TOPIK UTAMA »

October 28, 2014 – 12:51 am | 307

Proses penilaian prestasi kerja guru maupun kepala sekolah seharusnya sudah  dimulai pada bulan Januari  bersamaan dengan menetapkan SKP. Pelaksanaan penilaian kuantitas, kualitas, waktu dan biaya seharusnya tuntas pada bulan Desember 2014. Namun demikian, kita dapat …

Read the full story »
BERITA
PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN
DAYA INSANI
SUPERVISI
Home » SEKOLAH

SMAN 1 Banjar Meningkatkan Standar Mutu: Dinamis, Penuh Percaya Diri

Submitted by on June 27, 2009 – 11:36 am7 Comments | 843

Banjar (27/6/2009) SMA Negeri 1 Banjar, Provinsi Jawa Barat terletak di ujung timur berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah. Kota ini belum lama menjadi kota yang mandiri sebagai pengembangan dari Kabupaten Ciamis. Salah satu penyebab kota ini menjadi sangat strategis karena berada pada jalur lintas Jawa bagian selatan serta menjadi tempat transit yang penting menuju kota wisata Pangandaran. Masyarakat Banjar yang religius dan Kota yang semakin tertata asri dan semakin terkenal karena efektivitas kinerja pemerintahnya menjadi konteks berkembangnya sekolah ini.

Dalam bimtek kali ini penulis mengatur kegiatan bersamaan dengan jadwal pembagian rapot dan jatuh pada hari Sabtu sehingga berbagai pihak yang diharapkan datang berhalangan hadir. Para petinggi jajaran pemerintahan berada di luar kota. Namun demikian dari kalangan pendidikan telah terwakili sehingga komitmen yang hendak dikembangkan untuk meningkatkan mutu dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dari pihak pemerintah juga hadir dari BKD.

Profil Sekolah

siswi-banjarPenampilan fisik sekolah telah menunjukkan kultur mutu yang sangat baik. Tingkat kebersihan sekolah ini melebihi beberapa sekolah rintisan bertaraf internasional di Jawa Barat pada umumnya. Dibandingkan dengna sekolah pendahulunya dalam penampilan sekolah telah menunjukkan berbagai kelebihan. Kebersihan sekolah telah terpelihara dengan baik, pohon juga telah tumbuh merindang dan siap menjadi sekolah yang memiliki udara yang bersih karena didukung banyak pohon. Ketersediaan air juga melimpah, bahkan  sekolah ini mengembangkan kedekatan siswa pada ciptaan Allah yang lain, yaitu dekat dengan ikan. Ini menjadi simbol yang amat strategis karena kesempurnaan hidup siswa terwujud jika mereka dapat memelihara hubungan baik dengan tanah, air, udara, hewan, dan manusia itu sendiri. Sekolah ini dikembangkan dengan dasar filosofis yang dalam.

banjar-2Aktivitas siswa terlihat  beragam. Aktivitas kesenian, olah raga, juga kegiatan keorganisasian OSIS sempat penulis dapatkan dalam konteks yang sebenarnya. Ruang diskusi OSIS tertata apik. Aktivitasnya mandiri. Saat itu OSIS sedang berdiskusi dipimpin oleh ketuanya, seorang siswi. Latiha kesenian sedang bersiap memulai,  Menurut keterangan kepala sekolah pada Sabtu ini juga ditandatangani piagam kerja sama dengan salah satu lembaga konsultan ISO. Dalam MOU disepakati 10 jenis penjaminan mutu yang akan dilaksanakan bersama.

Dalam wawancara dengan pengurus OSIS didapat keterangan bahwa mereka sangat berharap agar sekolah dapat memfasilitasi mereka untuk berkolaborasi  pada interaksi dengan siswa lain bertaraf internasional. Mereka menyatakan ketertarikannya untuk mengembangkan kerjasama  dengan sekolah-sekolah lain di dunia. Ketika mereka ditawari untuk mengembangkan kerja sama dalam masyarakat OPEC. mereka sangat antusias menyatakan ketertarikannya. Tanggal 30 Juni ini sekolah ini akan bertemu dengan sekolah lainnya di Jawa Barat dalam rangka meningkatkan kerja sama antar siswa antar benua. Semoga sukses.pramuka-banjar-11

Ketika mereka mendapat pertanyaan apakah mereka mengetahui soal ujian seperti apa yang mereka perlukan untuk masuk perguruan tinggi terkemuka seperti untuk masuk UI, ITB, UNPAD, UGM, mereka menjelaskan bahwa hal itu belum diketahuinya. Ini merupakan gambaran tantang lain yang dihadapi sekolah ini dalam rangka mensejajarkan mutu sekolah dengan sekolah-sekolah lain yang terkemuka.

Sosialisasi

100_3552Pembukaan kegiatan sosialisasi diawali dengan sambutan kepala sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Kota diwakili oleh Kepala Bidang Dikmen. Dalam  pengarahannya kabid menegaskan pentingnya sekolah meningkatkan  daya saing pada taraf internasional. Hal ini harus ditunjukkan dengan daya saing lulusan bertaraf internasional. Kompetensi lain yang harus dimilikinya adalah kemampuan berbahas Inggris. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena sekolah harus meningkatkan keberanian dan membiasakan menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Ia contohkan masyarakat Pandaran, tanpa pendidikan formal yang tinggi, namun karena mereka berani menggunakan bahasa dalam aktivitas sehari-hari, banyak di antara mereka yang dapat menggunakan bahasa Inggris sebagai guide.

Hal lain yang ditegaskannya dalam pengembangan mutu sekolah memerlukan komitmen yang kuat. Jika kita memilih menjadi guru pada sekolah bertaraf internasional maka sepenuhnya kita secara utuh berada pada akses itu. Tidak punya pilihan kecuali meningkatkan mutu diri untuk memenuhi kriteria yang diharapkan. Oleh karena itu belajar lebih banyak menjadi bagian dari konsekuensi sebagai warga sekolah.

Dalam pengarahannya tidak terungkap apa yang menjadi komitmen Dinas Pendidikan untuk mendukung penyelenggaraan program rintisan ini.

Bimbingan Teknis Pengelolaan Mutu dan Penjaminan Mutu

Sikap antusias guru terhadap materi peningkatan mutu dan penjaminan mutu demikian kuatnya. Yang menjadi perhatian seluruh peserta saat membicarakan mutu lulusan seperti apa yang warga sekolah harapkan dan bagaimana proses untuk mewujudkannya.

Memperhatikan keterangan para pendidik lebih dari 70% lulusan melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun baru mencapai 30% yang dapat melanjutkan ke perguruan tinggi terkemuka. Bahkan pada tahun lalu baru mengatarkan 4 siswa saja yang masuk ITB.

Dalam diskusi yang hangat terungkap bahwa sekolah akan berkonsentrasi  membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi UN, namun sekolah belum mempersiapkan siswa secara optimal menghadapi seleksi masuk PTN. Kisi-kisi silabus dan RPP belum mempertimbangkan tingkat kesulitan materi maupun soal yang diarahkan pada persiapan masuk perguruan tinggi. Bahkan hanya sedikit saja perhatian yang telah tercurah pada materi soal seperti apa yang perlu sekolah latihkan agar siswa dapat diterima di ITB, UI, IPB, UGM. Guru pada umumnya kurang memperhatikan persiapan siswa agar dapat mempermudah siswa meraih sukses dapat diterima di perguruan tinggi terkemuka.

Menurut guru-guru, perangkat kurikulum sekolah yang selama ini sekolah telah kembangkan baik itu silabus maupun rencana pelaksanaan pembelajaran belum dikembangkan atas kepentingan siswa sukses UN, sukses meraih perguruan tinggi terkemuka, sukses meraih prestasi dalam lomba internasional, dan sukses meraih kehidupan di masyarakat. Pengembangan perencanaan pembelajaran baru sampai pada memenuhi materi yang seharusnya menurut panduan penyusunan kurikulum, sementara mempertimbangkan kebutuhan pengembangan potensi siswa menjadi tantangan baru. Guru-guru harus duduk bersama mengidentifikasi struktur rencana pembelajaran seperti apa yang siswa butuhkan. Bagaimana menyusun perencanaannya dan bagaimana pula menyajikannya dalam tiga tahun pelajaran.

Guru-guru dalam diskusi kali ini SMAN 1 Banjar masih memerlukan grand disain atau kisi-kisi untuk mengembangkan perencanaan belajar agar memenuhi harapan siswa yang dapat memuaskan masyarakat untuk kemajuan masyarakat Banjar di tengah ketatnya persaingan hidup.

Tantangan untuk meningkatan mutu pelayanan belajar kepada siswa masih menjadi topik yang menarik untuk dibahas lebih lanjut. Standarnya sedang dirumuskan. Kita tunggu bagaimana hasil akhirnya.


Tags: ,

7 Comments »

  • ruswanto says:

    Kondisi real seperti itulah yang baru kami laksanakanm, sebab masih banyak sekali komponen yang perlu kami siapkan lagi dalam rangka menuju sekolah SBI pada tahun 2010. Pada prinsipnya kami mencoba melayani masyarakat dibidang pendidikan seoptimal mungkin sesuai dengan standar 10 komponen penjaminan mutu. Sehingga masyarakat merasa puas ketika menyekolahkan anak-anaknya di sekolah kami. Terima kasih Pak Dr Rahmat yang sudah memberikan support kepada kami. Insya Alloh kami akan menjalankan amanah program sesuai apa yang sudah ditulis dalam AlQuran. Sebab pada prinsipnya SBI bukan cuma amanat Undang-undang, tetapi sebenarnya adalah amanat yang suduah tertulis dalam AlQuran.

  • Memang inilah sekolah kami, SMAN 1 Kota Banjar yang ditunjuk sebagai salah satu sekolah RSMA BI di Indonesia. Sekolah kami sedang menggeliat untuk terus berubah menjadi salah satu sekolah yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas, lulusan yang bisa berkompetisi dengan sekolah-sekolah setara bukan saja di dalam negeri tetapi bahkan mampu bersaing di arena global. Memang sulit sekali untuk berubah, ada banyak hambatan yang menghadang baik dari internal lembaga ataupun dari external yaitu dari masyarakat dan yang lainnya.
    Beberapa upaya sedang terus dilakukan untuk memperkecil resistensi dari dalam ataupun dari luar. Salah satu upaya itu diantaranya adalah sosialisasi terus-menerus yang dilakukan sekolah
    mengenai apa mitu RSBI. Dengan upaya itu beberapa hambatan sudah nampak mulai mencair. Para guru sebagai ujung tombak keberhasilan program ini sudah mulai menampakkan kepercayaan dan kompetensi dirinya, terutama setelah mengikuti BINTEK RSBI dengan konsultan dan nara sumbar DR Rahmat dari Dirjen Pembinaan SMA. Kami merasakan banyak menambah wawasan dan motivasi untuk kami jadikan kekuatan baru dalam upaya merealisasikan target- target yang sudah disepakati. Terima kasih Bapak DR Rahmat yang telah memberi kami bukan saja pengetahuan baru, tetapi yang juga lebih penting adalah energi untuk berubah. Kami sangat berkesan dengan BINTEK yang Bapak berikan. Terima kasih

  • Assalamaulikum wr.wb. Terus Semangat membangun Pendidikan, Terima Kasih SMAN 1 Banjar dan para guru-guru serta semua elemen sekolah yang saya kasihi dan cintai, wasalam wrw.b.

  • Kunjungi Kami di:
    http://banjarcyberschool.blogspot.com/2008/12/bics-banjar-international-cyber-school.html

    Karya Almuni SBI angkatan Pertama, atas budi baik bapak ibu guru yang kami hormati, semoga bermanfaat , mohon maaf apabila ada kekurangan.

  • purwanto says:

    Banjarsari, Juni 2010
    Kepada Yth
    Kepala Sekolah
    Intansi Terkait
    Di
    Tempat

    Hal : Surat Perkenalan
    Lampiran : 1 bendel Proposal

    Dengan Hormat,
    Bersama ini kami AMANAH KOMPUTER SYSTEM memperkenalkan diri, kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang komputer, IT dan maintenance. Dan sebagai Agen Alat Ncomputing System.
    Ncomputing system adalah sebuah alat bertecnologi tinggi yang dirancang khusus sehingga mampu membuat sebuah komputer standar di pakai bersama-sama oleh pemakai dalam jumlah tertentu. Yang berfungsi untuk mempermudah pengoperasian sistim komputer pada laboratorium Komputer di sekolah. Dan mampu mengurangi pembiayaan pada pengadaan komputer, upgrade, pemakaian listrik dan maintenance.
    Dengan ini kami menawarkan sistim Ncomputing untuk di pergunakan pada laboratorium Komputer di sekolah Bapak/Ibu. Dengan perincian harga terlampir. Demikian surat perkenalan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
    Hormat Kami,

