TOPIK UTAMA »

October 5, 2014 – 10:09 pm | 742

Dalam proses pergeseran dari kurikulum 2006 ke pelaksanaan kerikulum 2013 kepala sekolah memegang peran yang sangat penting. Kepala sekolah dapat menentukan bidang perubahan yang perlu segera perlu penanganan.  Dalam menjalankan peran pimpinan perubahan kepala sekolah …

Read the full story »
BERITA
PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN
DAYA INSANI
SUPERVISI
Home » SEKOLAH, TOPIK UTAMA

Tantangan Strategis Pendidikan Indonesia Tahun 2013

Submitted by on December 13, 2012 – 5:32 amNo Comment | 507

Persoalan lanjut tidaknya program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional yang sekarang masih menjadi bahan kajian Mahkamah Konstitusi terus menjadi pertanyaan yang mengambang. Sebagai kebijakan pendidikan nasional yang diwujudkan dalam program bisa jadi  tidak dilanjutkan. Namun jika dilihat dari kepentingan substantif pendidikan, seluruh negara mendambakan penyelenggaraan pendidikannya berhasil mewujudkan mutu lulusannya mampu mensejajarkan diri dengan generasi muda bangsa mana pun.

Dilihat dari kepentingan dalam perspektif persaingan antar bangsa yang semakin menegaskan pentingnya pendidikan sebagai salah satu pilar penunjang, maka kebutuhan untuk meningkatkan mutu tidak dapat dielakan. Oleh karena itu yang Indonesia perlukan tentu bukan hanya pendidikan yang memenuhi kecukupan minimal asal tamat 12 tahun, namun kita juga memerlukan sumber daya potensial yang terdidik dengan baik agar menjadi aset bangsa yang berharga di masa depan. Tentu berdasarkan asumsi bahwa daya inovasi bangsa ini tidak lahir dari individu yang mendapat pendidikan sekadarnya.

Dalam kaitan dengan pengembangan modal dasar persaingan penyelenggaraan pendidikan yang lebih bermutu pasti tidak dapat ditawar-tawar lagi. Jadi program RSBI berlanjut atau tidak itu bukan persoalan subtantif, yang esensial adalah yang terkandung di dalamnya, amanat untuk meningkatkan keterapilan terbaik generasi muda agar dapat bersaing kompetitif dalam konteks global.

Karena alasan itu pula, pada prinsipnya setiap satuan pendidikan  di Indonesia  perlu lebih siap dalam menghadapi era pembaharuan pendidikan tahun 2013. Program strategis yang tidak kalah penting sudah diambang pintu. Peningkatan mutu guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah melalui  uji kompetensi, penilaian kinerja, dan pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan langkah besar yang tidak dapat begitu saja kita lewatkan untuk menjadi program seremonial pembaharuan yang hanya kuat di atas kertas.

Perbaikan kurikulum juga menjadi agenda penting yang akan memerlukan banyak sumber daya.  Sistem perncanaan pembembelajaran akan kembali teroyak dengan pembaharuan yang harus dirumuskan ulang. Sekali pun kita mengerti bahwa kurikulum sebagai salah satu komponen input dalam sistem standar pendidikan memegang perang penting dalam peningkatan mutu, namun keunggulannya memerlukan proses pembelajaran yang baik dengan dukungan pendidik yang profesional.

Syarat ketercapaian target profesional adalah sangat ditentukan dengan kemampuan guru untuk mempelajari hal baru sehingga berkembang menjadi kepemilikan pribadi  yang dikembangkan dalam pengetahuan, keterampilan menerapkannya, dan penyikapan yang positif untuk bersusah payah menerapkannya dengan baik. Proses ini tentu tidak semudah membalikan tangan. Pengalaman menerapkan KTSP di sekolah, diakui oleh berbagai pihak yang berkepentingan seperti pengawas maupun kepala sekolah, belum optimal, Kemandirian guru delam merancang dan penerapkan konsep masih terbatas, realitas yang  ada KTSP di sebagian besar seklah baru sampai upaya copy paste.

Berkaca dari pengalaman itu, maka menyikapi tantang strategis pendidikan Indonesia tahuan 2013  adalah meningkatkan komitemen yang lebih kuat dalam menerapkan pemenuhan standar dan penjaminan mutu pemenuhan standar yang perlu menjadi perhatian khusus adalah meningkatkan kompetensi pendik dan tenaga kependidikan  dalam menetapkan target, mengimplementasikan program, melakukan monitoring perkembangan proses dan pencapaian hasil  belajar. Untuk itu diperlukan kesungguhan lebih. Dan, idealnya seluruh perkembangan terbaik itu ada pada sekolah yang sekarang menjadi penyelenggara program RSBI.

Ditulis sebagai bahan renunang untuk kegiatan pelatihan para kepala sekolah RSBI Provinsi Sumatra Barat, tanggal 13-14 Desember 2012 di Padang.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


Facebook Comments