Topik Utama »

March 17, 2012 – 3:14 pm | 748

Saat ini sedang sedang berproses identifikasi  indikator pemenuhan standar pendidikan dan tenaga kependidikan. Produk dari proses adalah indikator operasional yang bermakna dan menjadi dasar penentuan kebijakan peningkatan mutu kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil identifikasi …

Read the full story »
Berita

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,.

Pembelajaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,.

Pengelolaan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,.

Daya Insani

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,.

Supervisi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,.

Home » Pengawas, Uncategorized

Program Tahunan Pengawas 2011/2012

Submitted by on September 8, 2011 – 1:14 am23 Comments | 1,663

Pemberlakuan Peraturan Menteri PAN nomor 21 tahun 2010 yang mengatur tentang pekerjaan pengawas dan angka kreditnya mendorong seluruh pengawas sekolah melaksanakan tugas sesuai standar. Dalam memenuhi seluruh kriteria pengawas perlu menjabarkan tujuan, target, kriteria pencapaian tujuan sebagaimana yang diatur dalam keputusan tersebut.Apabila seluruh kriteria pelaksanaan kegiatan dan dokumen data pelaksanaan dan hasil kegiatan terpenuhi, maka kendala selama ini yang dihadapi pengawas dalam melaksanakan tugas tentang  kepastian prosedur, sasaran, target keja yang kurang terukur, maka penerapan aturan ini  lebih memastikan pengawas dalam  melaksanakan tugas.

Lebih dari itu, dalam satu siklus per tahun pembelajaran setiap pengawas dapat menilai langsung pencapian kinerjanya. Melalui evaluasi diri pengawas dapat mengukur produktivitasnya dan menentukan pula apakah berada di atas standar, memenuhi standar, atau di bawah standar.  Angka kredit yang diperolehnya dalam tiap tahun dapat dihitung sendiri dengan menimbang banyaknya bukti fisik.

Dengan cara ini maka pengawas dapat mempersiapkan kenaikan pangkat dan golongan sejalan dengan bertambah karena bukti fisik yang kongkrit di tangannya. Untuk mencapai itu, maka GP menurunkan model program pengawas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan memenuhi permenpan 21.

Model ini dapat digunakan sebagai bahan perbaikan dan diadaptasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk menunjang efektivitas program yang diarahkan pada peningkatan kesiapan pengawas mengembangkan karirnya, kami lampirkan pula informasi tentang kenaikan angka kredit pengawas.

Salam

Published on: Sep 8, 2011

Guru Pembaharu

23 Comments »

  • Euis Noor Baenny says:

    terima kasih bapak, subhanalloh ilmu yang sangat bermanfaat, terutama bagi kami sebagai pengawas baru…jadi semangat nech….

  • SRI SUWARNI says:

    Terima kasih pak, saya sudah mengunduh program bapak, semoga bapak panjang umur, diberikan kesehatan dan murah rezeki dan dapat membelikan kita jus lagi seperti di Gumati, amin.

  • fauziah hatim says:

    terima kasih bapak atas keikhlasannya yang telah memberi izin kepada kami untuk menggunakan RKT yang bapak buat tapi disesuaikan dengan kebutuhan kami juga membolehkan menggunakan dengan mangadaptasi sesuai dengan kebutuhan pengguna, namun saya lebih setuju jika penamaan RKT itu bukan nama perorangan, namun menjadi nama sesuai tingkatannya, mis: RKT PENGAWAS SEKOLAH , SMP KOTA BOGOR dst. Semoga kepedulian dan keikhlasan bapak menjadi tabungan amal soleh bapak .

  • admin says:

    Terima kasih Ibu, mari kita cari tugas yang paling ringan, tidak memulai dari nol. silakan perbaiki yang ada untuk digunakan. Mengenai program sebenarnya bisa seperti itu, tetapi tidak menghilangkan kewajiban tiap pengawas memiliki program sendiri seusai dengan titah permenpan. Salam.

  • admin says:

    amiiiin, ya semoga kita bisa memperoleh rizki yang lebih banyak dan halal, kita buat beberapa gelas jus manajerial akademik dicampur sedikit mutu diulek sampai halus atau jus stardar campur gula-gula kembangkitan disajikan di meja berkepala dingin…salam

  • Bpk,Emrizal disdik Bogor says:

    Makasih bpk Rahmat atas segala ilmunya,smg Allah selalu menambahkan ilmu yg banyak buat pendidikan

  • cece af says:

    tterimakasih pakkk… semua saya ambil  ,… sangat bermanfaat

  • admin says:

    Ya Pak, semoga bermanfaat untuk meningkatkan wibawa kerja pengawas.

  • harita says:

    trims bapak atas materi ini sangat membantu kami dalam menyusun dan memahami tugas kami sebagai pengawas, mohon contoh, format program tahunan, semeser dan format supervise yang umum dipakai

  • admin says:

    Ibu, silakan lihat di dalam buku kerja pengawas yang juga sudah GP sediakan. Tks.

  • Assalamu’alaikum Wr Wb
    Mohon dengan hormat bantuannya untuk di upload AD/ART APSI atau di kirim ke amail kami apsi_ngk@yahoo.cod terima kasih. Ketua APSI Kab Nganjuk

  • admin says:

    GP cari dulu yang Pak.

  • Bam's says:

    Alhamdulillah, ini sangat bermanfaat bagi kami pengawas-pengawas baru. Semoga sehat-sehat selalu, amalan yang sangat bagus. Permisi saya ambil semua …

  • giyana says:

    terima kasih banyak pengetahuan yang saya dapatkan dan mohon ijin saya mendaond laod dan mengambil sebagai sebagai bahan belajar saya makasih ya pak. matur nuwun

  • Romen Priyatno says:

    Terimakasih atas infonya Pak,kami yakin bila semua Pengawas di Indonesia membaca dapat meningkatkan mutu kepengawasannya.

  • Mulyadi, S.Pd says:

    Terimakasih atas ketersediaan blok ini sehingga dapat membantu dan memudahkan bagi kami yang ada di jauh dari ibu kota…. untuk bisa menyesuaiakan tuntutan kinerja pengawas…mtr nwn wassalam.

  • Kosmas says:

    Terima kasih, Pak. Program kerjanya sudah saya download. Program kerja ini akan  saya gunakan sebagai salah satu acuan dalam penyusunan program kerja pengawas sekolah di daerah saya, Kabupaten Manggarai Provinsi  Nusa Tenggara Timur. Salam dari Ruteng.

  • admin says:

    semoga sukses.

  • Asliati says:

    Asw, Pak….
    Salam kenal…
    Saya baru saja jadi pengawas,… model yang bapak tampilkan ini sangat bermanfaat bagi saya untuk belajar….Trm ksh byk ya pak, telah mau berbagi… smoga keihlasan bpk dilipatgandakan oleh Allah. Kalau boleh bapak juga memberi contoh model laporan semester dan laporan tahunan nya ya Pak, trm kasiihhhh banyak pak

  • admin says:

    Ws, bu Asliati, terima kasih atas kunjungannya, selamat untuk mengadaptasi keseluruhan perangkat yang Ibu gunakan agar sesuai dengan kebutuhan tiap satuan pendidikan. Salam

  • Adel says:

    Puji Tuhan ,Terima kasih, materi ini sangat berharga

  • Zulfami says:

    Ass…pak saya baru jadi pengawas, terima kasih atas materi ini..smoga Allah membalas kebaikan Bapak karena telah dengan ikhlas berbagi ilmu….

  • admin says:

    amiin.. terima kasih …

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.