Model Pertanyaan Eksploratif Untuk Menggali Informasi Bahan EDS

Penggunaan model instrumen Evaluasi  Diri Sekolah (EDS) dengan menggunakan model instrumen kualitatif relatif baru dalam sistem penjaminan mutu di Indonesia. Penggunaan instrumen ini secara luas di berbagai jenjang pendidikan secara nyata telah menjadi tantangan para penyelenggara evaluasi terutama untuk para pengawas.

Banyak kendala yang muncul dalam pelaksanaan EDS  dan sebagian pengawas perlu berjuang untuk mengantisipasi kendala di sekolah agar instrumen dapat digunakan dengan benar dan dapat memandu sekolah secara efektif. Kendala terbanyak adalah dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis model kualitatif yang tidak matematis.

Penggunaan model evaluasi kinerja akreditasi yang tinggal centang dan menghitung jumlah yang sesuai telah dikenal luas dan dipandang lebih mudah daripada EDS yang perlu mikir. Namun perlu kita ketahui bahwa model instrumen EDS inilah yang sekarang cenderung  menjadi alat evaluasi di berbagai negara. Hal ini diperlukan untuk melengkapi data yang selama ini kita hanya menghitung-hitung persetase masalah yang belum terwujud sehingga kurang bermakna.

Dalam sistem pengelolaan informasi dibutuhkan keterampilan divergen yang berkaitan dengan masalah yang sering bertentangan satu dengan yang lain. Contohnya masalah dalam mengkatkankan kompetensi pendidik memerlukan pelatihan, Semakin banyak pelatihan semakin  mengurangi waktu guru mengajar. Antara peningkatan mutu pendidik dan peningkatan mutu belajar siswa sering bertentangan.

Di Jawa Barat, untuk memudahkan pengawas bekerja sama dengan sekolah telah dibuat model pengolahan instrumen EDS berbasis analisis digital dengan program microsoft office acces. Sistem pengolahan telah mempercepat pengelompokan data. Ini tentu saja merupakan langkah yang sangat baik dan sangat membantu.  Namun demikian, ada beberapa masalah  yang tidak seluruhnya diselesaikan dengan komputer. Ada sebagian pengawas yang masih perlu latihan  menggunakan software EDS. Di samping itu, beberapa komputer yang digunakan kompatibel dengan program, di antaranya  dukungan windows 7 atau vista.

Untuk memberikan alternatif melaksanakan sistem investigasi data atau mengeksplorasi data bahan penilaian dalam rangka EDS dan dalam rangka membantu sekolah yang tidak memiliki komputer yang cukup memadai, GP menyusun model pengolahan sederhana dengan menggunakan excel. Metode ini sekaligus untuk membantu evaluator untuk lebih mendalami data yang lebih esensial sehingga dapat mendalami pemahaman dan pengetahuan tentang proses pengelolaan sekolah yang bagaimana yang dibutuhkan pada saat ini.

Pada kesempatan ini baru dapat kami sajikan model untuk EDS standar isi, silakan download

Salam.

Published on: Oct 28, 2011

Bagikan artikel ini:

4 thoughts on “Model Pertanyaan Eksploratif Untuk Menggali Informasi Bahan EDS

  1. admin Post author

    Gp akan mencoba meng-upload program yang dirancang oleh LPMP, tunggu Ibu, kalau bisa kami beritahu.Salam

  2. Rofiq

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam kenal, semoga ini menjadi jembatan silaturrahmi tuk komunikasi berkelanjutan, saya peserta Diklat Kamad Se-Banten di KINASIH Caringin, saya ijin download ya pak, terima kasih.,..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Top