TOPIK UTAMA »

April 7, 2014 – 8:40 pm | 239

Salah satu kewajiban sekolah dalam merumuskan dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2013, seperti pada KTSP 2006, adalah merumuskan visi-misi-dan-tujuan.  Mengapa  kewajiban merumusan tujuan sekolah begitu penting?
Sejak dulu,  seluruh warga sekolah bahwa merumuskan tujuan lembaga …

Read the full story »
BERITA
PEMBELAJARAN
PENGELOLAAN
DAYA INSANI
SUPERVISI
Home » SUPERVISI, Uncategorized

Program Pengawas 2011-2012

Submitted by on February 6, 2012 – 2:32 pm43 Comments | 6,929

Pelaksanaan tugas pengawas pada  semester genap tahun 2012 sejalan dengan program pemerintah yang dituangkan dalam Permenpan 21 tahun 2010. Setiap pengawas memerlukan sistem dokumen sebagai akuntabilitas pelaksanaan tugasnya. Semula saya menghendaki agar sistem dokumen itu dibuat lebih sederhana, praktis dan efektif.

Untuk mewujudkan keinginan itu, saya mulai dengan mencoba menelaah Permenpan dan instrumen penilaian kinerja pengawas yang sekarang sedang dalam proses sosialialisasi dan pelatihan. Program ini merupakan bagian dari sistem penilaian kinerja  kinerja guru, kepala sekolah, dan pengawas.

Hasil telaah dokumen menunjukkan bahwa keinginan untuk menyederhanakan struktur program  ternyata tidak terpenuhi. Perangkat administrasi program  memerlukan lebih banyak muatan seperti yang saya duga. Tanggung jawa pengawas dalam memantau kinerja sekolah dalam pemenuhan SNP, pembinaan kepala sekolah, dan guru, serta penilaian kinerja kepala sekolah dan guru memerlukan perangkat administrasi sejubel.

Hasil analisis pengembangan program yang sesuai dengan target penilaian kinerja pengawas menghasilkan struktur yang jauh lebih kompleks dan memerlukan penangan yang bisa menghabiskan banyak waktu. Kenyataan ini mendorong saya mereview program yang telah ada sebelumnya. Dan, hasilnya berubah total.

Dalam beberapa hari mereview program tahunan, belum selesai juga. Apalagi jika naik ke penyediaan lampiran, lebih banyak lagi. Agar menjadi bahan kajian teman-teman juga, hasil review saya simpan di ranah publik ini  teriring harapan agar diskusi di antara pengawas dapat dikembangkan melalui media ini.

Perangkat Program Tahunan Pengawas:

Landasan pengembangan program adalah Permenpan 21 tahun 2010 yang dijabarkan lebih lanjut dalam instrumen penilaian kinerja pengawas. Untuk menyederhanaan peneleahan maka hanya sebagian komponen yang diambil seperti yang dapat diunduh di bawah ini.

Dokumen Rujukan Untuk Penyusunan Program Pengawas (2228)

Berikut model rencana pengawasan dan akademik dan manajerial:

  1. Rencana Pengawasan Akademik (2417)
  2. Rencana Pengawasan Manajerial (1840)

Data kehadiran pengawas menggunakan instrumen berikut:

  • [Download not found]

Pelaksanaan supervisi didukung dengan beberapa instrumen berikut:

Model laporan pelaksanaan kegiatan supervisi diperlukan pula sebagai akuntabilitas dan bahan refleksi pada tingkat dinas pendidikan.

Laporan Hasil Supervisi Akademik (5324)

Agar perangkat yang ada GP sesuaikan lebih lanjut, mohon teman-teman menunggu bagian berikutnya untuk masa tugas mendatang

Salam

Artikel Terkait

Rencana Supervisi Akademik

43 Comments »

  • Euis Noor Baenny says:

    ternyata menjadi pengawas itu tidak mudah ya pak….
    harus terus dan terus belajar….
    terima kasih pak…!

  • admin says:

    Ya..Ibu benaar…

  • drs.latif Budiyanto says:

    Tulisan bpk sangat membantu dlm menyusun program,terima kasih,smoga sukses selalu,amin

  • admin says:

    alhamdulillah jika ada manfaatnya.

  • Drs.SJAHRIR TAMSI, M.Pd. says:

    KARYA BAPAK SANGAT BERMANFAAT DAN MENGINSPIRASI KAMI BERBUAT LEBIH KREATIF DAN INOVATIF, SELAMAT DAN SUKSES SELALU

  • Pudji Lestari,S.Pd says:

    Tulisan Bapak sangat bermanfaat bagi saya. Saya tunggu kelanjutannya. Trmksh

  • Mulyadi, S.Pd says:

    Tulisan Bapak sangat bermanfaat dan membantu memotivasi kinerja saya. Saya tunggu kelanjutannya. Trmksh

  • admin says:

    Terima kasih Bapa memanfaatkan.

  • Pius Thaal says:

    Terima kasih pa Admin….Sebagai Pengawas Pemula sy merasa terbantu dengan adanya tulisan bapa ini. Akan saya pakai sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan tugas kepengawasan saya di Kabupaten Timor Tengah Utara, Perbatasan dengan Timor Leste ini….Terima kasih..

  • faer saha,spd says:

    Terimakasih bapak, sangat sangat membantu saya sebagai seorang pengawas SD di pedalaman Kalimantan Tengah, bravo pak pendidikan kita,

  • Kasrip B. says:

    Tulisan Bapak sangat bagus dan berguna bagi kita sebagai pengawas sekolah, dan kami semua pengawas di Jawa Timur sangat terbantu dengan tulisan-tulasan Bapak. Selanjutnya pak kami tunggu acuan program semester pengawas. Terima kasih

  • Kasrip B. says:

    Bapak Rahmat saya bertanya :
    1. Program Tahunan Pengawas Sekolah itu sekarang bukan milik seluruh pengawas se- Kota/
    Kabupaten sama, tetapi setiap pengawas memiliki program Tahunan sendiri dan berbeda-beda,
    sebagaimana program semester ?
    2. Bagaimana Program Semesternya Pengawas ? Apakah masih perlu ada rincian bulan, minggu ?
    Ataukah hanya jadwal pelaksanaan kegiatan kepengawasan ?
    3. Atau program semesteran pengawas cukup dengan dibuat setiap sekolah yang berisi 6 aspek
    sebagaimana tulisan Bapak !
    Terima kasih pak atas bantuannya.

  • admin says:

    Ya Pak Kasrip, program pengawas adalah program individu, pada bab IV sy sedang menyusun program untuk tiap semester, belum selesai. Aspek yang menjadi objek garapan bergantung pada pilihan tiap orang. Sy buat enam karena mengacu pada kebutuhan pemenuhan penilaian sesuai instrumen penilaian kinerja pengawas (PKP). Tks

  • Kasrip B. says:

    Terima Kasih Bapak atas jawabannya. Selanjutnya saya tunggu contoh/ acuan program semesternya. Dulu pada waktu saya masih menjadi Kepala Sekolah pada R-SMA-BI , sering ketemu Bapak ke Surabaya, sekarang sudah lama pak tidak pernah bertemu. Tentunya sehat sehat saja Bapak. Amin.

  • Novi says:

    MAKASIH BANYAK PAK,
    TULISAN BAPAK MENJADI REFERENSI YANG SANGAT BERHARGA
    IJIN SHARE DAN IKUT MENGAPLIKASIKAN DI POKJAWAS HSS KALSEL

  • admin says:

    Terima kasih dapat menyemangati menyelesaikan pekerjaan ini. Salam

  • Sri Wahyuningsih says:

    Terima kasih. Tulisan Bapak sangat nerarti buat kami dalam menyusun program

  • euis noor baenny says:

    sungguh…
    sebagai pengawas pemula, saya sangat sangat terbantu oleh tulisan bapak, teriring doa selalu moga Bapak senantiasa sehat,hingga dapat terus berkarya….dan menjadikan catatan ibadah, tentunya ilmu yang sangat bermanfaat… Aamiin…

  • admin says:

    terima kasih

  • Kasrip B. says:

    Terima kasih pak Rahmat , Programnya sekarang sudah lengkap sampai Bab IV, semoga pemikiran-pemikiran Bapak menjadi sumbangsih bagi kami-kami pengawas yang memiliki keterbatasan ini.Dan menjadi amalan Fitdunya wal akhiroh. Amin-amin ya robbalalamin. Salam

  • admin says:

    Sama-sama Pak, Bab lima belum sempat. Salam

  • GUSTAMI says:

    TRIMA KASIH PAK, SEMOGA ALLAH SWT SELALU MELIMPAHKAN BAROKAH UNTUK BAPAK.

  • admin says:

    amiiin

  • fauziah hatim says:

    trims pak atas semua sumbangsih ilmunya. sungguh sangat membantu, Bp Rahmat yg baik hati, betul bahwa seorang pengawas hrs mampu bekerja secara mandiri, artinya harus menguasai tupoksinya, namun sebaiknya , PENGAWAS dalam melaksanakan tupoksinya tetap terorganisir, SEMOGA.

  • Andi says:

    Yth. Pak Rahmat…
    Berdasarkan surat tugas dari Korwas yang baru, tahun sekarang saya tidak diberi tugas membina sekolah dan hanya ditugasi untuk melakukan pengawasan akademik, sesuai dengan bidang keahlian saya.

    Pertanyaan saya, apakah penugasan ini sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku?.
    Mohon pencerahan dari Bapak. Terima kasih.

  • H. Azwar Idris says:

    Trima kasih atas tulisannya, moga2 ada manfaatnya bagi kami pengawas sekolah di Daerah.

  • gusmayanti says:

    Pak gmna kabarnya sekarang??? saya selalu mendoakan bapak semoga dberikan kesehatan yang baik amin, pak kembali say a bertanya kepada bapak perihal program semester kepengawasan yang mana menurut buku kerja pengawas sekolah tahun 2011 hal 27 dinyatakan bahwa program semester pengawasan disusun setiap sekolah binaan. sementara saya pengawas akademik dengan guru binaan sebanyak 42 orang yang sekolahnya ada 15 sekolah. Pertanyaan Saya : Apakah saya harus menyusun program semester pengawasan setiap sekolah yang ada guru binaan tersebut ( 15 sekolah )? apakah ada solusi lain yang bisa meringankan beban kerja dalam penyusunan promes? mengingat banyaknya yang harus kita susun dalam program kerja kita. o ya pak tolong lampir contoh promes ya pak ? saya tunggu balasan bapak trims. Salam

  • gusmayanti says:

    pak tolong lampirkan program semester per sekolah binaan. Atas bantuan bapak saya ucapkan terimakasih.Salam

  • admin says:

    Saya pikir jika itu dibuat terlalu banyak, jika 10 sekolah ada 10 program. Oleh karena itu saya mempertimbangkan program semester cukup satu untuk semua. Agar program semester tidak membuat dokumen menjadi tebal, kita coba gabung saja dengan dokumen program tahunan. Salalm.

  • admin says:

    Terima kasih, ada dalam keadaan baik.

  • admin says:

    Baik Ibu, terima kasih doa bu Gusmanyanti, semoga Ibu juga selalu dalam keadaan sehat dan mendapatkan kebarokahan hidup. Salam.

  • Agus Soleh says:

    Assalamualaikum, Wr.Wb. Alhamdulilah halaman ini sangat bermanfaat untuk saya yang baru jadi pengawas, mudah2an pengelola halaman ini diberi kesejahteraan dan ilmu yang lebih tinggi lagi. amin…

  • admin says:

    Wswrwb. Terima kasih Pak Agus

  • karyajayadi says:

    tulisan bapak sangat membantu kami dalam bekerja. Terimakasih pak. Sukses selalu. Dari Riau.

  • Dra.Muhartati says:

    Bapak,instrumen penil guru ingin bunda adopsi dan akan bunda adaptasi di wilayah binaan kami,tp maaf krn msh ktrbatasan kami dlm IT maka bunda kslitan mengisi,sbab file materi trb sdh di protect shg bunda ksulitan membukanya,mhn diberi petunjuk ya pak,trima kasih atas karya-karyanya,sangat pasti bermanfaat buat kita.Moga bapak sll dalam lindungan Allah Swt.Amiin…

  • Trima kasih atas tulisan-tulisan Bapak yang sangat bermakfaat bagi kami dalam rangka membangun kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan di Indonesia. Mudah-mudahan menjadi amal ibadah buat Bapak, sehat selalu dan tetap berkarya.

  • admin says:

    Terima kasih Pak Edy yang telah memanfaatkan GP

  • jamardi manik says:

    Terima kasih…karya bapak sangat membantu buat kami…

  • hidalena says:

    terimakasih pak rahmat atas artikel yang sangat bermanfaat bagi kami

  • darmaisutri says:

    Ass. Terima kasih Bapak, alangkah besarnya pahalaMu Pak yang telah banyak memberikan ilmu kepada teman pengawas di Indonesia ini, semoga menjadi amal ibadah ya Pak?
    Terus terang Pak, saya bingung, apa yang akan saya berikan kepada teman2 saya pengawas SD. Bagaimana bentuk program, evaluasi dan laporan yang benar itu. Ternyata Bapaklah yang telah membuka mata saya untuk lebih memahami tugas poko pengawas dalam perancangan program dsb. Kami do’akan semoga Bapak sukses dan bertambah cerdas lagi untuk bisa memberi kepada semua pengawas kita.
    Wass. Hj. Dramaisutri,S.Pd.MM. Padang

  • admin says:

    Terima kasih.

  • Gojali,S.Pd says:

    Mohon Belajar mengadopsi instrumen, terima kasih

  • Puthut Gunawan says:

    Terimakasih Bapak, semoga menjadi amal jariyah.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


Facebook Comments