Lulusan Sekolah Terbaik Indonesia Diambil Negara Maju

Ancaman yang dapat melumpuhkan Indonesia setelah tergabung dalam Masyarkat Ekonomi Asean adalah kehilangan lulusan sekolah terbaiknya karena diambil negara lain. Potensi suber daya manusia terbaik biasanya diundang untuk bersekolah di perguruan terkemuka  seperti Singapura, Jepang, atau negara lainnya. Mereka menyediakan bea siswa sampai S3, setelah lullus mereka mengabdikan diri untuk negara tempat mereka memperoleh pendidikannya.


Pernyatakan itu, didukung dengan fakta yang diperoleh dar pengalaman menjadi kepala sekolah di salah satu SMA terbaik. Dalam setiap tahun sekolah menerima kunjungan dari beberapa negara, yang paling rajin adalah dari Singapura, utusan dari Jepang selalu ada. Kedatangan mereka untuk menjelaskan tentang perguruan tinggi yang mereka kelola yang dapat menerima lulusan sekolah yang terbaik. Singapura pula lah yang menawarkan bea siswa. Tidak tanggung-tanggung sampai S3.

Sebelum menjadi kepala sekolah, saya juga menjadi guru di sekolah ini. Semula saya bangga jika lulusan sekolah kami ada yang dapat melanjutkan di negeri orang. Apalagi bea siswa. Selama menjadi guru, saya menyaksikan siswa-siswa terbaik di sekolah yang melanjutkan di berbagai universitas di negara lain tidak pernah kembali untuk membaktikan diri bagi Indonesia. Kejadian seperti ini menimpa banyak daerah di Negara kita, anak-anak terbaiknya bersekolah di daerah yang lebih maju dan tidak kembali untuk membangun daerah asalnya. Daerah yang perkembangan ekonominya kurang cepat cenderung ditinggalkan oleh anak-anak mudanya yang terbaik.

Oleh karena itu, pada saat saya menjadi kepala sekolah, menganjurkan lulusan  terbaik untuk memilih perguruan tinggi dalam negeri. Biasanya lulusan terbaik memiliki UI atau pilih ITB. Di antara mereka ternyata ada yang tetap hijrah dari kampusnya karena mendapat bea siswa dari luar. Ujungnya sama, saya mendapat informasi kini mereka berkarir dengan baik di Negara tempat mereka menimba ilmunya.

Kini Indonesia telah masuk dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Beberapa manajer perusahaan terkemuka yang datang dalam diskusi menyambut pembelakuan itu, menyatakan bahwa “Saya …khawatir itu putra-putri terbaik kita malah pergi keluar. Banyak anak-anak kita bekerja di Singapura atau Eropa dan sebagainya dan mereka-mereka itu orang-orang terbaik, orang-orang pilihan. Itu yang harus kita khawatirkan,” ujar Henoch Munandar, Director of Risk Management and Human Resources PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

Mereka tidak begitu menghawatirkan tentang daya saing produk Indonesia karena memang kita tidak punya banyak produk bangsa yang memiliki keunggulan dalam persaingan antarbangsa. Cuma jika produknya kurang berdaya saing dan anak bangsa terbaiknya diambil negera-negara maju, maka tantangan perjuang Indonesia ke depan semakin berat. Karena itu, diperlukan kebijakan Negara untuk tidak mengurangi lulusan sekolah terbaik belajar di Negara lain, namun sebagian dari mereka harus tetap kembali. Artinya Indonesia perlu lebih banyak menyediakan bea siswa bagi anak bangsa yang terbaik agar mereka menjadi sumber daya yang strategis bagi Indonesia di masa depan.

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

1 comments

KISAH NYATA PNS

Bpk Drs Warli, M.Si No Hp
085-313-330-576

4 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 6 Bogor, Sudah 12 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si no HP Beliau: 085-313-330-576 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2015 kemarin saya melakukan komunikasi pembicaraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam