Manajen Belajar dalam Pendidikan

Adalah  Tony Bush dan David Middlewood yang menulis Managing  People in Education yang dipublikasikan di perpustakaan Sage Publication Ltd pada tahun 2012   yang menyatakan bahwa konteks pendidikan berubah cepat. Lingkungan ekonomi global  pengembangan teknologi, telah mengubah lingkungan kerja.

Perubahan itu telah mendorong personalia dengan model konsep pengembangan prestasi kerja.yang dilandasi dengan kompetensi dan prestasi kerja berpengaruh kuat terahdap penyelenggaraan pendidikan saat ini. Menurut keterangan Toni dan David perdebatan dalam mengembangkan iklim pendidikan secara umum berporos pada peningkatan seputar itu. Persoalan mencuat sebagaimana diungkapkan Drucer (1974) seperti dalam kutipannya dari buku Management Tasks, Responsibilities yang menyatakan bahwa lembaga-lembaga layanan publik seperti lembaga pemerintah, militer, pendidikan, kesehatan menghasilkan  kinerja layanan yang buruk karena layanan organissi tidak bergantung pada kinerjanya, melainkan bergantung pada budget yang ditetapkan dalam anggaran.

Dinyatakan Jacky Lumby mengembangkan pemikiran dalam menghadapi konteks yang berubah serta tantatang untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja adalah membangun organisasi yang pembelajar. Pimimpinan organisasi perlu bersunguh-sungguh memberikan penghargaan  khusus terhadap proses belajar, lebih bersungguh-sungguh membedakan antara praktik dan teori dalam meningkatkan efektivitas peningkatan kinerja sekolah.  Akselerasi perubahan organisasi dipicu dengan mendorong orang-orang belajar,

Berangkat dari pemikiran itu, maka efektivitas kinerja lembanga pendidikan dalam menghadapi perubahan koteks pendidikan yang semakin cepat, penilai prestasi kerja yang sekarang sedang menjadi fokus perhatian pemerintah, pengembangan keprofesian pendidik, perubahan kurikulum, serta peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan sungguh tidak akan bergantung pada penghargaan finansial yang diberikah, melainkan seberapa besar penghargaan terhadap individu dan lembaga yang mengembangkan daya inisiatif belajar, yang menjadikan satuan pedididikan pembelajar..

 

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments