Perangkat Administrasi Pelaksanaan Tugas Pengawas

Pemberlakuan  peraturan  tentang pelaksanaan tugas pengawas semakin memperjelas kriteria wajib  dalam pemenuhan standar operasional  maupun standar administrasi oleh pengawas. Tugas menggerakkan sekolah memenuhi standar ini  berdampak pada meningkatnya jumlah dokumen tugas pengawas.

Hasil analisis terhadap keputusan yang dikeluarkan Dirjen menunjukkan bahwa dalam melaksanakan tugas profesinya pengawas sekolah wajib memenuhi  kriteria minimal berikut:

No Indikator Operasional Kelengkapan Administrasi
1 Melaksanakan pengawasan terhadap 10  sampai dengan 15 sekolah dan membina 40 guru hingga paling banyak 60 guru 1.     Surat Tugas dari Dinas Pendidikan yang dilampiri dengan data sekolah dan jumlah guru.
2.     Data pendidik dan tenaga kependidikan sekolah binaan.
2 Menyusun Program Pengawasan Akademik dan Manajerial 3.     Program Tahunan Pengawasanmeliputi pengawasan akademik dan manajerial, mencakup prioritas pemantauan, pembinaan, dan penilaian (Disusun oleh kelompok pengawas sejenis tingkat kabupaten/kota)
4.     Program Semester Pengawasan, berupa teknik operasional kegiatan individu; meliputi pengawasan akademik dan manajerial yang memuat masalah prioritas  pemantauan, penilaia, dan pembinaan.
3 Melaksanaan supervisi akademik  dalam menerapkan standar  isi, proses, penilaian dan SK 5.     Dokumen hasil pemantauan kinerja sekolah dalam menerapkan standar isi , proses, penilaian, dan SKL yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.
6.     Format isian rekaman kegiatan supervisi akademik yang keabsahannya ditadai dengan tanda tangan kepsek yang disupervisi dan dikuatkan tanda tangan kepala sekolah atau ketua penyelenggara kegiatan (Format ditentukan Dinas Pendidikan)
7.     Bukti fisik pengolahan data dan laporan pemantauan, pembinaan, dan penilaian kinerja  dalam penerapan standar isi, proses, penilaian, dan SKL meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan output.
8.     Lembar hasil refleksi dan rekomendasi tindak lanjut perbaikan mutu berkelanjutan.
4 Melaksanaan supervisi manajerial dalam menerapkan standar  pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, serta pembiayaan 9.     Dokumen hasil pemantauan kinerja sekolah dalam menerapkan standar pengelolaan , pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, serta pembiayaan yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.
10.  Format isian rekaman kegiatan supervisi akademik yang keabsahannya ditandai dengan tanda tangan personal yang disupervisi dan dikuatkan tanda tangan kepala sekolah (Format ditentukan Dinas Pendidikan)
11.  Bukti fisik pengolahan data dan laporan supervisi  dalam penerapan standar pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, serta pembiayaan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan output.
12.  Lembar hasil refleksi dan rekomendasi tindak lanjut perbaikan mutu berkelanjutan.
5 Melaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas manajerial dan akademik. 13.  Format isian bukti pelaksanaan penilaian
14.  Instrumen penilaian
15.  Data hasil penilaian
16.  Lembar analisis dan rekomendasi  tindak lanjut perbaikan mutu berkelanjutan
6 Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan mutu profesi kepala sekolah, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan paling sedikit melaksanakan tiga kali dalam satu semester. 17.  Dokumen  jadwal, tanggal, jam, tema, dan kompetensi yang dikembangkan dalam bentuk workshop, seminar, observasi dan group conference, bimbingan teknis, serta kunjungan sekolah melalui supevisi manajerial
7 Menyusun laporan pelaksanaan program pengawasan 18.  Laporan Tahunan Pengawasan per sekolah yang meliputi seluruh sekolah binaan yang ditekankan pada pemetaan pencapaian tujuan pengawasan.
19.  Laporan Semesteran Pengawasan per sekolah yang meliputi seluruh sekolah binaan yang ditekankan pada pemetaan pencapaian tujuan pengawasan.
8 Menyusun karya tulis laporan hasil penelitian atau perbaikan pelaksanaan tugas 20.  Laporan PTK atau laporan PTS

Terdapat 19 item administrasi  yang menjadi syarat, ditambah item yang terakhir menyusun karya tulis.

Apabila hal tersebut dikerjakan sendiri, maka beban pemehunan administrasi saja tidak ringan, belum lagi menunaikan tugas substansinya. Oleh karena itu, kolaborasi antar pengawas untuk memenuhi seluruh persyaratan minimal administrasi  sangat diperlukan. Kerja sama dapat dikembangkan lebih lanjut untuk melakukan perbaikan mutu berkelanjutan.

Salah satu strategi yang GP tawarkan adalah mengembangkan kolaborasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Untuk memicu perkembangan ke arah itu, GP mulai melampirkan beberapa komponen administrasi yang memungkinkan dapat membantu teman-teman pengawas melihatnya sebagai pembanding. Tujuan utama dari langkah ini adalah mengembangkan kerja sama untuk berbagi beban sehingga diharapkan beban pelaksanaan tugas menjadi lebih ringan.

