Apakah dalam Supervisi Manajerial Pengawas Membantu Guru Memperbaiki Kompetensinya?

Dalam melaksanakan  tugas supervisi manajerial, supervisor harus fokus pada proses membantu memperbaiki proses kerja kepala sekolah sebagai pemimpin dan manajer satuan pendidikan. Ada pun tugas  utama kepala sekolah  sebagai berikut.

Lima Fungsi Utama Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin

Hasil studi Universitas Concordia tahun 2013 menyatakan bahwa pimpinan sekolah memiliki 5 lima fungsi utama. Fungsi kritis pelaksanaan tugasnya adalah mengembangkan dan meningkatkan kinerja  pencapaian prestasi akademik peserta didik  dan meningkatkan fungsi manajemen untuk menopang optimalisasi layanan melalui peningkatan kompetensi guru dan staf agar memenuhi kebutuhan peningkatan mutu belajar siswa. http://education.cu-portland.edu/blog/ed-leadership/school-leadership-five-key-functions-for-principals/.

Terdapat tujuh syarat efektitas fungsi kepala sekolah yaitu kepala sekolah sebagai pimpinan

 Visi-misi – Kepala sekolah mengembangkan rumusan visi-misi yang kuat untuk mencapai tujuan perubahan sekolah serta mahir mengidentifikasi masalah dan cara memecahkan masalah sehingga perubahan yang diharapkannya berproses seperti yang direncanakannya.

Mengembangkan perencanaan dan menentukan tujuan. Pimpinan mengidentifikasi kegiatan untuk mencapai tujuan, mengidentikasi kebutuhan kompetensi untuk  mewujudkannya.

Mengkomunikasikan visi, misi, dan tujuan lembaga  kepada warga sekolah agar mereka mengerahkan seluruh potensinya untuk merealisasikan proses kegiatan seperti yang kepala sekolah harapkan.

Mengintegrasikan diri dalam proses pembuatan keputusan. Pimpinan sekolah yang efektif dalam :

  1. Memulai kegiatan dengan proses pembuatan keputusan bersama,
  2. membangun kerja sama dengan seluruh warga sekolah dalam merumuskan masalah, merumuskan memecahan masalah
  3. melaksanakan kegiatan, memperbaiki proses,  memantau, mendampingi, membantu mengarahkan warga sekolah
  4. mengevaluasi mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  5. Melaksanakan perbaikaan berkelanjutan.

Memberdayakan dan membangun inisiatif – Pimpinan sekolah mengawali perubahan dengan menggerakan mereka untuk melakukan aktivitas bersama sebagai cara untuk mempersatukan seluruh kekuatan atas dasar pertimbangan bersama dengn fokus utama memvasilitasi siswa belajar-guru mengajar.

Mengebangkan komptensi staf. Pimpinan sekolah meningkatkan kinerja satuan pendidikan melalui peningkatan kompetensi staf, memprioritaskan pengembangan kapabelitas guru dalam menerapkan pendekatan dan model pembelajaran yang baru.

Menghimpun data dari pelaksanaan tugas yang sebenarnya; kepala sekolah tak segan melakukan observsi kelas secara berkala untuk memantau perkembangangan bahkan memperbaiki proses kerja guru agar target mutu akademik satuan pendidikan terwujud. Pada saat tugas ini tak dapat dilaksanakan sendirian, maka kepala sekolah dapat membentuk tim pelaksana supervisi.

 

Tujuh Fungsi Utama Kepala Sekolah Sebagai Manajer

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai manajer kepala sekolah memiliki empat fungsi utama yaitu  sebagai perencana, pengorganisasi, memimpin, dan mengotrol. Hal tersebut dibeberkan pada http://study.com/academy/lesson/four-functions-of-management-planning-organizing-leading-controlling.html. Tugas penting kepala sekolah pada keempat fungsi manajemen tersebut adalah

  • mengelola personal melalui pengaturan struktur organisasi dan pembagian tugas, menumbuhkan komitmen, mengembangkan kapasitas dan kepabelitas guru dalam mengajar, serta membangun daya dukung untuk menangani pengaduan ketidakpuasan layanan publik.
  • Meningkatkan efektivitas pengelolaan kurikulum melalui perencanaan (plan), implementasi (do) , penjaminan mutu (check), dan evaluasi pencapaian serta tindaklanjut (act)
  • Mengelola anggaran dilakukan melalui pengaturan sumber dana, penganggaran, dan manajemen anggaran yang berasal dari pemerintah dan non pemerintah.
  • Mengembangkan rencana kerja jangka menengah.
  • Mereviu rencana kerja sekolah.
  • Membangun jejaring kerja sama dengan pihak eksternal dalam meningkatkan efektivitas kerja sekolah.
  • Dan mempromosikan sekolah untuk meningkatkan keunggulan siswa secara berkelanjutan.

Itulah tugas utama kepala sekolah sebagai pemimpin dan manajer. Jika pengawas hendak melakukan pengawasan manajerial, maka pelaksanaan harus tindakan pengawas mestinya dapat membantu kepala sekolah dalam memperbaiki proses kerja dalam melaksanakan tugas tersebut. Bantuan terhadap guru pada pelaksanaan supervisi manajerial merupakan bantuan tak langsung melalui perbaikan pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam melayani guru.

 

Salam pendidikan.

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments