TOPIK UTAMA »

October 28, 2014 – 12:51 am | 2,669

Proses penilaian prestasi kerja guru maupun kepala sekolah seharusnya sudah  dimulai pada bulan Januari  bersamaan dengan menetapkan SKP. Pelaksanaan penilaian kuantitas, kualitas, waktu dan biaya seharusnya tuntas pada bulan Desember 2014. Namun demikian, kita dapat …

Read the full story »
BERITA
PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN
DAYA INSANI
SUPERVISI
Home » KEPALA SEKOLAH

Kepemimpinan Visioner

Submitted by on June 9, 2009 – 7:08 pm2 Comments | 893

Kepala sekolah adalah orang yang paling menentukan di sekolah. Tinggi rendahnya prestasi sekolah sangat bergantung pada kapasitas diri kepala sekolah. Memang, ia bukan satu-satunya yang berpengaruh. Dalam teori manajemen kita masih dapatkan teori  lain, yakni efektivitas kepemimpinan sekolah ditentukan pula oleh guru-guru yang bekerja efektif, yang  memfasilitasi siswa belajar. Yang besar pengaruhnya dan sangat menentukan kinerja sekolah adalah potensi siswa. Itulah sebabnya sekolah berlomba-lomba untuk mendapatkan siswa yang terbaik.

Jika kinerja guru dalam kelas belum memenuhi kriteria atau kinerjanya rendah dan kepala sekolah tidak melakukan usaha apa pun untuk meningkatkannya, maka kelemahan ini adalah tanggung jawab kepala sekolah.

Kepala sekolah yang bermutu adalah yang memahami bagaimana guru dan staf sekolah dapat melaksanakan tugasnya secara efektif.  Pemahaman  itu terkait pada tanggung jawabnya untuk membantu siswa mencapai tujuan.

Kepala sekolah yang melaksanakan tugas secara efektif  menurut Christopher Mazzeo (2003) memiliki daya kewirausahaan dalam mengembangkan mutu pembelajaran dan bagaimana siswa dapat belajar. Ia juga harus menjaga agar guru bekerja aman dan bebas dari ancaman siswa. Kopentensi lain yang harus kepala sekolah kuasai adalah kemampuan mengorganisasir sekolah. Ia harus dapat membawa perubahan atau berinovasi dalam pengembangan ide, pengembangan program, dan pengembangan strategi pembelajaran. Kepala sekolah yang baik memiliki kemampuan mengintegrasikan kekuatan guru, orang tua, dan seluruh anggota komunitas sekolah sehingga dapat berkolaborasi menghasilkan perubahan yang bernilai. Kepala sekolah yang efektif sebagai pimpinan pembelajaran yang mengunakan waktu, biaya, dan sumber daya finansial untuk mendukung guru dan siswa mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.

Pengetahuan dan keterampilan guru dan siswa adalah yang dibutuhkan untuk kehidupan pada masa depan. Jadi kepala sekolah yang baik adalah yang dapat memprediksi pengetahuan, keterampilan, dan teknologi seperti apa yang akan siswa butuhkan di hari kemudian. Daya prediksi inilah yang akan membedakan apakah ia kepala sekolah yang visioner atau hanya mengabdi pada kepentingan masa kini bahkan pada masa lalu.

Tags: ,

2 Comments »

  • This weblog appears to get a great deal of visitors. How do you get traffic to it? It gives a nice unique spin on things. I guess having something real or substantial to say is the most important thing.

  • Iskandar, M.pd says:

    Kelemahan utama kepala sekolah kita saat ini adalah kemampuan dalam prencanaan, kemampuan manajerial, serta supervisi akademik sehingga mutu sekolah jauh dari harapan masyarakat.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


Facebook Comments