    Hadi Ruslan Jani
    Reseler

    Kemampuan dalam pengoprasian Komputer saat ini sangat diperlukan oleh semua lapisan masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pasar bebas. Di Indonesia, kemampuan siswa dalam mengoperasikan komputer adalah suatu kebutuhan yang sangat penting, sehingga Komputer dijadikan Mata Pelajaran Pokok untuk meningkatakn kualitas pendidikan siswa. Tidak hanya itu, dalam dunia kerjapun, kemampuan dalam mengoprasikan Komputer adalah salah satu syarat untuk bisa menembus perusahaan – perusahaan bonafit yang ada di Indonesia.
    Dalam era komputerisasi saat ini yang telah mencakup berbagai sisi kehidupan manusia, sangatlah wajar apabila sekolah mempersiapkan siswanya untuk dapat menguasai dan mengoperasikan komputer.

    Sejalan dengan latar belakang tersebut di atas, ternyata masih banyak permasalahan – permasalahan yang di hadapi oleh pihak sekolah. Hal ini di tunjukkan oleh realita yang ada, diantaranya :
    1. Biaya pengadaan laboratorium yang relatif mahal.
    2. Perawatan atau maintenance yang mahal.
    3. Biaya Oprasional ( Service & Energi Listrik yang mahal )

    NComputing Virtual Dekstop
    Ncomputing adalah solusi tepat untuk permasalahan pengadaan laboratorium komputer yang meliputi pada pengurangan biaya perawatan, listrik, upgrade komputer dan penggunaannya yang lebih lama. Dibandingkan laboratorium komputer dengan 1 komputer per-siswa yang harus diganti atau di upgrade setelah 3 s/d 5 tahun.
    Ncomputing Virtual Desktop memungkinkan sebuah computer standar (terdiri dari CPU, Monitor, Keyboard, Mouse) di pakai bersama-sama dan membuat komputasi menjadi sederhana dan terjangkau. Anda akan menghemat pengeluaran dengan hanya membayar sebuah computer untuk banyak pemakai. Para pemakai akan merasakan seperti mempunyai computer sendiri ketika mereka menjalankan aplikasi bersama-sama seperti browsing, email, aplikasi office (Ms. Word, excel, powerpoint dll) dan multimedia (music, video dan game standart). Setiap pemakai (client) hanya membutuhkan monitor, keyboard, dan mouse tanpa CPU, namun mereka memiliki aplikasi dan data file sendiri-sendiri, sehingga mereka akan merasa seperti menggunakan computer yang berbeda satu dengan yang lain.

    - Memungkinkan sebuah computer (yang selanjutnya disebut Server) dengan efesien hingga 120 pemakai untuk seri X550.
    - Menekan biaya pemeliharaan dengan sangat drastis.
    - Mudah dipasang, dipelihara dan aman.
    - Support aplikasi standar termasuk multimedia dan video full-screen.
    - Di dukung resolusi standard an widwscreen (hingga 1280×1024 atau 1440×900).
    - Praktis dan handal.
    - Bentuk yang kecil dan hemat tempat.
    - Hemat energy (1 watt/pemakai) dan tidak panas.
    - Didukung dengan teknologi software terbaru vSpace.
    - Cocok untuk sekolah, lab computer, jaringan networking akses umum, pabrik, perkantoran/usaha, call center, pemerintahan, warnet, rumah sakit, dll.
    - Dapat digunakan pada system operasi Windows atau linux.
    Demikian Proposal ini kami buat, sebagai bahan pertimbangan guna membantu kami dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Besar harapan kami agar program ini dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan Kualitas Pendidikan bagi para Siswa.
    hub: purwanto telp: (0265)656089

  • DADANG KUSNENDAR says:

    Hello SMAN 1 Banjar. SAYA BANGGA SEKALI DAN TAK BISA DIUNGKAPKAN DENGAN KATA-KATA. BUAT SEMUA GURU SMAN1 BANJAR TREIMAKASH, SEKARANG SAYA MELANJUTKAN PERJUANGAN BAPAK DAN IBU GURU, SAYA SEORANG GURU BAHSA INGGRIS DI KAB.BOGOR.(SMPN2 SUKARAJA)
    TERIMAKASIH SAYA ANGKATAN 1987 WALI KELAS BPK IWA KARTIWA )

  • I’d be inclined to come to terms with you on this. Which is not something I usually do! I enjoy reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


Facebook Comments