Analisis Instrumen Akreditasi SMA 2017

Pada tahun 2017 telah terbit instrumen akreditasi edisi yang terbaru. Kegiatan sosialisasi oleh BAN-SM sudah dilakukan, namun masih banyak kepala sekolah yang baru mengetahui bahwa isntrumen berubah. Dengan bertumbuhnya kegiatan di sekolah, upaya untuk meningkatkan pendalaman terhadap instrumen belum terprogram. Kondisi ini akan menyebabkan persiapan menghadapi akreditasi tahun ini akan lebih banyak pekerjaan yang harus diselesikan dalam evaluasi diri dariapada yang biasanya.

Tulisan ini disajikan dengan maksud untuk membantu teman-teman dalam mepercepat proses peningkatan pemahaman mengenai istrumen akreditasi tahun 2017 untuk SMA/SMK. Perangkat instrumen meliputi empat komponen, yaitu:
1. Instrumen (Lihat di halaman
2. Penunjuk Teknis Pengisian Instrumen
3. Instrumen Pengumpulan Data dan informasi pendukung.
4. Teknik Pensekoran.

Untuk memudahkan membaca komponen 1, 2, dan 3 saya coba dihimpun dan disajikan secara integratif. Dengan cara ini membacanya tak perlu membuka 3 layar di komputer. Berikut dokumen yang dimaksud untuk bahan telaahan para pengawas, kepala sekolah, dan guru-guru yang sedang mempersiapkan akreditasi tahun ini.

Berikut dokumen untuk  bahan bimbingan sekolah untuk persiapan akreditasi.

Analisis Instrumen Akreditasi SMA 2017

Menyusun analisis seperti model yang disajikan memerlukan waktu yang lama. Bagi teman-teman yang bertanggung jawab untuk sukses akreditasi SMK, SMP, dan SD dapat menggunakan cara mudah untuk mendampingi sekolah. Tekniknya seperti ini:

  1. Buat dikumen instrumen menjadi dua, misalnya instrumen A dan B.
  2. Buka keduanya dan masing-masing di-split agar terlihat di dua layar 
  3. Dengan cara itu, kita bisa melihat jendela instrumen, petunjuk teknis, instrumen penghimpun data , dan teknsik peskoran.

Dengan cara membuka empat jendela di layar komputer akan terlihat seluruh komponen sekaligus sehingga tingkat pemahaman terhadap istrumen dan penerapannya akan lebih terintegrasi.

Semoga bermanfaat.

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments