Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Menjelang pelaksanaan tahun pelajaran baru tahun 2017, sekolah perlu melihat ulang dokumen KTSP. Kepentingan yang mendesak dihadapi oleh sekolah yang akan melaksanakan K13 tahun ini. Sementara itu, sekolah yang sudah menerapkannya, dengan muncul perubahan sebagai konsekuensi dari terbitnya Permendikbud 20,21,22,23,dan 24 tahun 2016 dokumen yang sudah ada sebelumnya harus direvisi pula.

Selain dari konsekuensi adanya perubahan, terdapat masalah yang tak kalah mendesak yaitu “Bagaimana dokumen yang sekolah rumuskan menjadi dokumen yang fungsional sebagai acuan pelaksanaan kurikulum.” Melihat dari pengalaman yang terjadi di sekolah, fungsi dokumen tak begitu berarti, selain memenuhi syarat formal.

Alasan yang tidak kalah penting, munculnya program baru seperti gerakan literasi dan penumbuhan karakter menjadi alasan lain, merevisi dokumen. Tentu hal lain yang tak kalah mendesak adalah terdapat sebagian sekolah yang menghadap akreditasi pada pertengahan tahun ini sangat memerlukan dokumen KTSP yang layak menjadi pedoman dan berfungsi sebagai bukti bahwa sekolah menggunakannya sesuai standar. Untuk memenuhi kebutuhan ini, satuan pendidikan memiliki waktu yang sangat terbatas untuk merevisinya.

Karena berbagai alasan itu, kali ini GP menyajikan draf KTSP yang dapat sekolah kembangkan. Agar tak menjadi dokumen yang sama serta untuk memerankan TIM PENGEMBANG KURIKULUM tingkat satuan pendidikan dokumen kami sajikan dalam  bentuk PDf. Yang baru selesai adalah dokumen untuk SMA. Kami sedang berusaha untuk menyajikan draf dokumen untuk satuan pendidikan lainnya.

Satuan pendidikan yang memerlukan bantuan lebih lanjut GURUPEMBAHARU dapat memberikan layanan konsultasi online melalui emal: guru.pembaharu@gmail.com

Artikel terkait

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments