik  berdasarkan contoh yang tersedia dan mengembangkan instrumen dengan memanfaatkan hasil analisis masalah.

Instrumen yang telah peserta telaah, seperti yang ada padda contoh, menjelang akhir pertemuan peserta gunakan untuk mengobservasi pelaksanaan pembeljaran dalam video.Sementara bahan tayang menggunakan model bahan tayang yang dikembangkan oleh LP2KS yang telah diadaptasi dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta seperti di bawah ini.

Bahan Tayang Supervisi Akademik

Di samping bahan tayang, atas dasar permintaan teman-teman disajikan pula di bawah ini model fomat jurnal pelaksanaan kegiatan pengawassan sebagai berikut:

Format Jurnal Kegiatan Pelaksanaan Tugas Pengawassan Akademik

Semoga bermanfaat.

 

 

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments