TOPIK UTAMA »

April 7, 2014 – 8:40 pm | 238

Salah satu kewajiban sekolah dalam merumuskan dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2013, seperti pada KTSP 2006, adalah merumuskan visi-misi-dan-tujuan.  Mengapa  kewajiban merumusan tujuan sekolah begitu penting?
Sejak dulu,  seluruh warga sekolah bahwa merumuskan tujuan lembaga …

Read the full story »
BERITA
PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN
DAYA INSANI
SUPERVISI
Home » PEMBELAJARAN

Model Membaca Cepat: Skimming dan Scanning

Submitted by on January 30, 2010 – 7:51 am3 Comments | 16,305

Membaca adalah jendela  dunia. Masyarakatnya sekarang sedang dilanda gelombang  informasi yang sangat deras sehingga secara personal tiap orang perlu memiliki filter memisahkan mana informasi yang bermanfaat dan mana yang sebaliknya. Karena itu, sekolah memiliki tanggungn jawab untuk meningkatkan kecerdasan warganya melalui peningkatan budaya baca yang handal.

Mengantisipasi perubahan itu diperlukan minat membaca, kecepatan membaca dan kemampuan menarik kesimpulan atas gagasan yang ingin disampaikan penulisnya. Agar dapat lebih jauh menggunakan ilmu pengetahuan dari bacaan untuk meningkatkan kemaslahatan hidupnya.

Topik utama yang akan dikupas disini adalah bagaimana guru mempersiapkan siswa agar mampu membaca dan memahami secara cepat materi bacaan/teks/literatur.

Sebuah web (www.tc.umn.edu) mengisahkan pengalaman seorang mahasiswa baru di bangku perkuliahan yang mengalami hambatan dalam memahami materi perkuliahan. Ini sebagai dampak dari  begitu banyaknya literatur yang perlu ia baca setiap hari. Semakin hari kecepatan membacanya semakin berkurang karena berusaha memahami maksud dari setiap kata yang dibacanya.

Saat itu ia sama sekali tidak mengetahui teknik membaca cepat. Dari 20 halaman per jam menurun menjadi 2-4 halaman per jam. Sampai akhirnya ia benar-benar menghadapi masalah yang lebih besar lagi,  huruf dan tanda baca terasa bergerak ke sana ke mari, menari-nari di atas halaman bacaan. Akhirnya ia mengikuti kursus membaca cepat yang disarankan temannya.

Hasilnya, ia kembali dapat membaca cepat dan memahami materi secara komprehensif. Teknik membaca cepat benar-benar membantunya menyerap dan mengingat informasi secara cepat, menghemat waktu berjam-jam setiap minggu, membantu lebih cepat mempersiapkan dan mereview materi untuk ujian, dan akhirnya meraih IPK yang lebih tinggi.

Kecepatan membaca juga dipengaruhi oleh jenis dan ukuran huruf yang digunakan. Hal ini merujuk pada hasil penelitian Dwi Ratna Kurniawati dalam makalahnya yang memaparkan data sebagaimana dijelaskan dalam tabel berikut.

Tabel 1. Kecepatan Membaca Siswa SD*) dan Tingkat Pemahaman Materi Berdasarkan Jenis dan Ukuran Huruf yang Digunakan

Variabel Kecepatan Membaca

(kpm)

Tingkat Pemahaman

(%)

Jenis Huruf Times New Roman 162 50
Tahoma 127 56.2
Futura Hv Bt 170 66.8
Ukuran Huruf 10 pt 147 53.2
14 pt 160 64.4
18 pt 136 63.2

*) sampel terdiri dari 33 siswa SDN Candirenggo 04 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

Penelitian lain dilakukan terhadap siswa kelas VII SMP Kristen 1 BPK PENABUR. Hasilnya yang dimuat di Jurnal Pendidikan Penabur – No.06/Th.V/Juni 2006 menunjukkan bahwa 46 siswa dari 60 responden menunjukkan kecepatan membaca kata diatas 201 kata per menit. Namun, dari segi pemahaman isi bacaan hanya 15 responden yang pemahaman bacaannya di atas 70%, 45 responden lainnya kurang dari 60%.

Sebagai perbandingan, data di web mindbluff.com menunjukkan rata-rata kecepatan membaca normal secara skimming adalah 200-250 kata per menit (kpm). Wikipedia menyatakan bahwa kecepatan membaca orang dewasa di Amerika adalah 250-300 kpm (R.W. Bailey dan L.M. Bailey, 1999). Kecepatan tersebut juga dipengaruhi oleh media bacaannya, sekitar 200 kpm di media kertas dan 180 kpm di monitor komputer.

Kondisi di atas menunjukkan perlu adanya usaha dari para guru untuk melatih siswa membaca cepat disertai pemahaman terhadap materi bacaan. Teknik membaca cepat yang dapat digunakan di antaranya adalah dengan skimming dan scanning.

Skimming dan scanning adalah teknik membaca cepat yang sangat bermanfaat bagi orang-orang yang dihadapkan pada banyak literatur sementara hanya ada sedikit waktu untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Sering terjadi kerancuan dalam membedakan antara skimming dan scanning. Keduanya merupakan teknik membaca cepat, hanya saja berbeda tujuan penggunaan.

