TOPIK UTAMA »

August 16, 2014 – 5:47 am | 686

Terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi dalam perumusan perencanaan pembelajaran pada pelaksanaan ¬†kurikulum 2013. Pertama merancang kompetensi yang seimbang antara sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang hendak diwujudkan. Kejelasan kompetensi akan sangat membantu dalam merancang materi …

Read the full story »
BERITA
PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN
DAYA INSANI
SUPERVISI
Home » PENGELOLAAN, Uncategorized

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan

Submitted by on December 1, 2011 – 2:45 amOne Comment | 1,057

Sistem penjaminan mutu pendidikan merpakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari sistem peningkatan mutu. Aplikasi standar dalam sistem pendidikan mencakup dua kegiatan besar. Pertama peningakatan mutu yang dilandasi target mutu yang sekolah harapkan. Kedua, mengukur mutu pencapaian kinerja untuk mengetahui tingkat pemenuhan standar berdasarkan target program yang sekolah tetapkan.

Pada saat ini sedang berlangsung pelatihan kepala madrasah RA, MI, dan MTs se-Provinsi sebagai realisasi kegiatan Kementrian Agama RI.  Salah satu materi yang menjadi bahan pembahasan adalah sistem penjaminan mutu pendidikan (SPMP).

Pemberian materi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pada kepala madrasah dalam hal berikut ini.

Kepala madrasah dapat:

  1. Menyebutkan definisi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.
  2. Mendeskripsikan tujuan pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan.
  3. Merumuskan argumen tentang pentingnya sistem penjaminan mutu pendidikan perlu dilaksanakan.
  4. Menyusun profil target mutu yang telah satuan pendidikan tetapkan.
  5. Memilih instrumen yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian target satuan pendidikan.
  6. Menggunakan instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) sebagai salah satu intrumen pengukuran
  7. Mengolah data hasil evaluasi diri sekolah.
  8. Menggunakan hasil EDS sebagai dasar perbaikan mutu berkelanjutan.

Pelaksanaan pembelajaran menggunakan waktu selama 6 jam pelaajaran, masing-masing pelajaran dilaksanakan selama 45 menit.

Permasalah yang mengemuka pada diskusi pembelajaran, sebagian besar kapala sekolah belum menetapkan indikator dan target mutu satuan pendidikannya. Pada standar kompetensi lulusan, misalnya, para kepala sekolah ketika ditanya tentang target mutu lulusan yang dicita-citakannya, seluruhnya mengemukakannya. Ketika ditanya, apakah cita-cita itu telah ia tuliskan sehingga menjadi acuan kerja satuan pendidikan, seluruhnya menyatakan belum.

Menurut informasi yang diperoleh dalam beberapa kelas, sebanyak 160 peserta menyatakan bahwa belum ditatapkannya target program tidak hanya dalam standar kompetensi lulusan, namun juga pada stanar yang lainnya.

Tentu saja pengakuan itu masih perlu divalidasi. Bisa terjadi sebagian besar satuan pendidikan telah menuangkan target dalam program tahunan atau dalam dokumen KTSP. Namun demikian, dari dari pengakuan para kepala madrasah dapat diasumsikan bahwa target pencapaian program belum menjadi acuan kegiatan sehari-hari.

Dalam pelatihan ini kepala madrasah bekerja sama untuk mendeskripsikan  target yang sekekolah harapkan dalam pemenuhan delapan standar terutama untuk mencapai target mutu luluan yang diharapkannya. Target yang telah ada dalam pikiran seluruh kepala sekolah kemudian diukur pencapainnya.

Dalam pelatihan ini terungkap pula bahwa para kepala madrasah belum melaksakan pengukuran mutu secara berkala dan sistematis sehingga semua peserta mengharapkan bahwa latihan penjaminan mutu ini perlu diulang-ulang sampai keterampilan ini dapat para kepala madrasah kuasai dan bermanfaat untuk pelaksanaan penjaminan mutu pada tiap satuan pendidikan.

Bahan pelatihan:

Published on: Dec 1, 2011

One Comment »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


Facebook Comments