Informasi Yang Diperlukan Dalam Penumbuhan PribadiYang Cerdas dan

Informasi yang paling pendidikan perlukan pada saat ini adalah yang dapat menunjang bertumbuhnya kompetensi peningkatan pengetahuan, menerapkan pengetahuan, dan mengembangkan hidupnya lebih etis dan estetis

Pertama ilmu pengetahuan yang sering kita kaitkan dengan teori dan pengetahuan tentang teknlologi informasi dan komunikasi. Pada pengetahuan kita bagi ke dalam dua dimensi yaitu pengetahuan yang khusus menjadi bidangnya dan pengetahuan lintas disiplin yang kita butuhkan. Semua bangsa berlomba untuk menguasai pengetahuan yang terus diperbaharui. Pengetahuan baru menjadi sumber daya kritis yang mendukung perkembangan industri dan ekonominya

Yang kedua penerapan pengetahuan yang didukung dengan kemampuan berpikir metakognisi sehingga menunjang proses kreatif dan inovatif, berpikir kritis, pemecahan masalah, hingga keterampilan berkolaborasi,dan berkomunikasi. Pada dimensi ini ada dua faktor penentu yaitu terampil berpikir dan terampil menerapakan pengetahuan ke dalam aktivitas hidup yang produktif, kreatif, dan inovatif. Mengagumkan ada sebagian kecil bangsa yang mengerahkan segenap dayanya untuk menghasilkan produk yang diperbaharui secara inovatif sehingga selalu menjadi bangsa yang terdepan di bidang industri.

Ketiga adalah pengetahuan tentang nilai yang didukung dengan keterampilan menerapkan dalam kehidupan. Setiap orang memerlukan olah pikir dan olah hati sampai di olah raga seperti bagaimana seseorang tersenyum, menundukkan badan tanda hormat terhadap seseorang, mengolah tangan dalam bersalaman sehingga kehangatannya meresap di hati orang yang diajak berkomunikasi. Pada komponen ini ditumbuhkan keterampilan mengendalikan emosi, memahami kultur sehingga direfleksikan pada tindakan hidup yang selalu seperti yang seharusnya menurut budaya setempat.

Ketiga ranah itu memerlukan iinformasi pendukung, memerlukan pengalaman yang terjewantahkan dalam contoh, memerlukan media, memerlukan dukungan pemancaran, sehingga suasana lingkungan menjadi kondusif untuk bertumbuhnya potensi generasi muda dalam mengembangkan dirinya. Dalam hal ketiga ini kita memperoleh contoh Jepang, membangun etika dan estetika rakyatnya menajadi sumber daya ekonomi potensial.

Semoga media kita ini turut membangun suasana peradaban bangsa sebagai lingkungan yang kondusif untuk lahan hidup setiap orang mengembangkan pendidikan diri yang mandiri sehingga menjadi lebih baik melalui belajar yang tiada henti.

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments