Istilah Kurikulum Nasional

Belakangan muncul istilah kurikulum nasional. Apakah kurikulum nasional? Kurikulum nasional adalah kurikulum standar yang berlaku secara nasional. Kurikulum yang disusun atas inisiatif pemerintah provinsi atau kabupaten kota disebut kurikulum lokal. Kurikulum yang dikembangkan dari kurikulum nasional dan lokal pada tiap satuan pendidikan disebut KTSP atau kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Sekolah dapat juga memperkaya kurikulum nasional maupun kurikulum lokal dengan keunggulan khas satuan pendikdikan. Keunggulan khas itu dapat berupa memperdalam kurnas atau kurlok sehingga memiliki karakterikstik keunggulan khas, boleh juga sekolah menambah muatan khas satuan pendidikan, tetapi tidak boleh mengurangi kurnas maupun kurlok sehingga KTSP dapat lebih kaya atau lebih mendalam daripada Kurnas.

Apakah kurikulum 2013? Istilah yang standar yaitu Kurikulum 2013 bukan kurikulum tahun 2013 (nama tidak pakai tahun). Kurikulum 2013 meliputi Kurnas, Kurlok, dan KTSP. Dengan demikian istilah Kurnas tidak dimaksudkan sebagai pengganti sebutan Kurikulum 2013 mencakup kurikulum nasional, kurikulum lokal, dan kurikulum tingkat satuan pendidikan.

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

1 comments