Topik Utama »

March 17, 2012 – 3:14 pm | 752

Saat ini sedang sedang berproses identifikasi  indikator pemenuhan standar pendidikan dan tenaga kependidikan. Produk dari proses adalah indikator operasional yang bermakna dan menjadi dasar penentuan kebijakan peningkatan mutu kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil identifikasi …

Read the full story »
Berita

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,.

Pembelajaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,.

Pengelolaan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,.

Daya Insani

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,.

Supervisi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,.

Home » Sekolah

SDN 2 Centre Curup: Mendidik dengan Hati dan Tindakan

Submitted by on August 1, 2009 – 6:37 am8 Comments | 576

Bergegas di Pagi Buta

Perjalanan tugas di Kota Curup, Kabupaten Curup Selatan selama dua hari saya tinggal di Hotel Wisata Baru di jalan Merdeka. Selama dua hari tersebut saya gunakan kesempatan pagi hari untuk berjalan dan berlari. Kali ini berlari sambil menikmati udara sejuk Kota Curup mengellilingi lapangan Setia Negara. Dua hari ini saya tertarik dengan sebuah sekolah model yang memiliki budaya yang berbeda daripada sekolah lain.   Peserta didik dalam dua hari  itu datang lebih awal.  Mereka bergegas pada saat lampu kota masih dinyalakan dan matahari juga belum bersinar terang.

Pukul 6.30 lagu-lagu wajib yang memberi semangat telah dikumandangkan dengan pengeras suara membuat siswa yang baru datang menegakkan kepalanya dengan penuh semangat. Sebagian siswa  berlari masuk  kelas untuk menanggalkan tasnya. Di saat lain, pengeras suara memperdengarkan kata-kata bijak yang mengantarkan siraman  rohani dengan kata-kata bermakna spiritual untuk pendangaran siswa yang  masih halus.

Tampilan sekolah ini terbilang ‘kinclong’. Yang berbeda dari penampilan sekolah lain adalah penataan seluruh bagian sekolah  yang sangat artistik. Juga aktivitas warganya,  pada pukul 6.30 seluruh  warga sekolah telah berada di sekolah dan siap melaksanakan kerja sama merapihkan sekolah.

Saya hampiri salah seorang guru yang sedang memegang sapu di  koridor kelas. Ternyata yang saya temui adalah Kepala Sekolah.  Kepala sekolah ikut memberi contoh kepada siswa dan semuanya,  berpartisipasi dalam meningkatkan kebersihan sekolah.

Apa yang  membuat kepala sekolah ‘pegang sapu’ juga?

Ketika pertanyaan itu diajukan kepada M. Sahril, M.M, seraya senyum ia mengungkapkan pernyataan bijak, katanya, “Mendidik itu tidak cukup dengan ucapan, tetapi harus dengan tindakan”.

Pernyataan singkat itu ia jadikan semboyan kepemimpinannya. Gaya kepemimpinan yang lebih menekankan pada pentingnya membangun keteladanan melalui tindakan atau perbuatan.

Lebih lanjut Kepala Sekolah mengungkapkan bahwa ia yakin  sekolah akan berpengaruh positif kepada siswa jika tidak hanya mendidik dengan perkataan namun juga dengan perbuatan. Sekolah perlu mendidik dengan hati, mengarahkan dengan perkataan dan  memberi teladan dengan perbuatan. Seluruh guru dan kepala sekolah harus menjadi contoh untuk siswa, tegasnya.  Di sini siswa wajib memerlihara kebersihan dan keindangan sekolah. Oleh karena itu seluruh pendidik wajib melakukan kegiatan yang sama. Seluruh warga sama-sama bertanggung jawab serta memiliki kewajiban yang sama pula.

Tanggung jawab itu kami harapkan menjadi landasan untuk menguatkan seluruh prilaku yang diharapkan. Landasan utama yang diharapkan berkembang adalah menigkatnya  prestasi yang dilandasi dengan disiplin, kerja sama, bekerja keras, hidup bersih dan  indah, serta ber tanggung jawab. Semua nilai dasar itu penting untuk mengembangkan pribadi yang tangguh dalam rangka pengembangan mutu bangsa.

Nilai-nilai kebangsaan harus dikembangkan dalam berbagai kegiatan yang bersifat edukatif yang meningkatkan  mentalitas yang tangguh, beriman dan mencintai negaranya.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut maka  kami memberikan siraman rohani kepada siswa, berpakaian muslim tiap hari Jumat, dan memberikan kata-kata bijak di setiap pagi, pengembang keimanan, ahlak yang baik, mencintai kebersihan, mengembangkan kebersamaan, dan semua kami kemas dalam pelaksanaan kegiatan belajar sehari-hari.

