Syarat Penerimaan Siswa Baru SBI

Permendiknas Nomor 78 tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah pada Pasal 16 mengatur mengenai ketentuan penerimaan siswa baru SBI pada sekolah dilaksanakan berdasarkan persyaratan sebagai berikut :

SD

  1. Akte kelahiran;
  2. Tes kecerdasan di atas rata-rata Tes Intelegensi Kolektif Indonesia(TIKI) dan/atau tes potensi akademik;
  3. Tes minat dan bakat;
  4. Surat keterangan sehat dari dokter;
  5. Kesediaan membayar pungutan untuk menutupi kekurangan biaya diatas standar pembiayaan pendidikan kecuali bagi peserta didik dari orang tua yang tidak mampu secara ekonomi.

SMP

  1. Nilai rata-rata rapor SD Kelas IV sampai Kelas VI minimal 7,5;
  2. Nilai rata-rata ijazah SD minimal 7,5;
  3. Tes kecerdasan di atas rata-rata Tes Intelegensi Kolektif Indonesia(TIKI) dan/atau tes potensi akademik;
  4. Tes minat dan bakat;
  5. Surat keterangan sehat dari dokter; dan
  6. Kesediaan membayar pungutan untuk menutupi kekurangan biaya di atas standar pembiayaan pendidikan kecuali bagi peserta didik dari orang tua yang tidak mampu secara ekonomi.

SMA/SMK

  1. Nilai rata-rata rapor SMP Kelas VII sampai Kelas IX minimal 7,5;
  2. Nilai rata-rata ijazah SMP minimal 7,5;
  3. Tes kecerdasan di atas rata-rata Tes Intelegensi Kolektif Indonesia (TIKI) dan/atau tes potensi akademik;
  4. Tes minat dan bakat;
  5. Tes bahasa Inggris;
  6. Tes kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  7. Surat keterangan sehat dari dokter; dan
  8. Kesediaan membayar pungutan untuk menutupi kekurangan biaya di atas standar pembiayaan pendidikan kecuali bagi peserta didik dari orang tua yang tidak mampu secara ekonomi.

Karena kewenangan pengelolaan penerimaan siswa baru ada pada Pemerintah Daerah, maka ketentuan tersebut menjadi salah satu bahan pertimbangan pemerintah daerah dalam menetapkan pedoman.

Bagikan artikel ini:

22 thoughts on “Syarat Penerimaan Siswa Baru SBI

  1. made

    Putri kami akan menempuh pendidikan sma thn 2010 ini dan berminat utk sekolah di sma SBI. Yg dimaksud dgn Test intelegensi Kolektif Indonesia dan kemampuan teknologi informasi dan Komunikasi itu apa ya? terimakasih.

  2. admin

    Pak Made, test intelegensi kolektif Indonesia adalah tes psikologis untuk mengungkap aspek kognitif calon siswa. Di antara produk hasil tes itu adalah ukuran kecerdasan atau kreativitas calon siswa. Bisa jadi di situ juga terdapat tes kepribadian untuk mengukur tingkat kesiapan pribadi siswa dalam menghadapi berbagai kesulitan belajar. Kedua hal itu sekolah butuhkan untuk menentukan mutu calon siswa. Mengenai teks kemampuan bidang teknologi informasi dan komunikasi yang pasti berkaitan dengan kemampuan dasar siswa menggunakan computer sebagai alat bantu belajar maupun sebagai sumber belajar. Salam.

  3. Tafa

    saya murid smp berminat cari sma sbi,apakah cuma itu syaratnya?
    dan saya minta tlng diberi tahu prosedur2’nya.
    terimakasih.

  4. admin Post author

    Syarat yang dipublikasikan di GP adalah persyaratan berdasarkan standar nasional. Tiap daerah mengadaptasi persyaratan itu sesuai dengan kondisi tiap daerah dan tiap sekolah. Oleh karena itu, untuk mendaftar ke SMA rsbi, anda perlu memperoleh keterangan terlebih dahulu dari sekolah yang akan anda pilih. Prosedurnya segera minta informasi karena kemungkinan besar pendaftaran sudah dimulai, atau mungkin sudah tertinggal.

  5. Rahim

    Saya baca syarat yang dipublikasi di GP adalah persyaratan berdasarkan standar nasional. tiap daerah mengadaptasi persyaratan sesuai kondisi daerah dan sekolah. Apa yang dimaksud dengan mengadaptasi sesuai kondisi tiap daerah dan tiap sekolah ?Terima kasih

  6. admin Post author

    Contohnya, standar nasional nilai siswa yang dapat diterima pada program RSBI adalah 7,5. Dalam realisasinya tidak seluruh sekolah menetapkan batas minimal seperti itu. Dengan alasan tidak cukup murid jika ditetapkan nilai minimal 7,5 maka beberapa daerah menetapkan batas minimal kurang dari itu.

  7. asih

    pendaftaran pengambilan formulir untuk rsbi SMA disurabaya dimulai kapan dan berapa nilai rata2nya? terimakasih.

  8. re2

    mo tanya ki,,,,
    kurikulum buat SBI dah da pedomannya ta? blh minta buat mapel MIPA di SMA?

  9. satwika karma

    mengenai tes TIKI, siapa penemuy, tujuannya, dasar teori dari tes, cara mengerjakannya, mannual test y. . .mohon dijawabnya. .

  10. ima

    hasil tes IQ anak saya IQ=123 CQ=106 TC=124 dari hasil angka2 itu tolong penafsirannya n tes itu dilakukan untuk siswa masuk kelas akselerasi tolong comentarnya untuk kelas akselerasi

  11. admin Post author

    Menurut skala kecerdasan Wechsler Score IQ 123 termasuk dalam superior intelligence atau kecerdasan tinggi, lebih tinggi daripada rata-rata orang pada umumnya. Anak Ibu bisa mengikuti belajar di kelompok akselerasi dengan syarat yang lain anak memiliki minat dan kesiapan untuk mengikuti program itu. Selamat

  12. ima

    tax lagi pak,, kalau CQ dan TC itu apa dan berapa range atau interval nillai masing2 sehingga masuk atau tidak kategori superior atau tingkatan lainx ?

  13. admin Post author

    Yang dimaksud CQ adalah Creative Quotient, makin tinggi nilai CQ makin tinggi kemampuan seseorang untuk berpikir abstrak, misalnya, 0 — 56 = Realist, 57 — 67 = Builder, 68 — 100 = Dreamer. Nilai di atas 100 menurut sebagian ahli menyatakan berkorelasi dengan nilai IQ. TC adalah Tes untuk mengelompokan kepribadian seperti humoris, memiliki bakat kepemimpinan dll. Semua hasil makin tinggi makin baik. Secara empirik hal itu terlihat dalam prilaku hidupnya, namun sekali lagi potensi itu adalah yang Allah berikan, optimalisasinya ada pada usaha keras manusianya. Salam

  14. admin Post author

    Setiap sekolah RSBI saat ini telah mulai promosi dan menyebarluaskan teknik pendaftaran. Silakan datang ke sekolah yang diinginkan dan mintalah informasi. Salam

  15. Hengky R

    Saya mau masuk sma kolese de brito yogyakarta, syarat tes nya gimana ya?
    misalnya saya tes mtematika tdk mampu tetapi tes akademik yg lainnya bisa.
    Bisa diterima nggak ya ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Top