Berikut ini GP lampirkan beberapa model administrasi yang dapat para pengawas sempurnakan.

Program tahunan:

  • [download id=”2550″]
  • [download id=”2551″]

Model format Rencana Kegiatan Pengawasan Akademik (RKPA) yang dihimpun oleh Drs Hambali, pengawas Kota Bogor, sebagai berikut :

  • [download id=”2554″]
  • [download id=”2555″]

Modol format Rencana Kegiatan Pengawasan Manajerial (RKPM):

  • [download id=”2556″]
  • [download id=”2557″]
  • [download id=”2595″]

Ragam model instrumen penilaian pencapaian kinerja dalam memenuhi standar:

  • [download id=”2559″]
  • [download id=”2513″]
  • [download id=”2261″]
  • [download id=”2516″]
  • [download id=”2538″]
  • [download id=”2545″]
  • [download id=”2258″]
  • [download id=”2559″]
  • [download id=”2251″]
  • [download id=”2408″]
  • [download id=”2400″]
  • [download id=”2286″]
  • [download id=”2539″]

Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) sebagai perangkat Monitoring Sekolah oleh Pemerintah Daerah (MSPD) yang perlu sekolah laksanakan dalam tiap tahun;

  • [download id=”2558″]

Instrumen Akreditasi SMA dan SMP hasil modifikasi Drs. Hambali, pengawas Kota Bogor, sebagai penyempurnaan produk pengolahan Badan Akreditasi Provinsi:

  • [download id=”2552″]
  • [download id=”2553″]

Artikel terkait :

Ikhtisar Pedoman Pelaksanaan Tugas Pengawas

Standar Kepala Sekolah Yang Dominan Tetapi Tidak Mendominasi

Penjaminan Mutu Oleh Pengawas

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

59 comments

Terima kasih sudah berkenan hadir di tempat saya.
Saya adalah salah seorang peserta yang telah menimba ilmu dari Bapak ketika mengikuti pelatihan di P4TK beberapa waktu yang lalu.
Mohon ijin nge-link website Bapak di tempat saya sebagai web rujukan saya.
Salam dari Pengawas Kuningan

Ass. Pak Ahmad, saya mengagumi Bapak. Saya sangat senang jika saya dapat mengimpun banyak hal yang teman-teman manfaatkan setelah sama-sama menjadi pengawas. Ayo Pak kita berkolaborasi melalui dunia maya untuk membantu teman-teman pengawas dan para pendidik agar dapat bekerja lebih baik, sy juga mohon ijin untuk me-link ke web Bapak.

Saya ucapkan banyak makasig atas tulisan bapak,boleh saya bergabung,buat pak Ammad,bravo,salut buat bapak.ncuhi dompu

apa yang menjadi persyaratan untuk mengangkat seorang pengawas, pemerintah daerah harus menjadikan pedoman jangan karena kedekatan keluarga atau tim sukses, ini semua merusak pencapaian mutu pendidikan.

Terima kasih pak Rahmat selaku pengelola gurupembaharu, semoga ide-ide cemerlang bapak selalu muncul dalam gurupembaharu, sehingga kami pengawas di daerah memiliki acuan untuk memajukan pendidikan bangsa yang kita cintai ini. Amin

I carry on listening to the news update talk about getting boundless online grant applications so I have been looking around for the finest site to get one. Could you tell me please, where could i acquire some?

Ass, saya minta izin untuk memengambil bahan tugas saya dari tulisan bapak. saya banyak belajar dari tulisan bapak tentang kepengawasan… maklum Pak, saya baru diangkat jadi pengawas di PLB Prov. Jabar… Waalaikum slm.

Kita sama-sama belajar Bu Yani, terus…seumur hidup, karena tantangan sekitar kita selalu berubah dan berubah, sehingga harus terus belajar dan beradaptasi, terima kasih Ibu berkunjung di GP.

Tks Pak, sangat bagus dan lengkap untuk pedoman dalam melaksanakan tugas, kalau bisa pak tolong dikirin contoh laporan bulanan/tiwulan, saya baru jadi pengawas PAI di Kota Dumai, sekali lagi tks atas bantuannya.

Bentuk laporan kegiatan tidak dibakukan, yang terpenting mengandung unsur bukti fisik kegiatan dan kesimpulan pelaksanaan kegiatan selama satu bulan atau triwulan. Terima kasih atas kunjangan Bapak.

Terima kasih banyak pak, banyak info dan wawasan yang saya dapatkan dari web ini..kalo boleh saya ingin minta format baku laporan supervisi kepala sekolah,,saya butuh sekali.terimakasih

Bu Nely format yang dibutuhkan itu tidak perlu dibakukan. Kemendiknas selalu membuka peluang tiap sekolah mengembangkan daya inovasi. Oleh karena itu selalu yang disajikan dari Jakarta itu model format. Tiap sekolah mendapat peluang mengembangkan format sesuai yang diperlukan untuk mengukur programnya. Silakan pilih yang mana pun yang sesuai dengan kebutuhan sekolah. Salam

Makasih lho…Pak ! saya banyak mendonwloads tulisan bapak dan menjadi inspirasi saya dalam mengembangkan program kepengawasan. Insya Allah akan saya kembangkan sesuai kebutuhan di lapangan terutama di SD.
Semoga tulisan bapak menjadi inspirasi bagi teman-teman pengawas yang lain ……!
Salam sukses selalu…..! buat seluruh pengawas…..

