Materi Pelatihan Kepsek: Keterampilan Kepemimpinan Transformatif

SMAN 1 Curup Selatan Berprestasi[download id=”186″] dan [download id=”187″] membantu para calon kepsek dan yang sudah menjadi  kepala sekolah meningkatkan kompetensinya. Materi pelatihan  ini bagian dari usaha untuk  menjawab sebagian ketentuan Permendiknas Nomor 13  tahun  2007  kepala sekolah yang sekurang-kurangnya memiliki kompetensi  (1)  kepribadian, (2)  sosial  (3)  manajerial  (4) supervisi (5) kewirausahaan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan .

Seluruh kompetensi itu dalam realitas kegiatan sehari-hari tidak berurut-turut sebagai tangga-tangga  keterampilan yang harus dikuasai  secara bertahap. Dalam kehidupan nyata keseluruhannya terintegrasi dalam prilaku pribadi kepala sekolah sehingga membentuk penampilan seorang pemimpin.

Hasil studi kepustakaan serta dengan memperhatikan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah berproses dalam kegiatan sekolah sehari-hari selanjutnya dapat diurai dalam berbagai keterampilan yang dapat dilatihkan sehingga diharapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh dari pelatihan akan semakin meningkatkan kinerja kepemimpinannya di sekolah.

Berbagai keterampilan kepemimpinan transformatif dan kepemimpinan  pembelajaran untuk mendukung kepemimpinan yang lebih demokratis dan fasilitatif menurut hasil studi yang dilakukan berbagai ahli menunjukkan semakin banyak diterapkan sistem pegelolaan sekolah akhir-akhir ini.  Berbagai keterampilan di bawah ini di bawah ini dilihat dari aspek empirik maupun dari hasil studi kepustakaan  yang perlu kepala sekolah kuasai.

  1. mengembangkan kepribadian diri sehingga berpenampilan diri sebagai panutan.
  2. mengarahkan seluruh kegiatan pada tujuan dan target yang jelas atau terukur.
  3. mengembangkan keterampilan berkomunikasi merumuskan dan  memecahkan masalah secara bersama-sama.
  4. berpikir sistematis yang inovatif dengan menggunakan data hasil evaluasi sebagai bahan perbaikan mutu sekolah.
  5. membangun keyakinan bahwa siswa dan guru memiliki potensi untuk meraih prestasi terbaik.
  6. memupuk motivasi warga sekolah untuk saling melayani dalam memfasilitasi siswa meraih prestasi belajar yang terbaik.
  7. Memantau perkembangan perbaikan sekolah melalui pemantauan proses pelaksanaan pekerjaan kepala sekolah, guru, dan siswa.

[download id=”206″]

Disajikan pada Pelatihan Calon Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMk di Provinsi Lampung

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Related posts

Comments

comments

2 comments

This weblog appears to get a great deal of visitors. How do you get traffic to it? It gives a nice unique spin on things. I guess having something real or substantial to say is the most important thing.

Kelemahan utama kepala sekolah kita saat ini adalah kemampuan dalam prencanaan, kemampuan manajerial, serta supervisi akademik sehingga mutu sekolah jauh dari harapan masyarakat.