Model Daftar Isi dan Data Pendukung Best Practice

Memulai menulis laporan karya ilmiah best practice dari akhir merupakan judul tulisan yang telah saya sajikan terdahulu. Pernyataan ini mengandung pesan agar sebelum menyajikan laporan, penulis menghimpun data yang akan dilampirkan terlebih dahulu. Dalam praktiknya, penulis perlu mengidentifikasi data yang akan disajikan dengan menjawab pertanyaan seperti contoh berikut:

Apa saja yang akan dilampirkan agar laporan karya tulis terpercaya sehingga  lebih meyakinkan pembaca maupun penulis bahwa yang dilaporkan benar adanya?

Untuk menjawab pertannyaan itu dapat menggunakan model berpikir sistematis. Memulai dari data input, data proses, dan dilengkapi dengan data output. Dalam memenuhi kebutuhan itu, maka di sini disajikan model daftar isi sebagai pemandu dalam menghimpun data agar proses identifikasi kebutuhan dapat dilakukan dengan mudah. Beberapa  contoh menjadi bukti yang mendukung bukti keunggulan praktik terbaik dalam melaksanakan tugas.

Berikut beberapa contoh perangkat data yang dapat diunduh untuk mendukung laporan:

Kenggulan jangka pendek, telegram telah meningkatkan semangat kerja sama dalam pelatihan dan produk kegiatan terus hidup dalam jangka panjang terus berkembang sampai sekarang sebagai media komunikasi para pengurus MGMP  SMA dan SMK yang efektif sampai sekarang.

Demikian yang dapat disajikan, semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

Model Penulisan Daftar Pustaka Karya Ilmiah Guru

About Dr. Rahmat

Dr. Rahmat adalah pengawas sekolah, narasumber, pelatih, dan konsultan pengembangan sumber daya insani sekolah.

Comments

comments