Jateng Juara Umum Olimpiade Sains Nasional 2010

Olimpiade Sains Tingkat Nasional tingkat SMA telah dilaksanakan di Medan tanggal 1-7 Agustus 2010. Penyelenggaraan telah usai. Sekolah-sekolah berkeunggulan telah membuktikan bahwa perjuangan panjangnya  membuahkan produk kinerja belajar siswa yang menjajikan harapan semua pihak.

Di bawah ini 6 sekolah terbaik Republik Indonesia yang mampu meraih medali emas lebih dari satu. Tiga sekolah swasta terbaik menunjukkan dominasinya. Tiga di antaranya, SMA Taruna Nusantara, SMAN 8 Jakarta, dan SMAN 8 Jogjakarta merupakan sekolah penyelenggara rintisan SMA betaraf internasional.

No Sekolah Emas Perak P.nggu
1. SMAK BPK Penabur Gading Serpong 6 3 3
2. SMA Taruna Nusantara Magelang 5 3 5
3. SMA BPK Penabur Jakarta 3 4 3
4. MAN Insan Cendikia Serpong 2 6 0
5. SMAN 8 Jakarta 2 1 8
6. SMAN 8 Jogjakarta 2 0 1

Data di atas menunjukkan bahwa tiga sekolah swasta mendominasi perolehan medali dalam bidang sains.  Pada posisi 4 ditempati Madrasah Aliah Negeri Insan Cendikia. SMAN 8 Jakarta sebagai sekolah unggul dan penyelenggara RSBI cukup mendominasi pada peroleh perunggu. Yang cukup mengejutkan terjadi pada perolehan SMAN 8 Jogjakarta tidak hanya menyalip persekolahan unggul di Jogjakarta, namun sekaligus menjadi sekolah yang memberi tantangan bagi persekolah di Jateng maupun bagi sekolah-sekolah unggul republik Indonesia.

Peta peroleh medali dilihat dari sebaran provinsi pada kelompok 6 besar yaitu (1) Jateng (2) DKI (3) Jawa Barat (4) Jawa Timur (5) Bali dan (6) Lampung. [download id=”2547″]

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments

1 comments