Komponen Skimming Scanning

Pengertian

Skimming digunakan untuk mendapatkan gagasan utama dari sebuah teks. Untuk mengetahui apakah suatu artikel sesuai dengan apa yang kita cari. Untuk menilai artikel tersebut, apakah menarik untuk dibaca lebih lanjut secara mendetail. Kecepatan membaca secara skimming biasanya sekitar 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa. Scanning digunakan untuk mendapatkan informasi spesifik dari sebuah teks. Biasanya, ini dilakukan jika Anda telah mengetahui dengan pasti apa yang Anda cari sehingga berkonsentrasi mencari jawaban yang spesifik.

Scanning berkaitan dengan menggerakan mata secara cepat keseluruh bagian halaman tertentu untuk mencari kata dan frasa tertentu.

Contoh

skimming untuk mendapatkan gagasan utama dari sebuah halaman buku teks sehingga dapat memutuskan apakah buku tersebut berguna dan perlu dibaca lebih pelan dan mendetail. scanning untuk menemukan nomer tertentu di direktori telepon, kata di kamus.

Strategi

Langkah-langkah skimming :

  1. Baca judul, sub judul dan subheading untuk mencari tahu apa yang dibicarakan teks tersebut.
  2. Perhatikan ilustrasi (gambar atau foto) agar Anda mendapatkan informasi lebih jauh tentang topik tersebut.
  3. Baca awal dan akhir kalimat setiap paragraph
  4. Jangan membaca kata per kata. Biarkan mata Anda melakukan skimming kulit luar sebuah teks. Carilah kata kunci atau keyword-nya
  5. Lanjutkan dengan berpikir mengenai arti teks tersebut
Langkah-langkah scanning :

  1. Perhatikan penggunaan urutan seperti ‘angka’, ‘huruf’, ‘langkah’, ‘pertama’, ‘kedua’, atau ‘selanjutnya’.
  2. Carilah kata yang dicetak tebal, miring atau yang dicetak berbeda dengan teks lainnya.
  3. Terkadang penulis menempatkan kata kunci di batas paragraf

Dalam prakteknya, skimming dan scanning seringkali digabung. Setelah melakukan skimming selanjutnya pembaca memutuskan teks tersebut menarik, lalu dilanjutkan dengan scanning lokasi informasi yang spesifik. Bisa juga sebaliknya, melakukan scanning ketika pertama kali menemukan sumber untuk menentukan apakah teks tersebut akan menjawab pertanyaan Anda dan selanjutnya melakukan skimming mencari pesan yang ingin disampaikan penulis atau gagasan utamanya.

Jadi selain berusaha meningkatkan minat baca, maka guru juga harus mulai mensosialisasikan dan membiasakan siswanya untuk berlatih membaca cepat, baik itu skimming maupun scanning. Semua perlu dilakukan secara bertahap. Latihan sejak dini saat masih dibangku sekolah akan sangat membantu siswa ketika masuk dunia perkuliahan. Bukan hanya siswa yang bisa memanfaatkan teknik skimming dan scanning, tetapi juga guru dan semua orang yang membutuhkan bacaan sebagai sumber informasi dalam hidupnya.

Sekarang, daya bangkit tiap sekolah ditentukan oleh kemampuan siswanya membaca. Untuk meningkatkan itu, mari berlatih dahulu. Perhatikan model dalam  artikel yang berbahasa Inggris. Lalu carilah model yang sepadan dalam bahasa Indonesia. Selamat mencoba dan membandingkan dengan mengklik link berikut :

Artikel terkait :

Belajar Efektif Itu Efisien

Referensi :

Bailey, R.W. and Bailey, L.M. (1999), Reading speeds using RSVP, User Interface Update – 1999.

How Fast Do You Read? http://mindbluff.com/askread.htm

Keke T. Aritonang. 2006. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Cepat. Jurnal Pendidikan Penabur – No.06/Th.V/Juni 2006. http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.20-27%20Meningkatkan%20Kemampuan%20Membaca.pdf

Kurniawati, Dwi Ratna. 2009. Pengaruh Ukuran Margin, Jenis, dan Ukuran Huruf terhadap Pemahaman dan Kecepatan Membaca Siswa SD. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia – Fakultas Sastra UM, 2009. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-indonesia/article/view/1586

Previewing, Skimming, & Speed Reading http://www.tc.umn.edu/~jewel001/CollegeWriting/READSPEAKTHINK/READ/HowToRead.htm#Speed

Scanning Exercise. http://web2.uvcs.uvic.ca/elc/studyzone/570/pulp/hemp2.htm

Skillwise factsheet : What is Skimming ? http://www.bbc.co.uk/skillswise/words/reading/techniques/skimming/factsheet1.shtml

Skimming and Scanning. http://www.42explore.com/skim.htm

Skimming Quiz. http://www.bbc.co.uk/apps/ifl/skillswise/mod_quizzes/words/reading/techniques/skimming/2/quizengine

Teknik Membaca Cepat. http://www.e-dukasi.net/pengpop/pp_full.php?ppid=255&fname=hal2.htm

Words per minute. http://en.wikipedia.org/wiki/Words_per_minute

Ziefle, M. (1998), Effects of display resolution on visual performance, Human Factors, 40(4), 555–568.

Tags: , , , , , ,

3 Comments »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


Facebook Comments