TOPIK UTAMA »

October 5, 2014 – 10:09 pm | 736

Dalam proses pergeseran dari kurikulum 2006 ke pelaksanaan kerikulum 2013 kepala sekolah memegang peran yang sangat penting. Kepala sekolah dapat menentukan bidang perubahan yang perlu segera perlu penanganan.  Dalam menjalankan peran pimpinan perubahan kepala sekolah …

Read the full story »
BERITA
PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN
DAYA INSANI
SUPERVISI
Home » PEMBELAJARAN

Kisi-kisi Soal Pilihan Ganda Berdasarkan Taksonomi Bloom

Submitted by on March 22, 2010 – 9:10 pm2 Comments | 8,496

Tahap yang paling penting dan mendasar dalam penyusunan soal adalah menetapkan tujuan. Keluaran (output) apa saja yang ingin diuji oleh pendidik terhadap siswanya setelah dalam kurun waktu tertentu pembelajaran berlangsung. Sejauh apa tingkat kemapuan berpikir dan kedalaman belajar yang telah dicapai oleh siswa.

Untuk menghasilkan soal yang dapat mencapai tujuan, pendidik dapat mengacu pada level kecakapan berpikir (domain kognitif) dalam taksonomi Bloom (sebelum revisi), yaitu ingatan (knowledge), pemahaman (comprehension), aplikasi (application), analisis (analysis), sintesis (synthesis), dan evaluasi (evaluation).

Ketika pendidik sudah menentukan tujuan pembelajaran dan level berpikir yang ingin diuji dalam test maka pendidik harus membuat kisi-kisi soal (pemetaan soal/test blue print/spesifikasi test). Kisi-kisi terdiri dari matriks atau chart yang mewakili jumlah butir soal yang ingin Anda test pada masing-masing kompetensi berpikir (KD)  dan level berpikir. Manfaat yang pendidik dapatkan dengan membuat kisi-kisi adalah :

  • mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang akan diuji
  • mengidentifikasi kemampuan berpikir yang dapat diuji
  • mengetahui persentase soal per KD
  • memastikan pembobotan soal yang seimbang
  • memastikan bahwa semua KD dan level berpikir telah terwadahi di soal ujian

Berikut contoh kisi-kisi sebagai gambaran sebaran butir soal :

Misalkan ada 40 butir soal dengan sebaran keahlian berpikir yang ingin di uji sebagai berikut :

Domain kognitif yang ingin di uji Jumlah Soal per KD Total Persentase
KD 1 KD 2 KD 3 KD 4
Ingatan (Knowledge) 1 2 1 1 5 12.5%
Pemahaman (Comprehension) 2 1 2 2 7 17.5%
Aplikasi (Application) 4 4 3 4 15 37.5%
Analisis (Analysis) 3 2 3 2 10 25.0%
Sintesis (Synthesis) 1 1 2 5.0%
Evaluasi (Evaluation) 1 1 2.5%
Total Soal per KD 10 10 10 10 40 100%
Persentase Soal per KD 25% 25% 25% 25%

* Setelah kisi-kisi  selesai dirumuskan maka dapat berlanjut ke penulisan soal sesuai dengan apa yang telah ditetapkan. Kata kunci taksonomi bloom lebih detail dapat dibaca di sini.

Berdasarkan kisi-kisi di atas, didapatkan pemetaan soal per KD sebesar 25 % berupa 10 butir soal. Level berpikir yang diujikan pada siswa sudah terwadahi. Mulai dari level ingatan sebesar 12.5 %, pemahaman 17.5%, aplikasi 37.5%, analisis 25 %, sintesis 5 % dan evaluasi 2.5 %. Ternyata pada contoh kisi-kisi ini pendidik menitikberatkan pada level berpikir aplikasi yang dituangkan kedalam 15 butir soal. Persentase ini perlu disesuaikan dengan jenis materi yang sedang diujikan. Ada materi yang memang memerlukan penitikberatan pada hafalan (ingatan) dan ada pula yang menitikberatkan pada level lainnya.

Pemetaan soal seperti ini sangat penting dalam penyusunan soal Pilihan Ganda (PG). Sering sekali soal PG dianggap mudah dan tidak mendidik karena hanya menguji hafalan siswa saja tanpa menggali pemahaman belajarnya. Terlebih lagi siswa bisa asal menebak pilihan jawaban yang diberikan.

Penyusunan soal PG yang benar dan efektif akan menghasilkan penilaian yang berkualitas. Pendidik justru akan lebih tertantang untuk membuat soal PG dibandingkan soal uraian karena ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Diharapkan dengan membuat kisi-kisi seperti contoh di atas akan tersusun soal PG yang berkualitas dan mampu menggambarkan tingat pencapaian belajar siswa sebenarnya.

Referensi :

Zimmaro, D.M. Writing Good Multiple-Choice Exams. http://www.utexas.edu/academic/mec/research/pdf/writingmcexamshandout.pdf

Tags: ,

2 Comments »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


Facebook Comments