Semoga pengawas dapat menyumbangkan tenaga dan pikiran yang lebih banyak untuk perbaikan mutu pendidikan Indonesia.

Terima kasih atas kesedian Bapak menyediakan perangkat ini sehingga sekali pun kami jauh di ujung Indonesia, namun kami dapat menggunakannya demi kamajuan pendidikan.

tolong info hasil TOT NCT di hotel Jaya raya cipayung bogor pada bulan november 2011,siapa saja yang lulus dari TOT tersebut? trims atas bantuannya, semoga sukses selalu.

terima kasih kepada Bapak, untuk menjadi pengawas Profesional butuh belajar dan belajar dengan adanya web ini saya pribadi terbantu untuk menyelesaikan administrasi kepengawas saya. by pengawas Kab. Labusel. Sumut

terima kasih bpk…..tuk pengawas TK…rasanya sulitttt….byk skali administrasinya….

Untuk Tahun ini saya hanya mendapat 4 sekolah dan 40 guru binaan ……
Kalau saya tabel di atas dan permendiknas 39 th 2009 jelas kurang akan tetapi PEMDA atau menteri pendidikan Kabupaten memaksa mengangkat KS yang jadi guru dan mau menjadi pengawas mata pelajaran IPS SMP, SMA, dan SMK 14 orang mata pelajaran lainnya 8 padahal sekolah negeri swasta hanya 121 sekolah.

Dalam Permenpan sasaran pembinaan dinyatakan satuan pendidikan dan/atau guru jadi bisa hanya menjadi pengawas yang membina guru saja, yang terpenting Ibu bisa melaksanakan tugas supervisi manajerial dan akademik. Pelaksanaan pengawasan manajerial dapat dilakukan di sekolah bukan binaan pun dapat saja dilakukan dan tetap mendapat penghargaan nilai kinerja sepanjang benar dilakukan, ada bukti fisiknya, dan memenuhi kriteria standar. Salam

saya mohon izin untuk mendl saya yakin sngat bermanfaat untuk pelaksanaan tugas pengawas, dan kami mohon bapak berkenan memuat tentang Format DUPAK pengawas yang mengacu pada Permen PAN RB No. 21 tahun 2010 sekalipun Juknis belum terbit

Saya termasuk pengawas baru, Tinggal di Jawa Timur. sudah banyak informasi dan ilmu yang dapat saya unduh dari web Bapak, saya mohon ijin untuk ngelink dengan web Bapak. atas perkennanya terima kasih

Ass, pak Rahmat, saya pengawas baru ingin belajar banyak dari GP dan saya lihat di GP banyak yang dapat saya ambil. terimakasih..

saya sangat bermotimasi dalam materi di atas karena saya masiswa stkip jurusan pergruan maka saya mengucapkan banyak terimaksihhh

TERIMAKSIH GP TELAH MEMBERIKAN INFORMASI TENTANG PENGAWAS SEMOGA BP TERUS DAPAT BERKARYA DEMI PENINGKATAN MUTU DAN KEMAJUAN PENDIDIKAN (KASI KURIKULUM GARUT)

Jazakumullahu Khairo, saya bisa bergabung dengan link yang bapak suguhkan kami terima kasih kami dapat mengambil manfatnya dan ijinkan kami mengcopy.

makasih pak…. saya termasuk pengawas baru…mendapat wawasan dan pengalaman dalam kegiatan tugas pengawas dan pelaporannya… makasih pak….sudah membantu, atasnya saya sampaikan terima kasih. Tuhan memberkati…

saya terkagum kagum dengan bapak… dan banyak menimba ilmu… ada asa untuk bisa menimba ilmu langsung melalui diklat atau workshop.

Terima kasih sumbang sarannya untuk memperbaiki kinerja kepengawasan yang profesional sehingga berdampak kepada binaan…. untuk memotivasi kinerja kepala sekolah dan tenaga pendidik lannya … semoga sukses….

Saya mau berkomunikasi dengan Bapak, saya ingin mengadakan penelitian tentang pemantauan SNP (supervisi manajerial), boleh kirimkan alamat dan No.HP.

mohon bimbingan untuk menjadi pengawas muda.
karna mulai tanggal 1 November 2015 ini sy mulai tugas sebagai pengawas PAI, untuk meningkatkan prfesionalismean sy sbgi pengawas dang pengembangan pengetahuan sy tentang kemengawasan yg sy dapat dari diklat calon pengawas tentu tdk cukup. olh karna itu sy mohon bingbinggan bapak. sbb sy pernah di ajar bapak ketika diklat kepala di Hotel Kinasih Bogor. terima kasih.