TOPIK UTAMA »

October 28, 2014 – 12:51 am | 2,713

Proses penilaian prestasi kerja guru maupun kepala sekolah seharusnya sudah  dimulai pada bulan Januari  bersamaan dengan menetapkan SKP. Pelaksanaan penilaian kuantitas, kualitas, waktu dan biaya seharusnya tuntas pada bulan Desember 2014. Namun demikian, kita dapat …

Read the full story »
BERITA
PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN
DAYA INSANI
SUPERVISI
Home » SUPERVISI, TOPIK UTAMA

Program dan Laporan Pengawasan Akademik Kurikulum 2013

Submitted by on September 4, 2013 – 10:27 pm5 Comments | 9,896

Pada kegiatan awal penerapan kurikulum 2013  sekolah senyatanya sangat memerlukan pendampingan dari para pengawas. Kebutuhan utama adalah menjawab tantangan dalam  mengarahkan pendidikan mengelola pembelajaran saintifik dan penilaian otentik. Dari pengalaman melaksanakan pemantauan dan pendampingan sekolah terhimpun persoalan menarik yang perlu mendapat perhatian. Di antaranya sekolah belum cukup effektif mengarahkan pendidik  dalam merumuskan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Pemantauan berlandaskan komponen minimal yang harus guru penuhi dalam merumuskan RPP  sesuai dengan Permendikbud 65 tahun 2013 tentang Standar Proses memuat unsur berikut:

  1. Identitas sekolah atau nama satuan pendidikan
  2. Mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/semester;
  4. Materi pokok;
  5. Alokasi waktu sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar;
  6. Tujuan pembelajaran menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. metode pembelajaran untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang akan dicapai;
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. penilaian hasil pembelajaran.

Ada pun prinsip-prinsip  yang perlu guru penuhi dalam merumuskannya  ialah

  1. Memperhatiakan perbedaan individual peserta didik yang meliputi  kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.  Pada rasional pengembangan kurikulum 2013 dinyatakan bahwa pembelajaran perlu menunjang terwujudnya kecakapan berpikir level tinggi.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk  mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasisecara terintegrasi.
  9. Sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Di samping  itu , pemantauan pemenuhan RPP pada pelaksanaan tugas  pengawasan kali ini difokuskan pada beberapa masalah  utama  di bawah ini:

  1. Bagaimana guru-guru mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan struktur yang memenuhi standar?
  2. Bagaimana guru-guru mengembangkan kompetensi  yang meliputi tiga ranah secara seimbang?
  3. Bagaimana guru-guru mengembangkan indikator hasil belajar agar memenuhi kriteria high order thinking skill atau keterampilan berpikir tinggi.
  4. Bagaimana guru-guru mengembangkan  isntrumen  dan melaksanakan penilaian otentik yang mengukur pencapaian indikator hasil belajar.
  5. Bagaimana guru-guru mengembangkan rancangan kegiatan pembelajaran  dengan pendekatan saintifik dan memilih menerapkan model metode inkuiri, pemecahan masalah, dan proyek.

Dari kelima unsur yang dipantau dapat dihimpun informasi sebagai berikut:

Pertama, sikap keberterimaan guru-guru sangat tinggi. Pada sekolah sasaran terpantau motivasi guru-guru  untuk memenuhi perangkat  pembelajaran yang sangat kuat. Mereka berusaha keras  memenuhi komponen rencana pembelajaran, merumuskan dan melakukan perbaikan untuk memperoleh hasil yang terbaik. Hal ini berarti bahwa unsur pemenuhan dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran sarangat tinggi.

Pengembangan kompetensi siswa yang menyeimbangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan sangat baik dan semua guru mengikuti prosedur.

Pengembangan indikator hasil belajar merupakan titik lemah yang perlu mendapat perhatian yang cermat. Secara umum indikator hasil belajar belum memenuhi asas kecakapan berpikir tinggi, belum spesifi, dan kurang memperhatikan pengembangan kompetensi pada ketiga ranah berdasarkan konsep. Dalam hal ini yang diperlukan adalah pendampingan untuk menyelaraskan pengembangan pada tiga ranah sesuai dengan karakter masing-masing.

Pada bagian pengembangan instrumen diperoleh data bahwa guru-guru belum menyandingkan antara indikator yang harus diukur dengan instrumen pengukuran sehingga antara indikator dan instrumen sering tidak selaras. Di samping itu guru masih terkendala dalam melaksanakan penilaian otentik karena instrumen yang dapat mereka gunakan belum selesai sekolah susun.

Pada sasaran pemantauan yang terakhir sebagian guru masih belum terampil mengembangkan kegiatan belajar dengan mengikuti langkah mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi atau menalar, dan mengkomunikasikan. Dengan adanya kesulitan itu, guru-guru agaknya masih perlu melaksanakan latiha pengembangkan  program penerapan kegiatan saintifik tersebut.

Sejumlah kendala itu ternyata buka masalah yang sulit untuk diatasi. Dengan strategi melaksanakan bimbingan dengan menggunakan pendekatan ilmiah pula berbagai persoalan dapat dipecahkan. Buktinya dari hasil pelaksanaan pendampingan awal guru-guru mampu melakukan perbaikan pada kelima fokus di atas yang dibuktikan dengan karya yang dihasilkan berupa RPP yang memenuhi kriteria.

Berikut ini saya sajikan model rencana yang diintegrasikan dalam bentuk laporan kegiatan pengawasan sehingga antara program dan laporan disajikan secara terpadu.

Program dan Laporan Pengawasan Akademik (3339)

Untuk melakukan supervisi akademik proses pembelajaran dapat menggunakan instrumen sepervisi berikut;

Instrumen Supervisi Pembelajaran (2680)

Hasil ini terintegasi  pada artikel : Format Penilaian Otentik

 

5 Comments »

  • Bapak Rahmat, saya ucapkan banyak terima kasih atas acuan yang telah di buat utamanya untuk Program dan Laporan Pengawasan Akademik dalam pendampingan Kurikulum 2013. namun pak ada kendala kurang mengerti dengan singkatan pada :Indikator hasil belajar belum meliputi HOTS. HOTS ini kepanjangan atau singkatan dari apa Bapak ?. Terima kasih atas bantuan dan jawabannya.

  • admin says:

    terima kasih Pak Kasrip, semoga Bp selalu dalam keadaan sehat dan dapat membaktikan diri sebagai amal kebaikan.

  • syafii says:

    izin kopi pak. mksh.

  • huska says:

    terimakasih pak. lumayan buat bekal laporan pendampingan yang sudah saya lakukan selama ini.

  • Asswrwb.

    Terimakasih atas model laporan pengawasan akademik yang diberikan. Semoga Pa Rahmat tetap diberi nikmat sehat dalam melaksansakan tugas dan istiqomah memberikan teladan tugas yang baik. Semoga pelaksanaan pendidikan kita di tanah air selalu lebih berkualitas. Amin
    Jainudin Mentaya Sampit

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


Facebook Comments