Sebagai rintisan sekolah bertaraf internasional, kami juga memberikan pelajaran bahasa Inggris sejak kelas satu dan  melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.  Di samping itu kami pun memantapkan penguasaan kesenian dan budaya lokal.

Budaya Kerja keras untuk berprestasi

Budaya disiplin, berpakaian dan menata diri yang berbudaya serta mengelola lingkungan yang indah, semua menurut kepala sekolah adalah untuk meningkatkan prestasi.

Dalam pengembangan budaya kolaborasi dan berkreasi dalam membangun nilai-nilai keunggulan fisik sekolah ini telah berhasil mewujudkan targetnya melampaui prestasi yang dicapai sekolah lain. Standar lingkungan sekolah ini sebagai tempat siswa belajar sangat tinggi. Inovasinya dalam mewujudkan standar sarana lebih dari kriteria mutu standar nasional pendidikan.

Tantangan yang lebih besar lagi ialah bagaimana sekolah mewujudkan kriteria mutu proses pembelajaran. Prosesnya lebih kompleks daripada sistem pengelolaan fisik, sekali pun pekerjaan ini tidak mudah pula. Bagaimana guru-guru meningkatkan pengetahuan dan keterampilan agar kerja keras, dedikasi, disiplin dan motivasi siswa yang telah sekolah ini bangun dapat menjadi dasar untuk mengembangkan prestasi belajar  kini menjadi prioritas yang perlu penanganan lebih lanjut.

Kuncinya kembali pada strategi mendidik dengan hati, mengajar dengan perkataan, dan melatih dengan perbuatan. Jika strategi ini dapat guru-guru terapkan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam meningkatkan penguasaan akademik sukses besar akan menjadi bagian dari masa depan sekolah ini. Sukses menjadi komunitas pembelajar, seperti menjaga keindahan sekolah, semua warga sekolah memiliki tanggung jawab, menunjukan komitmen selalu belajar. Kuatnya pendidikan bergantung pada proses belajar yang ditopang dengan pengulangan untuk mencapai target tertiggi yang mungkin dicapai.

Langah panjang untuk mewujudkan mutu tertinggi, dengan bangga kepala sekolah mengungkapkan bahwa pada tahun ini SD ini menjadi Juara 4 lomba matematika tingkat provinsi. Untuk menjadi juara nasional telah menjadi tekadnya. Oleh karena itu ia ingin mendapat bantuan banyak dari kalangan universitas dalam meningkatkan daya kompetisi siswa yang dibina oleh guru-gurunya. Ini satu bukti bahwa tata nilai yang selama ini sekolah tanamkan mulai menuai hasilnya.

Semangat sekolah ini semakin kuat setelah dalam lomba tingkat nasional tahun lalu baru mencapai posisi ke 22. Kami bertekat mendapat posisi yang lebih baik, demikian kepala sekolah menyatakan tekadnya, ketika kami mengakhiri perbincangan singkat sebelum kegiatan siswa belajar dimulai.

Guru Pembaharu

8 Comments »

  • atifah tasya says:

    terimakasih atas pujian nya terhadap sekolah kami ini

  • nisa says:

    RSBI 02 Centre mag is the best,,
    ny skolh yg brszih nd trjg!!!!!!!!!!
    iooh lha,, nm nha jg ‘RSBI 02 Centre!!!!!!!!!

  • mr.x says:

    alaaaaaaahhh…..paling sesudah orang pengajian jam 09:00

  • muslih73 says:

    salut… luar biasa, mendidik dengan hati, dengan tauladan, itulah ISLAM.
    Semoga sukses dunia akhirat. Tingkatkan terus…

  • keysha sabrina says:

    aku suka…
    SD centre memang is the best :) )

  • citra anindita says:

    aku cinta sd ku
    buat para guru dan semua para staff
    semoga di beri kesehatan dan kesuksesan selalu amiiiiin ……

  • M yusuf says:

    SALAM DARI LAMPUNG.
    ASSALAMUALAIKUM……..
    Aku rindu dengan wajah asli pendidikan indonesia,……ini adalah contoh PESANTREN ditengah KATA SD kata orang moderen ….LEADER adalah kata kuncinya ….kang admin (dibaca pelan-pelan kata sule jadi tuan guru atau kyiayi )
    WASSALAMUALAIKUM

  • sd center slalu dhati.
    aq idx akan melu pakan masa yg sgat indah bersama teman2 yg  sgat saya cintai
    i love forever <3

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.