TOPIK UTAMA »

October 5, 2014 – 10:09 pm | 697

Dalam proses pergeseran dari kurikulum 2006 ke pelaksanaan kerikulum 2013 kepala sekolah memegang peran yang sangat penting. Kepala sekolah dapat menentukan bidang perubahan yang perlu segera perlu penanganan.  Dalam menjalankan peran pimpinan perubahan kepala sekolah …

Read the full story »
BERITA
PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN
DAYA INSANI
SUPERVISI
Home » INOVASI

Pembatasan Masalah Penelitian

Submitted by on March 20, 2009 – 5:07 am3 Comments | 20,128

Konsep

Dalam penyusunan karya tulis pembatasan sangat penting agar masalah yang diteliti tidak terlalu luas. Membatasi masalah memiliki implikasi pada  penyempitan teori dan variabel yang akan diteliti. Pembatasan masalah juga sangat membantu peneliti dalam merumuskan instrumen penelitian.

Dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas merumuskan masalah dan    dan membatasi masalah menjadi bagian yang  menentukan keberhasilan penelitian. Karena penelitian tindakan kelas merupakan bagian dari usaha melaksanakan perbaikan pelaksanaan tugas, maka masalah bersumber dari  pelaksanaan tugas sehari-hari.

Masalah dapat pula bersumber dari pernyataan ketidakpuasan siswa, hasil belajar siswa tidak mencapai target yang diharapkan, unculnya kondisi yang tidak diharapkan sehingga tidak mendukung terselenggaranya proses pembelajaran yang kondusif dan ideal.

Masalah juga dapat ditelusuri pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Hasil belajar siswa siswa, kesulitan guru dalam mengembangkan motivasi siswa, keterbatasan sarana, strategi yang tidak dapat meningkatkan proses pembelajaran yang aktif, maupun suasana belajar.

Agar penelitian mengarah pada inti masalah yang sesungguhnya maka peneliti perlu membatasi masalah dengan memperhatikan hal yang paling bermanfaat  jika diteliti.Supaya pilihan masalah didasari dengan pertimbangan yang matang maka sebaiknya memilih topik yang sesuai dengan bidang pekerjaan dan latar belakang pendidikan serta kompetensi yang dimiliki.

Faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah ruang lingkup penelitian supaya tidak terlalu luas sehingga mudah dilakukan. Masalah dapat dipecahkan sendiei, tersedia sumber teori  atau peraturan yang mendasarinya. Hal penting lain untuk dipertimbangkan adalah  hasil penelitian berpotensi untuk memperbaiki pelaksanaan pekerjaan, data-data dapat diperoleh dari pelaksanaan tugas, penelitian dapat dilakukan secara mandiri sesuai dengan waktu dan biaya yang tersedia.

Kriteria

Ada beberapa kriteria yang harus ada dalam pembatasan masalah, Anda dapat menggunakan  rubrik pengukuran di bawah ini:

No Kriteria Pembatasan Masalah Kesesuaian Dengan Kriteria Skor
Ya Tidak

1

Masalah terkait dengan perbaikan pelaksanaan tugas

2

Pembatasan jumlah variabel terkait pada alternatif solusi

3

Membatasi indikator yang paling berpotensi dalam memecahkan masalah

4

Membatasi populasi sebagai objek penelitian

5

Membatasi tempat pelaksanaan penelitian

6

Membatasi sample penelitian

7

Membatasi waktu pelaksanaan penelitian

8

Membatasi biaya  penelitian
9 Membatasi ruang lingkup aktivitas penelitian yang dapat dilakukan secara mandiri
10 Tersedia sumber teori atau peraturan yang melandasi penelitian
Jumlah

Contoh

Buatlah pembatasan masalah dari judul di bawah ini.

Judul :

Pelaksanaan Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Wawasan Kebangsaan pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2007/2008

Pembatasan masalah :

Suatu penelitian agar tidak terjadi kesalahpahaman yang terlalu jauh haruslahditentukan pembatasan masalah penelitian. Adapun pembatasan masalah dalam penelitian ini antara lain:

1. Objek Penelitian

Yang menjadi objek penelitian ini adalah pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2007/2008.

2. Subjek Penelitian

Yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2007/2008.

Lembar Latihan

Cobalah analisis kesesuaian pembatasan masalah penelitian di atas dengan menggunakan rubrik pengukuran ! Kesimpulan apa yang saudara peroleh dari analisis yang telah saudara lakukan ?

……………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………….

Cobalah buat pembatasan masalah untuk karya tulis ilmiah yang akan saudara susun !

Judul Penelitian :

……………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………….

Pembatasan Masalah Penelitian

……………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………….

Referensi

http://www.public.asu.edu/~kroel/www500/The%20Research%20Problem.pdf

http://etd.eprints.ums.ac.id/742/1/A220040024.pdf

http://peni.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/10795/Pendefinisian+&+Perumusan+Masalah.pdf

http://deden06sttg.files.wordpress.com/2008/11/bab-pendahuluan.ppt

3 Comments »

  • I’d have to bury the hatchet with you one this subject. Which is not something I typically do! I really like reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!

  • Marian says:

    I always wished to be able to write on my web page a little something like that. I almost always don’t write-up comments in blogs however your blog site made me to, tremendous work.… Best wishes, Marian.

  • Dyastuti says:

    Thank you so much for the information. May God bless you…..

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


Facebook Comments