TOPIK UTAMA »

August 16, 2014 – 5:47 am | 219

Terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi dalam perumusan perencanaan pembelajaran pada pelaksanaan  kurikulum 2013. Pertama merancang kompetensi yang seimbang antara sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang hendak diwujudkan. Kejelasan kompetensi akan sangat membantu dalam merancang materi …

Read the full story »
BERITA
PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN
DAYA INSANI
SUPERVISI
Home » INOVASI

Sulit Menulis Karya Ilmiah?

Submitted by on February 11, 2009 – 1:55 am5 Comments | 793

Menyusun karya tulis ilmiah (KTI) hingga sekarang  masih menjadi salah satu tatangan dalam melaksanakan tugas profesi. Meningkatnya manajemen saintifik dalam pendidikan makin menempatkan penulisan karya ilmiah sebagai aktivitas yang tak terelakan. Meningkatnya kebutuhan menyempurnakan tugas dengan lebih memahami keunggulan dan kelemahan atas dasar teori  menjadi bagian penting untuk mencapai pembenaran empirik .Data menjadi bahan utama pengambilan keputusan. Kepiawaian  tidak pernah berkemabang tapa latihan dan pengulangan. Oleh karena itu pembiasaan adalah jalan keluar terbaik.

Kita ikuti  saran Mochtar Lubis, jika Anda ingin belajar menulis, maka menulislah. Permasalahan kita sebenarnya terletak pada enggan mengubah kebiasaan, membangun  keyakinan dan kemauan untuk mencoba berulang-ulang. Kita dapat belajar dari Sebagai  pembiasaan menggunakan bahasa lisan kepada siswa, karena berulang-ulang tiap hari, maka hal ini tidak menjadi masalah. Keterampilan itu tidak datang dengan sendirinya, melainkan karena proses pembiasaan dan penyempurnaan yang bertahap. Jadi, masalah menyusun tulisan itu bukan hanya pandai dan tidak pandai, melainkan seberapa banyak membiasakan diri dilakukan.

Satu lagi yang dapat menyemangati kita dalam menulis, yaitu pernyataan Prof. Suhardjono bahwa dalam menulis KTI itu jangan dulu membayangkan dulu yang sulit-sulit seperti hendak menyusun tesis atau disertasi. Jangan sampai hal tersebut membuat kita tidak jadi memulai menulis KTI.

Tantangan yang sesungguhnya adalah bagaimana mulai menyimpan data mengenai apa yang terjadi dalam pelaksanaan tugas, berpikir sistematis, mencatat gejala-gejala yang menarik perhatian. Kemudian menyusun catatan itu sebagai bahan perbaikan tindakan dalam kelas atau dalam mengelola sekolah. Yang pasti kita harus terbiasa memperhatikan apa kata teori dan apa yang sebenarnya terjadi. Selanjutnya membandingkan kedua kondisi tersebut dan mencari solusi agar ada keselarasan antara apa yang terjadi dengan teori. Tapi perlu diingat bahwa malapetaka dalam ilmu dapat terjadi jika teori yang baik diuji dengan data yang buruk. Ini akan menghasilkan kesimpulan yang salah. Jadi, kumpulkanlah data yang objektif dan bermutu.

Berikut ini ada beberapa materi seputar KTI yang berasal dari buah pikiran Prof. Suhardjono :

[Download not found]

[Download not found]

Kami menyadari bahwa banyak layanan melalui web sangat menggembirakan , misalnya pada http://www.ktiguru.org/, namun demikian melalui menu ini kami juga menyajikan pula materi KTI untuk tujuan yang sama, lebih banyak forum yang dapat kita manfaatkan bisa jadi lebih baik.

Referensi :

Pengembangan Profesi Guru dan Karya Tulis Ilmiah. www.lpmpjogja.diknas.go.id/kti%20pengembangan%20profesi%20guru.pdf.

Tanya Jawab Seputar KTI. www.ktiguru.org/mod/resource/view.php?id=10

5 Comments »

  • MUH. YUSUF says:

    Tidak semua orang suka menulis, tapi bukan berarti semua orang tidak bisa menulis. alasannya kita dianugrahi ALLAH SWT tangan. menjadi menarik bila menulis ilmiah(karya ilmiah) saya pernah mendengar seorang penyampai ajaran ALLAH SWT mengupas tuntas AL-QURAN , betapa terkejutnya saya ternyata sistematika ilmu yang selalu berbau barat ternayata bersumber dari kitab maha suci ini.
    Jadi saya yakin masyarakat indonesia terutam pendidik mampu membuat karya tulis, yang menjadi kendala sebenarnya dikalangan pendidik adalah kesempatan untuk menulis sudah berkurang karena dibebani banyak problem pendidikan dilingkungan mengajarnya, ambil contoh: kepala sekolah yg tidak memiliki inovasi dan kreativitas (kompetensi kewirausahaan) sangat kurang , dinas pendidikan kurang menggalakan lomba kTI/AR, tekanan kejar tayang materi dll.
    saya yakin kedepan kemampuan bangsa besar ini akan tumbuh ,seperti keluarnya benua ATLATIS dari dalam lautkita. amin

  • bulky diary you corner

  • This blog appears to recieve a good ammount of visitors. How do you advertise it? It offers a nice individual twist on things. I guess having something real or substantial to say is the most important thing.

  • I agree with your points , fantastic post.

  • Meningkatnya manajemen saintifik dalam pendidikan makin menempatkan penulisan karya ilmiah sebagai aktivitas yang tak terelakan. Meningkatnya kebutuhan menyempurnakan tugas dengan lebih memahami keunggulan dan kelemahan atas dasar teori menjadi bagian penting untuk mencapai pembenaran empirik . Kepiawaian tidak pernah berkemabang tapa latihan dan pengulangan. Oleh karena itu pembiasaan adalah jalan keluar terbaik. Jangan sampai hal tersebut membuat kita tidak jadi memulai menulis KTI. Kemudian menyusun catatan itu sebagai bahan perbaikan tindakan dalam kelas atau dalam mengelola sekolah. Yang pasti kita harus terbiasa memperhatikan apa kata teori dan apa yang sebenarnya terjadi. Selanjutnya membandingkan kedua kondisi tersebut dan mencari solusi agar ada keselarasan antara apa yang terjadi dengan teori. Tapi perlu diingat bahwa malapetaka dalam ilmu dapat terjadi jika teori yang baik diuji dengan data yang buruk. Ini akan menghasilkan kesimpulan yang salah. alasannya kita dianugrahi ALLAH SWT tangan. I guess having something real or substantial to say is the most important thing.Some sort of GoToMeeting free trial type is actually readily accessible on many sites- pretty much download and install the technology, optimize your internet and personal computer options simply that small amount that your program calls for then float through continuous interactive video plus data spreading lessons with co-workers as well as consumers together. Bear in mind, absolutely nothing prevents people from implementing GoToMeeting to connect with friends and relations and you can use it to reconnect the space which probably separates you from your personal family and friends. You’re likely to learn this gotomeeting trial free is a highly effective, easy to use system that will successfully support most of your fundamental meeting as well as computer data sharing preferences.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


Facebook Comments