Guru Pengembang Pendidikan Karakter Siswa.

Mengemangkah olah pikir, olah hati, olah rasa dan karsa, dan olah raga adalah pekerjaan guru yang bisan. Begitu juga dengan mengembangkan  karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, adalah pekerjaan biasa. Buktinya jika terdapat siswa yang melanggar norma religi di sekolahnya pasti bereaksi. Jika terdapat siswa yang tidak ikut upacara saja pasti jadi masalah karena dipandang tidak nasionalis. Jika terdapat siswa yang nyontek, pasti guru bereksi karena dalam pandangan guru harus mandiri. Jika terdapat sisw yang tidak ikut berpartisipasi membersihkan kelas dalam kerja regu piket pasti bereaksi. Jika terdapat siswa yang tak berdisiplin seperti selalu terlambat atau bolos pasti bereaksi karena dipandang siswa itu yang memiliki integritas pribadi sebagai siswa di satuan pendididikannya.

Mengapa pendidikan karakter dipandang penting dan mendesak. Fakta menunjukkan bahwa hasil yang dicapai oleh pendidikan pada saat ini masih belum berkontribusi optimal terhadap pembentukan pribadi siswa yang berkarakter unggul sebagai orang Indonesia. Lebih dari itu, banyak pihak yang memandang sekolah sebagai satu-satunya institusi yang seharusnya lebih berdaya untuk mengatasi masalah besar dalam  penyimpangan perilaku siswa. Padahal sekolah bukan satu-satunya lembaga pendidikan, masih ada yang lain yang lebih penting, keluarga dan masyarakat.

Sekali pun sekolah bukan lembaga yang terisolasi dari pengaruh buruk dari lemahnya pendidikan keluarga dan masyarakat, namun  guru-gurulah yang sudah terdidik menangani pendidikan siswa, maka setiap masalah yang muncul dari pribadi siswa yang tak selaras dengan nilai-nilai yang diharapkan guru harus berperan mengatasinya. Karena itu peningkatan pendidikan karakter menjadi penting.

Pertemuan dengan para guru untuk berbicara mengenai upaya yang lebih baik dalam pelaksanaan pendidikan karakter saya sajikan bahan tayang seperti di bawah ini.

Bahan Tayang Penguatan Pedidikan Karakter

Salam pendidikan.

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments