Home » Profil GP

Profil GP

Tentang Guru Pembaharu

Informasi adalah energi penggerak ilmu pengetahuan. Digali dari pertanyaan. Perkembangannya digerakan proses belajar. Kecepatan pertumbuhannya didorong dengan teknologi. Perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi mempercepat arus informasi, aktualitasnya semakin pendek. Pada masa eksponensial seperti ini dunia pendidikan memerlukan saluran  informasi untuk meningkatkan standar nasional agar menghasilkan mutu yang lebih kompetitif.

Visi web ini berusaha menyediakan informasi yang inspiratif. Guru Pembaharu memiliki misi (1) mengelola informasi lebih inovatif (2) bekerja sama dalam kebajikan (3) berkompetisi untuk yang terbaik (4) menguasai ilmu demi keterampilan terbaik (5) berpikir untuk kemajuan bersama. Fokus utama pembahasan web ini adalah sistem pengelolaan mutu pada tingkat pendidikan menengah, khususnya pengelolaan satuan pendidikan SMP dan SMA.

Harapan utamanya adalah peningkatan standar mutu pengelolaan dan pembelajaran demi pendidikan yang lebih baik. Web ini diharapka dapat mewadahi dialog dalam  mengembangkan dialog berbasis ICT , pelayanan jasa pelatihan, penjaminan mutu, dan disain kebijakan. Guru Pembaharu juga memberikan pelayanan konsultasi dalam pengembangan karya ilmiah terutama dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas atau tindakan sekolah.

Dalam kerangan itu, pengelola berusaha untuk memenuhi kebutuhan informasi tentang berbagai tantangan yang bertumpu pada aplikasi teknis untuk menjawab tantangan berikut :

* Untuk meraih tujuan seperti apa?
* Bagaimana standarnya?
* Bagaimana kita memulainya?
* Bagaimana merencanakannya?
* Bagaimana melaksanakannya?
* Bagaimana kita mengevaluasinya?

Upaya meningkatkan standar nasional pendidikan yang saat ini sedang dilaksanakan memerlukan banyak informasi tentang bagaimana implementasi standar pendidikan itu dapat diterapkan secara praktis. Secara empirik menunjukan bahwa kebutuhan informasi yang praktis ini belum terpenuhi. Sekolah, kepala sekolah, guru, pengawas masih memerlukan banyak informasi tentang bagaimana standar itu diterapkan. Web Gurupembaharu secara berkesinambungan akan terus memberikan informasi dan pelayanan pendidikan yang bermanfaat. Pada pendidik yang budiman, yang hendak mengungkap pikiran melalui web ini silakan berkirim informasi melalui info@gurupembaharu.com

Pengelola

www.gurupembaharu.com dikelola oleh  Dr. H.  Rahmat M.Pd.  email rahmat_bgr@yahoo.com. Media ini merupakan bagian dari  harapannya agar dapat memberi arti hidup dengan turut serta pada proses  percepatan pembaharuan pendidikan Indonesia.

Web ini dikembangkan sebagai  pondasi bagi terbentuknya portal pendidikan sehingga pada saatnya dapat berfungsi untuk membangun kebersamaan serta menjadi media interaktif segenap pendidik,  serta menjadi  forum komunikasi dan kolaborasi  terutama untuk menjawab permasalahan dalam pengelolaan sekolah.

Keseriusan dan keihlasan dalam proses memperjuangkan pendidikan yang lebih baik tanpa henti menjadi obsesi keras untuk mewujudkan keunggulan komparatif bangsa, syukur jika kita dapat melaksanakannya secara bertahap sehingga  mencapai  keunggulan yang dapat menjadi modal dasar  strategis untuk bekal dalam kerja sama dalam skala yang luas.

Inspirasi ini tumbuh dari kesadaran bahwa betapa besar potensi pendidik yang masih terpendam dalam laci meja kerjanya. Menyimpan satu paragraf catatan di internet bisa jauh akan lebih bermanfaat. Jika ada yang masih kurang pas, kita  akan memperbaikinya kemudian. Bekerja sama dalam kebajikan sekalipun belum menghasilkan karya unggul masih lebih baik dari pada kita banyak bicara namun tak menyimpan apa-apa.

Pengelola adalah pengawas SMA yang pernah membantu Direktorat Pemb. MA Departemen Pendidikan Nasional khususnya pada program Rintisan SMA Bertaraf Internasional, berperan pula dalam pembinaan SD pada Direktorat Pembina SD, serta berbagai kegiatan lain dalam rangka meningkatkan sistem penjaminan mutu pendidikan pada Kemendiknas.

Sebelumnya, berpengalaman mengajar. Sejak tahun 1997 menjadi guru di SDN Ambarayah Pagerageung Tasikmalaya. Menyelesaikan tugas  selama 4 tahun sambil melanjutkan pendidikan di IKIP Bandung. Menjadi guru di SMA Negeri 1 Bogor selama 9 tahun dari tahun 1981 s.d. 1990. Mengemban tugas sebagai kepala sekolah selama sembilan tahun di SMA Kosgoro tahun 1988 s.d 1997, kemudian beralih tugas sebagai   Kepala SMA Negeri I Kota Bogor  dari 1997 s.d 2002.

Perjalanan mengelola unit sekolah  berakhir saat itu. Pengalaman beralih menduduki jabatan Kepala Bidang Dikmenum Dinas Pendidikan selama dua tahun dan Kepala Bidang Telematika Dinas Informasi Kota Bogor dua tahun, pula. Peralihan dari pengelola satpel ke kabel. Pada tahun 2004 beralih kembali ke pendidikan penjadi pengawas.

Pengembang menyelesaikan pendidikannya di SDN Tanjungkerta Kab Tasikmalaya, (1970) SMPN Pagerageung Kab Tasikmalaya (1973), SPG Pasundan di Bandung, (1976) dan pendidikan D3 Jurusan Bahasa Indonesia (1980) S1 Jurusan Bahasa Indonesia (1986), S2 Jurusan Administrasi Pendidikan (2002) dan menyelesaikan S3 Jurusan Administrasi Pendidikan konsentrasi pada Perencanaan Kebijakan Pendidikan (2007) di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung yang sebelumnya dikenal dengan nama IKIP Bandung.

Salam

Kontak

info@gurupembaharu.com